CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65ae580577a93b722f0f94/tutorial-lengkap-cara-membuat-facebook-ads

Tutorial Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

Sejak mengudara pada tahun 2004, Facebook menjelma bukan hanya social media semata. Platform garapan Mark Zuckerberg tersebut tak hanya menjadi tempat berinteraksi antar penggunananya. Kini Facebook bahkan telah digunakan sebagai sarana memasarkan produk yang efektif. Singkat kata, Facebook menjadi tempat beriklan yang bisa diandalkan. Salah satu fitur andalan Facebook adalah facebook Ads. Platform periklanan yang sangat powerful. Tak heran sekarang banyak sekali praktisi digital marketing yang menyarankan untuk memulai facebook ads. Berikut tutorial lengkap cara membuat facebook ads.

Facebook Ads. Apa Itu?

Facebook Ads adalah platform periklanan besutan Facebook untuk menjawab tantangan pemasaran di era modern. Dengan jumlah pengguna mencapai 2,3 milyar orang di seluruh dunia, penggunan Facebook adalah audiens yang sangat potensial.  Dan dengan tahukah Anda, bahwa berdasarkan riset KataData, Indonesia adalah negara pengguna Facebook terbesar keempat di dunia. 

Terdapat beberapa jenis iklan yang yang disediakan oleh Facebook Ads. Mulai dari iklan video dan iklan berbentuk gambar. Iklan tersebut akan muncul di beranda atau pada sidebar. Dengan jumlah pengguna aktif yang besar dan akan semakin bertambah membuat Facebook Ads memiliki banyak keunggulan.

Keunggulan Facebook Ads

Setelah mengetahui secara singkat apa itu Facebook Ads, sekarang saatnya Anda mengetahui keunggulan menggunakan Facebook Ads. Berikut beberapa keunggulan menggunakan Facebook Ads:

Facebook Ads Ramah Pengguna Mobile

Perangkat seluler adalah masa depan teknologi. Banyak orang orang mengakses internet menggunakan telepon genggam mereka. Dan diantaranya, mayoritas terinstal aplikasi Facebook. Tak heran karena itul facebook adalah aplikasi mobile terbesar yang tengah eksis hari ini. Facebook Ads akan membawa bisnis Anda lebih dekat ke pengguna potensial. Semuanya karena perangkat mobile yang nyaris digunakan setiap hari.

Real Time

Keunggulan lain menggunakan Facebook Ads adalah real time. Secara real time Anda bisa mmantau kampanye yang saat ini tengah berjalan. Apabila merasa kurang puas dengan hasilnya, Anda bisa melakukan penyesuaian sesegera mungkin. Sesuatau yang tak akan Anda temui di platform iklan tradisional.

Facebook Ads Bisa Meningkatkan Brand Awareness

Facebook Ads mampu secara signifikan meningkatkan brand awareness. Ini sangat bagus, karena membuat calon pelanggan potensial untuk melirik apa yang Anda tawarkan. Semakin familiar orang dengan brand Anda, semakin besar kemungkinan mereka membeli produk Anda saat mengambil keputusan pembelian.

Pengguna Aktif yang Besar

Facebook memiliki pengguna yang sangat besar. Tak hanya berjumlah besar, mereka juga sangat aktif. Di Indonesia sendiri Facebook memiliki pengguna aktif sebesar 130 juta akun. Atau kurang lebih nyaris mencapai 60% populasi penduduk Indonesia.

Demografi Pengguna yang Beragam

Tak hanya memiliki pengguna aktif dengan jumlah yang sangat besar. Demografi pengguna Facebook juga sangat luas. Tentu ini bisa menjadi modal Anda sebagai pemilik bisnis untuk menentukan target audiens. Dengan sekian banyak pengguna serta demografi yang beragam, Anda bisa menentukan target iklan lebih spesifik. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, hingga minat dan hobi.

Facebook Ads Lebih Murah

Dibandingkan dengan platform iklan lainnya, Facebook Ads bisa dkatakan memiliki biaya yang murah. Hanya dengan 10 ribu Rupiah, Anda sudah bisa beriklan di Facebook. Terkait biaya beriklan sendiri semua bisa disesuaikan jangakauan iklan yang diinginkan.

Membuat Halaman Facebook

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat mempelajari cara membuat Facebook Ads adalah memnuat halaman Facebook terlebih dahulu. Berikut cara membuat halaman di Facebook:

Buka Facebook Pages

Langkah pertama, buka Facebook Pages. Kemudian pilih jenis halaman yang menggambarkan bisnis Anda.

Pilih Kategori

Setelah menentukan halaman yang ingin dibuat, selanjutnya Anda harus memilih kategori yang diinginkan. Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Anda, kemudian klik tombol Memulai.

Lengkapi Informasi

Silakan isi alamat dan nomor telepon. Anda pun bisa mengatur untuk tidak menampilkan informasi alamat dan nomor telepon.

Unggah Foto Profil dan Sampul Halaman

Masukkan foto profil untuk halaman Facebook Anda. Tak lupa juga untuk menambahkan sampul halaman. Anda bisa menjadikan produk atau jasa yang dijual sebagai sampul halaman Facebook.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Setelah selesai membuat halaman di Facebook, kini Anda sudah bisa membuat iklan di Facebook Ads. Berikut ini cara membuat iklan di Facebook Ads:

Buka Facebook Ads

Buka halama Facebook Ads Manager. Sebelum itu  pastikan Anda sudah login kea kun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman.

Buat Iklan

Kemudian buka menu Kampanye dan klik “Buat Iklan”. Facebook akan member dua pilihan membuat iklan. Yaitu pembuatan iklan terpadu dna pembuatan iklan cepat.

Menentukan Tujuan Iklan

Setelah memilih jenis iklan, Anda harus menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook sendiri menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori, yaitu Kesadaran/Awareness, Pertimbangan/Consideration, dan Konversi/Conversion.

Kesadaran/Awareness

Kesadaran memiliki tujuan untuk menumbuhkan minat pada produk atau layanan:

1. Meningkatkan postingan Anda

2. Mempromosikan halaman

3. Jangkau orang-orang di sekitar bisnis Anda

4. Meningkatkan kesadaran merek

5. Meningkatkan jangkauan

Pertimbangan/Consideration

Tujuan iklan ini bermaksud membuat orang mulai memikirkan bisnis Anda dan mencari tahu informasi tentangnya:

1. Lalu lintas kunjungan

2. Interaksi

3. Pemasangan aplikasi

4. Penayangan video

5. Pembuatan prospek

Konversi

Konversi bertujuan untuk mendorong orang yang tertari dengan bisnis Anda untuk membuat keputusan pembelian atau menggunakan layanan Anda:

1. Konversi

2. Penjualan katalog Produk

3.Kunjungan Toko

Memilih Audiens dan Menentukan Anggaran

Langkah berikutnya adalah menentukan target audiens Anda. Untuk membantu mempersempit focus Anda, pilih criteria penargetan facebook disertai oleh ukuran definisi audiens. Tools ini terletak di sebelah kanan bidang penargetan audiens. Pertimbangkan semua property yang Anda pilih untuk menghasilkan jangkauan yang potensial. Berikut opsi target pemirsa yang disediakan Facebook:

1. Pemirsa Khusus. Anda bisa mengatur iklan agar menjangkau orang yang pernah berhubungan dengan Anda secara offline maupun online.

2. Facebook Ads memungkinkan Anda memasukkan lokasi tertentu sebagai target iklan Anda. Anda bisa memasukkan kota, provinsi, pulau, bahkan negara untuk menampilkan iklan.

3. Jika layanan Anda digunakan oleh usia tertentu, Anda bisa membuat penargetan iklan berdasarkan usia, dan menyesuaikan usia pemirsa atau calon pelanggan.

4. Jenis Kelamin. Anda bisa menargetkan jenis kelamin tertentu jika layanan Anda memang ditujukan pada, misalnya pakaian pria, Anda bisa memilih pria sebagai target iklan Anda.

5. Penargetan iklan berdasarkan bahasa sehari-hari yang digunakan.

6. Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan pada orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi, atau acara Anda. Ini sangat bagus karena mempersemit jangkauan dengan menyertakan orang-orang yang memiliki jangkauan khusus tersebut.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan budget iklan. Anda bebas menentukan biaya iklan di Facebook Ads.  Biaya iklan ini erat kaitannya dengan jenis iklan yang dipilih. Berikut ini beberapa jenis iklan Facebook:

- Cost Per Click

CPC adalah jenis pembayaran iklan berdasarkan banyaknya klik yang dilakukan oleh pengguna facebook pada iklan Anda. Anda yang menginginkan peningkatan trafik, CPC adalah jenis yang paling sesuai. Karena setiap iklan yang diklik otomatis akan mengarahkan pengunjung ke website Anda.

- Cost Per Mile

Dengan CPM, biayanya akan dihitung berdasarkan per 1000 penayangan. Berbeda dengan CPC, iklan CPM tak langsung mengajak pemirsa mengunjungi website Anda.

- Cost Per View

Iklan CPV sangat cocok jika iklan Anda berformat video. Perlu dicatata semua informasi harus jelas karena biayanya akan dihitung setiap penayangan berdurasi 10 detik.

- Cost Per Action

Penghitungan CPA berdasarkan transaksi yang terjadi. Tidak harus berupa pembelian. Bisa berlangganan bulletin, download ebook, ataupun registrasi keanggotaan.

- Cost Per Like

CPL adalah jenis perhitungan biaya iklan berdasarkan banyaknya like pada halaman Facebook Anda.

Memberi Nama Iklan dan Memilih Tujuan Trafik

Anda bisa menuliskan nama iklan agar bisa memantau performa iklan di Facebook Ads. Lalu pilihlah tujuan trafik yang ingin Anda arahkan. Anda bisa mengarahkan trafik ke website, ataupun ke chat WhatsApp.

Menentukan Penempatan Iklan

Untuk menentukan penempatan ikaln, Facebook menyarankan Penempatan Iklan Otomatis. Ini adalah pilihan yang baik karena secara otomatis Facebook akan menampilkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling bagus.

Pilih Jadwal Penayangan

Anda bisa menentukan berapa lama iklan akan tayang. Tentu semua ini harus disesuaikan dengan biaya yang telah Anda anggarkan.

Memilih Format Iklan

Ada lima pilihan format iklan yang bisa Anda pilih, yaitu sebagai berikut:

- Carousel

Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser. Ukuran gambar 1.080 x 1.080 pixels (maks 30MB). Rasio gambar yang digunakan 1:1 (persegi).

- Gambar Tunggal

Tampilan iklan dengan hanya 1 gambar saja. Ukuran gambarnya 1.200 x 628 pixels. Untuk facebook dan Instagram Stories 1.080 x 1.920 pixels. Untuk rasio gambar 9:16 to 16:9.

- Video Tunggal

Iklan berbentuk video tunggal. Formatnya bisa .mp4, .mov, dan .gif. Aspek rasionya 9:16 to 16:9. Resolusi minimalnya 600 pixels width. Ukuran file maksimal 4GB. Durasinnya dari 1 sampai 240 detik.

- Tayangan Slide

Iklan dengan gambar atau video slide maksimal 10 gambar.

- Koleksi

Iklan yang bisa gabungan video dan gambar.

Tulis Deskripsi yang Menarik dan Singkat

Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar pemirsa Anda bisa langsung paham akan pesan yang tampil pada iklan Anda. Kemudian pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda. Tambahkan judul iklan agar menarik perhatian pemirsa target Anda. Jangan lupa masukkan tautan ke tujuan yang Anda inginkan.

Cara Membayar Iklan Facebook

Cara pembayaran membuat iklan Facebook ads ada dua. Bisa menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Setelah pembayaran dilakukan, Facebook akan mereview iklan Anda. Dan akan menayangkannya jika telah memenuhi semua syarat dan ketetuan yang berlaku.

Kesimpulan

Beriklan menggunakan Facebook menjadi salah satu sejata paling efektif saat ini. Masifnya pengguna membuat banyak brand menggunakan Facebook sebagai media iklan. Cara membuat Facebook Ads mudah dipelajari, bahkan bila Anda masih awam dengan dunia digital marketing. Demikian artikel tentang cara membuat Facebook Ads lengkap. Bila masih memiliki pertanyaan seputar digital marketing, jangan ragu tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar.
Diubah oleh mangodot69


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di