CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kata Gaul, Arti dan Asal-Usul Meme yang Viral di Internet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65645ef0bdb2319e294463/kata-gaul-arti-dan-asal-usul-meme-yang-viral-di-internet

Kata Gaul, Arti dan Asal-Usul Meme yang Viral di Internet

[Kata Gaul] Arti dan Asal-Usul 'Meme' yang Viral di Internet


Kata Gaul, Arti dan Asal-Usul Meme yang Viral di Internet

Meme:

1. Gambar disertai tulisan sebagai bentuk ekspresi untuk tujuan melucu.

2. Gabungan gambar dan teks humor atau sindiran.

3. Guyon visual teks yang jadi viral.

Asal mula "Meme"

Istilah "meme" diciptakan oleh seorang ahli biologi evolusioner, Richard Dawkins, yang menuangkan pemikirannya dalam buku berjudul "The Selfish Gene" pada 1976.

Kata "meme" berasal dari bahasa Yunani 'mimema' atau dalam bahasa Inggris "to imitate" (meniru). Meme (dibaca: mim) diibaratkan seperti gen namun dalam konteks budaya. Sehingga apa pun yang ditularkan dari satu otak ke otak lainnya seperti aksen bicara, kata dasar hingga alunan musik bisa disebut sebagai meme.

Menurut Dawkins saat diwawancarai VICE, "meme" adalah segala sesuatu yang ditularkan secara kultural, mirip seperti wabah penyakit. Sehingga obsesi baru di sebuah sekolah, tren pakaian baru, tren cara ngomong baru tertentu, semua ini bisa dikategorikan sebagai "meme". Segala sesuatu yang bisa jadi dasar proses evolusi juga "meme". 

Pada tahun 1993, Wired mendefinisikan "meme" sebagai gagasan yang menular, sama seperti virus yang melompat dari satu tubuh ke tubuh lainnya. Saat itu istilah "meme" belum populer, sampai akhirnya pada 2012 kata "meme" menjadi meledak digunakan orang.

Di Indonesia sendiri, kata "meme" sudah resmi masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang berarti cuplikan gambar dari acara televisi, film dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur. 

Seperti dilansir Pikiran Rakyat, mungkin sebenarnya emotikon berbasis teks seperti :-) bisa dianggap sebagai "meme" pertama yang muncul di internet. Emotikon ini ditemukan pada 1983, namun sayang emotikon teks dianggap bukan sebuah "meme".

Sebagian orang beranggapan populernya "meme" dimulai dari gambar teks "All Your Base Are Belong to Us" (atau sering disingkat "AYBABTU" atau "AYB") yang populer pada tahun 2000.

Kata Gaul, Arti dan Asal-Usul Meme yang Viral di Internet

Meme tersebut sebenarnya merupakan olokan atas terjemahan broken English (bahasa Inggris yang berantakan) dari game Zero Wing versi Sega Mega Drive. Terjemahan Inggris dari skrip asli berbahasa Jepang harusnya "all of your bases now belong to us".

Namun tiga tahun sebelumnya, sebenarnya sudah ada meme "Bert is Evil" yang dibuat oleh desainer Dino Ignacio. Selain itu, ada juga meme "Mr T Ate My Balls" yang dibuat oleh Nehal Patel, seorang mahasiswa teknik komputer di University of Illinois sekitar tahun 1996.

Banyak meme juga telah beredar di Indonesia, dan berikut adalah contoh yang populer dan sering digunakan.

Kata Gaul, Arti dan Asal-Usul Meme yang Viral di Internet

Kata Gaul, Arti dan Asal-Usul Meme yang Viral di Internet

Apa meme favoritmu? Share yuk di kolom komentar!
profile-picture
chantika1 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di