CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bukan Bakso yang Menentukan Bakso itu Enak, tapi ini, nih!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e650d82337f9354d25ddfce/bukan-bakso-yang-menentukan-bakso-itu-enak-tapi-ini-nih

Bukan Bakso yang Menentukan Bakso itu Enak, tapi ini, nih!

Assalammualaikum

Wellcome to Reni Hujan's

Hello, GanSist!

Sudah makan bakso hari ini? Ane udah, dong. Eh, kagak nanya, ya 😋

Bukan Bakso yang Menentukan Bakso itu Enak, tapi ini, nih!

sumber gambarklik


Agan Sista tau, 'kan, kalau kota Malang merupakan surganya kuliner lezat bernama Bakso? Gak perlu susah-susah nyari kedai bakso. Bakso abang keliling dengan gerobak yang didorong ataupun gerobak pake motor selalu mengisi setiap tikungan jalan. Mungkin itu sebabnya, bakso yang terkenal itu dari Malang.

Orang di luar kota kebanyakan cari bakso kalau gak bakso Malang ya bakso Solo. Padahal Arema (arek Malang) sendiri kalau nyebut bakso cukup bakso aja, tanpa embel-embel Malang 😁

Sebagai Arema yang sudah dari balita makan bakso. Saat pergi ke luar kota atau bahkan luar pulau dan ingin makan bakso. Otomatis lidah membandingkannya dengan yang ada di bumi Arema. Dan ... jelas enak bakso Malang, Gan!

Kali ini ane gak akan bahas masalah bakso mana yang recomended di Malang. Bagi ane semua bakso di sini selalu enak. Bukan hanya yang ada di mall, ruko mewah, franchise nyebar di mana-mana, tetapi yang dijual abang bakso keliling pun lezat.

Ane mau bagi ulasan tentang menentukan apakah bakso ini reecomended bagi mulut ane atau gak. Belum tentu yang punya nama tersohor se-Indonesia, enak menurut lidah ane. Ini hanya opini lidah ane ya, GanSist.

Namanya juga selera ya, pasti pendapat orang beda. Kalau bagi ane, ada tiga komponen bakso yang menentukan kualitas rasa.

1. Kuah

Bukan Bakso yang Menentukan Bakso itu Enak, tapi ini, nih!

sumber gambar klik


Komponen bakso yang berbentuk cair ini menempati urutan teratas di lidah ane. Meskipun image kedai baksonya terkenal hingga punya franchise di seluruh kota, tapi kalau kuahnya biasa aja, gak gurih, bagi ane bakso itu kurang recomended. Gak bakal ane balik lagi, kecuali kalau di Malang tinggal bakso itu doang.

Catatan penting menentukan kuah bakso itu lezat atau tidak. Jangan mencampur kuah dengan kecap, saos, atau sambal dahulu. Cicipi saja kuah beningnya. Inilah originalitas kuah bakso lezat atau tidak.

2. Siomay

Bukan Bakso yang Menentukan Bakso itu Enak, tapi ini, nih!

Sumber gambar, dokpri



Perbedaan mencolok dari bakso Solo dan Malang adalah adanya siomay atau tidak di kedai tersebut. Jika ada makanan berbahan kulit pangsit pada bagian luarnya, fix itu pasti bakso Malang.

Sebagai komponen bakso yang paling ane gemari, siomay menduduki urutan kedua. Hal utama yang dilihat dari siomay adalah isinya. Kalau isinya hanya didominasi tepung kanji hingga membuatnya sangat kenyal, ane gak bakal balik lagi ke kedai itu.

Begitu juga kalau isinya sayur dicampur terigu. Itu, sih, kita makan ote-ote (weci bahasa Malangannya) bukan siomay. Ini juga bikin selera makan bakso menurun.

Siomay yang pas untuk masuk di mangkuk bakso adalah yang berisi adonan pentol dicampur daun bawang dengan tekstur adonan saat matang, empuk, tidak keras seperti pentol.

3. Bakso Urat.

Bukan Bakso yang Menentukan Bakso itu Enak, tapi ini, nih!

sumber gambar klik

Meskipun seorang maniak bakso, tetapi ane gak bakso bulat itu dengan bahasa pentol. Ane lebih suka makan pentol urat.

Ada kedai bakso yang mengklaim menjual pentol urat, padahal ternyata hanya pentol halus yang dibikin berserabut menyerupai pentol urat. Bagi ane, ini namanya penipuan kepada pembeli.

Ada juga tipe pentol urat yang masih terasa uratnya, jadi yang terasa dimulut malah adonan pentol halus. Bagi ane pentol urat yang recomended adalah yang tergiling uratnya hingga menyatu dengan daging, tapi tetap menonjolkan tekstur uratnya.

Oke, GanSist. Sebelum kalian makin kelaparan lihat bakso di sini. Ane sudahi dulu ulasannya.

Terima kasih sudah mampir di sini, ya. Next time, mampir lagi di tulisan ane yang lain. Matur nuwun 🙏

Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ReniHujan17
Halaman 1 dari 4
Baksone arema emang juaraaaa!
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan iissuwandi memberi reputasi
Bakso, makanan segala kalangan
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan iissuwandi memberi reputasi
mantap jadi mau ngebakso nih gans emoticon-Matabelo
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


cuzz segera gan, dari pada ngiler emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Asiiap gans emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
bakso yg bikin enak ya baksonya gan

klo kuahnya yang enak bisa minta gratisan aja buat makan pakai nasi emoticon-Angel biar kenyang ama kembung
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
biasanya sih bilang ke kang yang jual buat minta balungan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
bakso arema sama bakso solo, enak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
ditempat ane ada bakso yg enak. namanya bakso urat si kate
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Kalo makan bakso malang aku lbh suka kuahnya beningan aja. Ga pke saos ato kecap krn klo bakso yg enakmah kuah bening nya aja udah mantul.emoticon-Jempol
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
aku cinta kamu karena kamu sepemikiran dengan aku soal bakso emoticon-Peluk

nyobain bakso yang enak memang harus betul2 tanpa saos tanpa kecap, kuahnya harus murni tanpa campuran setelah dihidangkan supaya bisa menilai ini baksonya enak apa kagak.

udah nyoba berbagai jenis bakso, yang paling top cuman bakso malang, lainnya tepung tepungan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh karyanakbangs4
ngiler. emoticon-Genit
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
anjayyy, satu mahzab kite gan!! wkwkwkw ane juga dr bakso manapun yg terpenting adalah satu: KUAAAAAAH! kalo kuah nggak enak langsung sekippp
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Micin kok ngga masuk gan...

Padahal 'itu' lho yg bikin enak...
emoticon-Toast
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oke setuju dengan TS, buat ane juga bakso dibilang enak itu kalau kuahnya enak, gurih gitu.. trus urutan ke 2 kalau ane ya bakso uratnya.. disini jarang ada sih bakso malang, di sini didominasi bakso dari wonogiri..
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
ada yang kurang gan saos, kecap dan sambal berkualitas juga memberikan cita rasa pedas segar terbaik emoticon-Jempolemoticon-Leh Uga
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
GIF yg nentuin enak ane tauk emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
hahahaha kuah sama rasa baso nya yang penting mah
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ReniHujan17 memberi reputasi
kalau ane kuahnya sihh, meskipun bisa diracik biar lebih sedep tapi tetep aja kalau kuahnya nggak sedep yaa susah buat diracik kwk
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
baksoo emang juara emoticon-2 Jempol cocok dimakan setiap saat mau pagi siang sore malem emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di