CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e650401c820846b202f40a9/cara-berinvestasi-dalam-diri-kita-sendiri

Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri

Selamat datang di thread saya

Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri

Berhenti dan nilai bagaimana Anda berinvestasi dalam enam bidang kehidupan kaliann sebelum kalian terjun ke 2020.

Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri


Quote:


Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri

Bagaimana kalian menilai diri sendiri di masing-masing bidang ini?

Six Dimensions Of Wellness nya disini gan silahkan Cek

Six Dimensions of Wellness Model tidak bersifat preskriptif, ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan rencana berdasarkan prioritas kita sendiri. Sebagaimana dicatat oleh National Wellness Institute, tujuan model adalah untuk membantu kalian mencapai potensi penuh kalian, mengenali seluruh diri kita sendiri, dan membangun kekuatan kita.

Keenam dimensi model meliputi: 

1. Pekerjaan: Ini lebih dari sekedar jabatan, perusahaan, atau apa yang kamu lakukan. Dunia kerja mencakup seluruh jalur karier kamu, termasuk bidang yang telah kamu pilih, tingkat pemenuhan kalian dengan pekerjaan, tujuan dan ambisi masa depan kalian, dan tanggung jawab yang kamu ambil untuk kinerja dan pertumbuhan kamu dan memilih jalur yang selaras dengan nilai-nilai kalian. 

2.Fisik: Bagaimana kita memenuhi kebutuhan fisik ? Domain ini mencakup tubuh kamu dan cara kamu merawatnya melalui nutrisi, aktivitas fisik, perawatan medis, dan aktivitas perawatan diri lainnya yang menyehatkan diri fisik kita. Melangkah lebih dalam, itu mewakili kesadaran tubuh kita, apa yang dibutuhkannya, dan tanda-tanda peringatan yang mengingatkan kita ketika kita secara fisik terkuras, yang dapat timbul ketika kita menuju ke kehabisan tenaga atau sudah ada di sana. 

Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri

3.Sosial: Lebih dari interaksi sosial dalam hubungan pribadi kita, bidang ini membawa perhatian pada keterkaitan kita dan mendorong kita untuk menyadari kontribusi kita di luar mikro. Ini tentu saja berkaitan dengan hubungan kita dengan keluarga, teman, teman sebaya, dan rekan kerja, tetapi juga komunitas kita pada umumnya. Ini menekankan keseimbangan, harmoni, dan komunikasi.

4.Intelektual: Lingkungan ini mencakup kegiatan kreatif, pemecahan masalah, pembelajaran, pertumbuhan, dan perluasan pikiran kita. Itu juga merujuk pada kemampuan kita untuk bermain, membayangkan, menemukan, dan menjadi penasaran, yang sangat penting untuk memberi ruang pada saat kita lebih sering berfokus pada kinerja dan hasil.

5.Spiritual: Perasaan makna dan tujuan merupakan bagian integral dari kesejahteraan. Area ini mewakili kepercayaan dan nilai-nilai yang kita pegang, bagaimana kita memodelkan hidup kita sesuai dengan keyakinan dan nilai-nilai kita, dan apakah kita berada dalam atau tidak selaras dengan mereka. Itu juga menantang kita untuk menerima spektrum pengalaman dan emosi yang akan kita alami sepanjang hidup kita dan mempromosikan keterbukaan, pemahaman, dan toleransi. 

Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri

6.Emosional: Dimensi terakhir mencakup kemampuan kita untuk menyadari dan menerima perasaan kita sendiri, bagaimana kita menavigasi stres dan menantang emosi, dan bagaimana kita mengatasi dan mengekspresikan perasaan kita. Ini menekankan pentingnya memahami dan menilai diri kita sebagai individu sambil menerima dan menawarkan dukungan emosional. 

Menempatkannya dalam Praktek: Gagasan untuk Bertindak

Sekarang saatnya untuk merenungkan setiap bidang kehidupan Anda. Luangkan waktu di kalender kita (setidaknya 30 menit) untuk menjalani latihan berikut dengan pena dan kertas.

Bangun di atas kekuatan kalian

1. Renungkan setiap bidang kehidupan Anda selama satu tahun terakhir (pekerjaan, fisik, sosial, intelektual, spiritual, dan emosional). Apa yang paling kita banggakan di setiap bidang?

2. Area mana yang secara alami kita inginkan untuk mencurahkan paling banyak energi? Pilih tiga teratas Anda. 

Cara Berinvestasi Dalam Diri Kita Sendiri

Putuskan apa yang harus diubah

1. Tiga area manakah yang kita curahkan paling sedikit waktu untuk tahun lalu? Bagaimana kita ingin berinvestasi di bidang-bidang tersebut tahun ini?

2. Adakah yang ingin kita lakukan tahun lalu di area yang tidak kita lakukan? Tuliskan apa pun yang terlintas dalam pikiran.  

Membuat rencana

1. Selesaikan semua dimensi, tulis satu cara yang ingin Anda investasikan di setiap tahun ini.

2. Sekarang kembali dan tuliskan satu atau dua tindakan yang dapat kita lakukan di setiap bidang. Buat tindakan sedetail mungkin. Misalnya, jika kita menulis lebih aktif dalam dimensi fisik, kita mungkin memutuskan untuk mengambil tindakan berjalan 30 menit setelah makan malam tiga kali seminggu untuk memulai. Menjelaskan apa yang akan Anda lakukan, kapan kita akan melakukannya, dan seberapa sering membuatnya lebih nyata, dan artinya kita dapat menambahkan tindakan ke kalender kita sebagai pengingat. 

Renungkan secara teratur rencana

1. Simpan rencana kita di mana kita dapat membacanya secara teratur, seperti ditempel di dinding atau pada catatan di ponsel kita. 

2. Tetapkan ritual selama seminggu untuk melihat rencana kita. Misalnya, kita dapat memulai atau mengakhiri minggu atau hari kita dengan melihatnya sebagai pengingat bagaimana kita ingin berinvestasi dalam diri sendiri. 

Berhenti sebentar untuk Maju

Sebelum kita melangkah maju tahun ini, berhenti sejenak untuk mempertimbangkan bagaimana kita ingin maju. Saya baru baru ini membaca Jahitan oleh Anne Lamott dan di dalamnya dia mencatat kebutuhan kita yang tak henti-hentinya untuk gerak maju, yang dia sebut "dorongan maju" Lamott menulis: 

"Dorongan ke depan adalah prinsip paling sentral dari kehidupan Amerika, keharusan untuk meningkatkan status dan status kita dengan cara apa pun, dan untuk tetap selangkah lebih maju dari jurang yang mungkin terbuka secara tiba-tiba. Sayangnya, dorongan maju ternyata tidak membantu dalam mencari tempat kita yang sebenarnya di bumi. Tetapi menabrak dan membakar dapat banyak membantu kita. Jadi, juga, bisa kehabisan bensin. ”

Tahun baru membawa serta tekanan untuk mulai dengan cepat keluar dari gerbang, melompat ke produktivitas, dan kembali ke program kami yang dijadwalkan secara teratur. Tetapi juga penting untuk mendorong gerakan ke depan, meskipun hanya sebentar, untuk memutuskan bagaimana kamu ingin melanjutkan. Ambil kesempatan ini untuk check-in dengan diri kita sendiri dan selaraskan jalan kalian dengan prioritas kita sendiri, sebelum kita kembali ke tahun baru. 

Sumber foto : Google Gambar
Sumber : disini
profile-picture
chantika1 memberi reputasi
Diubah oleh ipangperalta
oh yah benar bgtu kah gans emoticon-Bingung
profile-picture
Ex.One memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di