CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Terinfeksi Corona, Konsumsi Listrik PLN Diprediksi Lebih Rendah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e64fabdb8408876b0695cdd/terinfeksi-corona-konsumsi-listrik-pln-diprediksi-lebih-rendah

Terinfeksi Corona, Konsumsi Listrik PLN Diprediksi Lebih Rendah

Terinfeksi Corona, Konsumsi Listrik PLN Diprediksi Lebih Rendah

JAKARTA - Pemerintah memprediksi konsumsi listrik PT PLN (Persero) di tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu, akibat kondisi ekonomi yang lesu terinfeksi wabah corona. Berdasarkan laporan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), realisasi konsumsi listrik tahun 2019 lalu tumbuh 4,5%, lebih rendah dibandingkan target yang ditetapkan sebesar 6,5%.

"Asumsi tahun lalu itu 6,5% tapi kenyataannya hanya tumbuh 4,5%. Kemungkinannya tahun ini konsumsi listrik akan lebih rendah dibandingkan tahun lalu walaupun tahun ini masih berjalan," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif, di Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang ini pun mendorong supaya PLN lebih proaktif dalam memasarkan listriknya, khususnya untuk sektor industri. Upaya tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan konsumsi listrik dapat lebih optimal.

Baca Juga:

"PLN harus lebih didorong untuk lebih proaktif, karena penjualan listrik ke industri itu sifatnya business to business (b to b)," kata Arifin.

Pihaknya meminta supaya ditengah penurunan konsumsi listrik, kapasitas daya yang berlebih dapat dimanfaatkan secara optimal. Apalagi reserve margin tenaga listrik saat ini rata-rata bisa mencapai 40% sehingga harus dimanfaatkan supaya bisa terserap.

"Artinya tenaga listrik berlebih harus disalurkan supaya tidak ada pembangkit yang idle. Dengan reserve margin diatas 30% memungkinkan untuk bisa menarik industri untuk menyerap listrik," kata dia.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/154...dah-1583666750

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Terinfeksi Corona, Konsumsi Listrik PLN Diprediksi Lebih Rendah SKK Migas Optimistis Proyek JTB Senilai USD1,53 M Selesai Tepat Waktu

- Terinfeksi Corona, Konsumsi Listrik PLN Diprediksi Lebih Rendah Marwan Jafar Sebut Koperasi Bisa Jadi Obat Saat Ekonomi Lesu

- Terinfeksi Corona, Konsumsi Listrik PLN Diprediksi Lebih Rendah Sudah Lakukan Diskon, Kini Garuda Menanti Insentif dari Pemerintah



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di