CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Perencanaan Keuangan (MENGAPA , APA dan BAGAIMANA)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e64d98dc0cad716da0f1b1b/perencanaan-keuangan-mengapa--apa-dan-bagaimana

Perencanaan Keuangan (MENGAPA , APA dan BAGAIMANA)

Mengapa perencanaan keuangan itu penting? Pernah dengar kalimat "berusalah sekuat tenaga di musim semi untuk mempersiapkan diri di musim dingin" ? Ini lah penting nya perencanaan keuangan, perencanaan keuangan akan terbukti penting SAAT terjadi krisis seperti kejadian kita saat ini, kenapa? Agar kita siap dan tidak ada pihak pihak yang memanfaat kan kondisi kita jika kita tidak siap....☺


Perencanaan Keuangan (MENGAPA , APA dan BAGAIMANA)

Kita seringkali mendengar bahwa ada teman kita yang merasa sehat senantiasa, walau sering mengeluh pusing, hobi makan gorengan, stress, terlihat overweight, malas berolahraga, tidur tidak cukup dan ketika kita bertanya "bro, kenapa tidak olahraga sekali sekali atau kurangilah dikit makan gorengan nya", dibalas seperti ini "buat apa, gw merasa sehat sehat saja kok".

Pertanyaan saya buat teman teman, jika teman nya diberikan hasil medical checkup seperti diatas kira kira apakah akhirnya aware (sadar) terhadap kondisi kesehatannya? Nah setelah tahu kondisi kesehatan tersebut, apakah teman tsb segera melakukan suatu hal untuk memperbaiki kondisi kesehatan nya?

Pasti kebanyakan setuju, dan segera melakukan langkah angkah perbaikan kesehatan, tidak instan pasti nya tapi perlu proses..


Nah, bagaimana dengan kondisi kesehatan finansial? Perlu tidak dilakukan financial check up? Sama seperti medical check up, financial checkup sangat penting agar teman teman paham kondisi kesehatan finansial nya seperti apa, di sisi mana yang perlu dibenahi, di sisi mana yang perlu ditingkatkan sesuai dengan rencana finansial jangka panjang nya

(penting atau tidaknya finansial check up ibarat teman teman pergi ke tempat A dimana yang lain udah pada nunggu, tempat A anggap tujuan nya, di tengah jalan temen nya telp ngomong "brooo...lagi dimana udh nyampe blommm?!" Temen temen jawab nya ..posisi gw saat ini ga tau nih bro, sisi kiri gw ada rumah...sisi kanan ada toko, depan ada baliho gede banget" , nah kira kira temen yg denger jawaban itu khawatir kah? Klo kita mau jalan ke tujuan agar tidak nyasar..ada yg namanya GMaps...nah tabel di bawah ini adalah GMaps keuangan teman teman)

Teman teman pasti udah sering mendengar istilah financial planner, sy bertanya ke beberapa teman sy..apa yang dalam pikiran nya jika mengenal istilah financial planner? Dijawab "agent asuransi yaa" benarkah? Betul, tapi kurang komplit...asuransi hanyalah sepertiga dari financial planning, karena hanya membahas dari sisi proteksi, financial planning itu membicarakan 3 hal sederhana, yaitu : proteksi, investasi dan monitoring berkala.

Nah, ada yang argument: "wah , bro unitlink di asuransi itu khan investasi?!"

Mohon maap, menurut saya bukan...karna unit link itu sebenarnya untuk mengcover COI (Cost Of Insurance) yang naik setiap tahun (apalagi kalau dana alokasi ke unitlink nya sedikit), makanya ada Financial Planner yang pede kalau bayar premi cukup 10th saja, nah bgtu 10 th datang, nasabah diberikan surat pemberitahuan kalau dana unit nya tidak mencukupi untuk bayar biaya asuransi (hal ini terbukti dari banyak nya komplain terkait nilai investasi tidak sesuai dari tabel di awal saat mau narik dana "investasi" mereka) ujung ujung nya? Mengkambinghitamkan perusahaan asuransi sebagai penipu dll, padahal sebenarnya kesalahan terletak dari ketidakmampuan financial planner nya dalam memonitoring pertumbuhan unit investasi nasabahnya (saham tidak otomatis naik dan turun biasanya ada sinyal terkait naik turun nya suatu saham).

Seperti apa sih financial planner yang baik? Financial planner yang baik adalah mereka yang mampu mengutamakan kepentingan nasabah nya di atas kepentingan pribadi (terlalu idealis ya? Sy pribadi orang nya idealis., pindah dari banker menjadi financial planner karena sering mendapati nasabah ingin impian yang baik tercapai tapi data keuangan tidak support, sy percaya jika 200ribuan lebih financial planner di Indonesia paham finansial dan mengutamakan kepentingan nasabah nya, ekonomi negara akan bergerak ke arah yang lebih baik)

Berbicara financial planning, adalah berbicara hal terkait rencana jangka panjang dan strategi strategi yang perlu dilakukan agar rencana tersebut terwujud, setuju?!

Financial planner yang baik mampu mengecek kondisi kesehatan keuangan nasabah nya, mampu merencanakan strategi jangka pendek, menengah dan panjang dan memonitoring kondisi keuangan nasabah nya (hal monitoring ini biasanya jarang dilakukan seorang yang mengaku financial planner walaupun sudah memiliki jabatan tinggi), simpelnya sesuai diagram dibawah ini

Perencanaan Keuangan (MENGAPA , APA dan BAGAIMANA)

Nah teman teman, saya ingin sharing satu hal penting nya pengecekan kondisi kesehatan keuangan, sebelum melakukan pembelian sesuatu dan setelah melakukan pembelian sesuatu (apalagi menggunakan dana besar)

Nasabah saya pak widya, seorang dokter spesialis ingin membeli apartemen seharga 5Milyar dengan KPR, seperti apa kondisi keuangan pak widya sebelum beli apartemen tersebut dan sesudah beli apartemen tersebut? Apakah kondisi keuangan nya masih aman?

Nah, inilah powerfull nya jika dilakukan pengecekan kondisi keuangan sebelum melakukan suatu tindakan, teman teman punya gambaran secara objektif dan bijaksana sebelum menggunakan dana pribadi nya..

Perencanaan Keuangan (MENGAPA , APA dan BAGAIMANA)

Perencanaan Keuangan (MENGAPA , APA dan BAGAIMANA)

Nah sebagai financial planner beliau, saya PEDE mengatakan "silahkan beli pak, tapi dengan pertimbangan blabla bla"... kenapa saya pede, saya ada acuan yang terukur sesuai kondisi keuangan dan karakter penggunaan dana pribadi beliau...


Selain untuk mengetahui bijak atau tidaknya kita menggunakan uang pribadi kita, pengecekan kesehatan keuangan bisa memberikan informasi yang JUJUR terhadap kondisi kesehatan keuangan kita sehingga kita melakukan langkah langkah perbaikan, contoh masalah masalah yg sering kita dengar:

- ada gaji, langsung habis kepake ga tau kemana perginya
- penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol
- tidak memiliki portofolio investasi
- tidak memiliki proteksi kesehatan sebagai pengganti dana darurat
- tidak cukup dana likuid
- tidak paham rencana jangka pendek, menengah, panjang "biasanya mereka punya mindset masalah hari ini ya hari ini, besok ya besok aja"

Masalah di atas apakah ada solusinya? Yes, ADA jika kita bisa memahami dimana letak masalah maka kita PASTI bisa mencari solusinya dengan tepat bukan?


Nah, dengan ini saya mengajak kepada teman teman mari berpartner dengan saya dan tim saya agar teman teman punya gambaran dan monitoring yang jelas terkait perencanaan keuangan nya.


mau gak teman teman saya monitoring keuangan nya agar on the track dan rencana keuangan nya bisa tercapai? Mau gak diinformasikan investasi mana yang saat itu lagi potensial ,Bagaimana caranya? Selama setahun saya akan report ke teman teman min 4x (dalam setahun) laporan kondisi keuangan nya? Dari situ kita akan buat grafik apakah keuangan teman teman membaik atau malah sebaliknya (dengan adanya monitoring yang berlanjut saya akan memastikan teman teman mendapatkan proteksi yang ideal dan sesuai kebutuhan, jika mengambil investasi sy akan lapor secara rutin performa investasinya dan jika teman teman ingin menggunakan dana untuk usaha atau renovasi rumah, dll saya akan memberikan masukan yang terukur sehingga teman teman secara bijak menggunakan dana pribadinya)

ATAU


Teman Teman tidak perlu dimonitoring kesehatan keuangan nya, tidak perlu diinformasikan terkait kondisi unit investasi yang ambil nya lewat saya (misal), tidak perlu dibantu klaim nya jika suatu saat resiko hidup terjadi TETAPI kalau terjadi apa apa, mohon jangan salahkan saya atau perusahaan asuransi nya (seperti banyak kejadian saat ini)

Pilihan ada di tangan teman teman yah emoticon-shakehand


Spoiler for :


Jika teman teman berminat, bikin janji temu saja dahulu (tidak dipaksa untuk membeli kalau tidak cocok), kita cek kesehatan finansial teman teman saat ini seperti apa,proteksi nya apakah sudah cukup, tidak paham proteksi apa yang dibeli sebelumnya dan percaya saya hal itu akan membuat teman teman sadar dan akan menggunakan dana pribadi dengan lebin bijaksana 🥇


Devry A P
AXA Agency Manager
08118994995 (Call/WA)
0818 80 7678 (WA Business)
Diubah oleh financesolution
jika ingin diskusi, silahkan 😊🥇🙆‍♂️
jika ingin diskusi bisa langsung hubungi no di atas
Have a nice day


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di