CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sinta Nuriyah Sosok Wanita Tangguh Di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e64d74c09b5ca30c55fe0ff/sinta-nuriyah-sosok-wanita-tangguh-di-indonesia

Sinta Nuriyah Sosok Wanita Tangguh Di Indonesia



Sinta Nuriyah Sosok Wanita Tangguh Di Indonesia

Sinta Nuriyah Sosok Wanita Tangguh Di Indonesia

sumber gambar

Apa kamu mengenal nama tokoh yang akan saya bahas kali ini? Pasti bingung ya ini siapa? Lebih mudahnya sih begini sosok ini adalah istri dari KH Abdurrahman Wahid yang akrab di panggil Gus Dur.

Dahulu ada sosok Kartini yang ingin persamaan strata agar perempuan dapat berkarya, hal ini juga dilakukan oleh Bu Shinta ia berdasarkan keyakinannya sebagai pemeluk agama Islam juga meyakini dimana semua manusia tanpa harus membedakan gender, mereka itu setara di hadapan Allah.

Tidak banyak yang tahu sepak terjangnya selain hanya terlihat mendampingi Gus Dur ternyata beliau mempunyai keyakinan, bahwa perempuan Indonesia akan banyak bicara nantinya di kancah Internasional maupun di dalam negeri. Ini semua akibat pemikiran pluralisme yang sering di usung sang suami ternyata sejalan dengan pemikiran Ibu Sinta.

Maka tak heran juga kalau pendidikan beliau pun tinggi, lulusan Strata Dua di Universitas Indonesia. Jelas titel itu adalah wujud dari Bu Sinta ingin membuktikan bahwa wanita itu harus berpendidikan, jangan sampai terjadi ketimpangan sosial dalam rumah tangga dan juga lingkungan nantinya.

Jangan sampai kembali pikiran kita melihat wanita itu hanyalah mengurusi dapur, anak dan bersih-bersih rumah. Padahal sosok wanita itu adalah sama kedudukannya dengan lelaki hanya kodratnya saja yang berbeda, Ibu Sinta terus berjuang tanpa kenal lelah lewat banyak karyanya. Bahkan ia pun kerap aktif menjadi aktivis dan juga aktif di berbagai organisasi untuk masalah hak asasi manusia.

Sinta Nuriyah Sosok Wanita Tangguh Di Indonesia

sumber gambar

Melihat itu semua, tak salah kalau perjuangan beliau sangat menginspirasiku, bisa dibilang sebagai wanita memang tak boleh lemah. Walau kita tak berpendidikan tinggipun jangan sampai wanita terintimidasi apalagi dianggap sebelah mata oleh lelaki.

Karena dibalik suami yang hebat, ternyata mempunyai istri yang hebat pula. Hak dan kewajiban wanita sebenarnya setara ini adalah sikap wanita masa kini, sikap kritis terhadap perkembangan zaman ketika wanita saat ini telah dianggap juga sebagai penopang kehidupan bukan hanya cameo.

Setidaknya sosok bunda Sinta adalah inspirasi wanita masa kini, dan sangat berpengaruh dengan kehidupanku untuk menjadi wanita yang dapat berkarya seperti dengan sebuah tulisan atau lebih dari itu. Semoga Bunda Sinta di sehatkan di umurnya yang sudah tidak muda lagi.

Terima Kasih Ibu Sinta Nuriyah.


#########

Tulisan hanya opini pribadi


Diubah oleh .r4hma.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di