CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ibu Paleontologi Dunia Tanpa Tanda Jasa - Mary Anning
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e64d649b840883eb72218f0/ibu-paleontologi-dunia-tanpa-tanda-jasa---mary-anning

Ibu Paleontologi Dunia Tanpa Tanda Jasa - Mary Anning

Ibu Paleontologi Dunia Tanpa Tanda Jasa - Mary Anning


Spoiler for Intro:


Sebagai pejuang garis depan kesetaraan gender, pecinta hal2 berbau sains, dan pengulik amatir kepaleontologian, rasanya aneh banget kalo ane gak pernah nyebut nama Mary Anning di sekian thread yang ane tulis.

Bukan2. Mary Anning. Bukan Marie Curie.

Asing banget kan namanya?



Lahir di daerah pesisiran pantai Inggris tahun 1766, Mary Anning hidup di keluarga yang berjuang dalam hal ekonomi, dengan ayah sebagai tukang kayu, juga pemburu fosil sebagai kerja sampingan.

Di tahun segini, paleontologi masih seret gan. Mbah Darwin aja masih dalam angan2 emak masa depannya. Bahkan adanya makhluk hidup yang udah punah terus jadi fosil aja merupakan teori baru yang banyak diragukan.emoticon-Belo
Jadi pemburuan fosil kayak yang dilakukan ayahandanya Anning ini masih cuma sekadar hobi, yang hasil buruannya bisa dijual ke turis2.

Sedihnya, baru di awal mula kisah, satu2 orang pencari nafkah dari keluarga Mary Anning meninggal saat Anning sendiri baru berumur 11 tahunan.emoticon-Berduka (S) Karena dari kecil suka ikut berburu fosil ngebantu ayahnya, berbekal pengalaman yang ada, Anning bersama abangnya terus ngelanjutin perburuan buat menyangga ekonomi keluarganya.

Fyi, lokasi Anning nyari fosil itu nama daerahnya Blue Lias. Dikenal sebagai surga fosil aneka fauna Jurasik, tapi juga sebagai lereng maut karena sering longsor.



Dengan tekad kuat, Anning terus nyari dan menjual hasil buruan yang umumnya berupa cangkang ammonite. Sampai akhirnya, sebuah tengkorak bermoncong mirip buaya ditemuin abangnya Anning. Tapi sayangnya gak lama setelah temuan itu, Anning ditinggal abangnya buat kerja, 'yang bener2 kerja'.emoticon-Ngacir
Sendirian, passion-nya dengan tengkorak ini ngebuat dia bertekad terus menggali fosil bagian tubuh lainnya.

Dan apa coba hasilnya..



Sepanjang 5,2 meter, fosil ini jadi temuan terkomplet pertama dari reptil laut yang nantinya dikenal dengan Ichthyosaurus.emoticon-Belo Temuan lengkap Mary Anning ini berakhir terjual di tangan kolektor kaya. Dipajang di museum terdekat. Dan diperdebatkan oleh komunitas geolog di sana. Tapi..

Tau kan, ada satu yang kelewat.

Usai berpindah tangan, nama Mary Anning gak tersebut sama sekali mengenai fosil jerih payahnya tersebut.emoticon-Nohope Sebagai orang miskin, tidak berpendidikan, dan PEREMPUAN, para geolog di sana nolak mentah2 keberadaan Anning dalam komunitasnya. Bahkan banyak yang bilang kalo Anning cuma 'bejo aja' nemuin fosil Ichthyosaurus ini.

Like, what? 5.2 meter creature is considered lucky?emoticon-Mad

Lanjut cerita, geolog kemudian mulai banyak yang berburu ke Blue Lias. Sampe saat itu, Anning masih kurang peduli. Dia tetep berburu aja dan kemudian ngejual fosil temuannya. Ironisnya, pembeli2nya yang kadang juga para geolog, ngeklaim hasil temuan Anning sebagai temuannya.emoticon-Gila

Lama terdiam, akhirnya Anning mulai tergerak peduli. Dia gak terima cuma dianggap sebagai anak gak tau apa2 yang beruntung nemuin fosil2 temuannya. Anning mulai beli buku dan belajar. Dia bahkan sampe2 belajar anatomi hewan secara mandiri dengan ngebedah ikan2 laut.emoticon-Belo

Dan akhirnya, bocah yang dulunya dianggap cuma 'bejo' nemuin fosil2nya, sekarang bisa berdebat ngalahin argumen2 geolog. Salah satu temuan penting Anning yakni terpecahnya fosil korpolit, sebagai tinja hewan yang memfosil.emoticon-Add Friend (S)



Kemudian muncul lah sebuah temuan kontroversialnya, yakni sepanjang 10 meter Plesiosaurus, reptil laut kayak Ichthyosaurus yang lehernya super panjang.emoticon-Belo Saat itu ditemukan, di luar Inggris, fosil Plesiosaurus udah pernah ditemuin. Tapi gk ada yang selengkap punyanya Anning.
Dan yak, kontroversial dah Plesiosaurus Anning ini. Geolog di seluruh dunia banyak yang bilang kalo temuan Anning ini palsu. Hoax. Dengan beribu alasan keluar dari berbagai mulut.

Tapi nyatanya, setelah bener2 ngecek sendiri fosil temuan Anning tersebut, gak ada yang bisa nyanggah ngebuktiin kalo Plesiosaurus Anning itu fosil palsu.

emoticon-Gila

Akhirnya, nama Anning pun mulai dikenal di dunia geolog. Bahkan temuan kontroversialnya ini bisa dibilang jadi alasan cabang sains paleontologi muncul saat itu.
Yah.. meski masih belum diakui jadi geolog beneran sih, jadi Plesiosaurus temuan Anning pun diatasnamakan bukan dari nama Mary Anning.

Karena apa coba?

Because Mary Anning is a WOMAN.
Dude!emoticon-Mad



Mengikuti temuan besar itu, fosil menggemparkan lain ditemuin Anning. Seekor reptil bermoncong lain, tapi disela2 tangannya terdapat sayap.

Yak, kawan seperjuangan lama para burung. Pterosaur. Dari penemuan tersebut, Anning bisa dikatakan jadi penemu fosil Pterodactyl kedua sepanjang sejarah.emoticon-Belo
Lalu dilanjut dengan penemuan spesies plesiosaur lain, juga berbagai ikan dan ammonite.

Tapi lagi2, karena kePEREMPUANannya, juga keadaan ekonomi yang tetep seret, temuan2 tersebut berakhir diatasnamakan orang lain.emoticon-Frown

Hal selanjutnya yang bikin nyesek selain itu yakni lokasi perburuan fosil tempat Anning berburu mulai kehabisan fosil2 baru, yang otomatis diikuti hilangnya mata pencahariannya. Ibu Anning gak lama sejak itu kemudian meninggal. Lalu di umur 46 tahunnya, Anning terdiagnosis terkena kanker.

(tisu gratis tisu gratis, silahkan ambil)

emoticon-Sorry

Dan kisah ini berakhir dengan tidak dikenalnya nama Mary Anning dari penemuan2nya sampai akhir hayatnya. Bahkan gak juga sebagai paleontolog 'asli'.

Tapi dalam sejarah, nama Mary Anning akan terus dikenang sebagai 'Pemburu Fosil PEREMPUAN, eh gak.. 'Pemburu Fosil Terhebat Sepanjang Sejarah'.

Happy International Women's Day.

Spoiler for Bonus:


Spoiler for Sauce (legit):
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DJwookie dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh radcliffezky
Halaman 1 dari 3
Mulai bikin thread lagi, ringan2 dulu aja kan yak.
Thread bonus Neogen upcoming on the next weekend! Stay tuned!
Yang punya LINE, bisa join grup zpts. Sepi banget nih. Sedih.emoticon-Ngakak
https://line.me/R/ti/g/zdTqG4kFsi
Mau tanya2 seputar zpts dipersilakan di sana. Ane lebih sering buka chat dari pada pm Kaskus. Plus, kalo diskusi kan bisa lebih lancar gitu.

Yang belum tau zpts, silahkan mampir:
Spoiler for zaman prasejarah the series:
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan ciptawan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ternyata ini ibu para fosil! emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Boleh2. Ane pikir2 dulu..emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
terus bisa diakui jadi tokoh penting paleontologinya gimana gan? kan sampe meninggal cuma dagang fosil aja gak diakuin sebagai ilmuwan. emoticon-Bingung


ironi juga ya bisa diskriminasi perempuan gk bisa sekolah gak bisa jadi ilmuwan padahal orang paling berpengaruh di dunia saat itu juga perempuan(ratu Victoria).

jadi kasian sama buruh2 gali fosil, udah capek-capek nambang banyak resiko tapi yg makmur malah penelitinya bukan mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Ini imho ya..
Karena penemuan2nya gan. Ane frasa kan sebagai ibu paleontologi dunia itu karena penemuan2nya berperan penting ngebuat dunia perfosilan bisa jadi suatu cabang sains baru. Emang sih... kalo tanpa beliau, mungkin paleontologi tetep bisa ada, kayak Thomas Edison nemuin bohlam. But.. you know my point, right?

Ane gk bener2 tau buruh gali fosil lainnya itu kayak gimana. Tapi menurut ane, Mary Anning itu seorang pencari fosil yang emang suka dengan hal yang dilakukannya. Gk cuma berburu karena uang. Beliau punya passion dalam penemuan2nya.
Tapi sayang, regime dunia pendidikan saat itu ngebuatnya gk bisa bener2 menuhin passion-nya. Plus juga kehidupan ekonomi yang makin ngerantai dia buat gk bisa berkutik apa2.

Jadi apa Mary Anning itu bisa disebut paleontolog?
Gk. Monopoli pendidikan di mana seorang ilmuwan harus lulusan perguruan tinggi, ngebuatnya gk bisa dijuluki paleontolog.

Tapi untuk pertanyaan apa Mary Anning itu cuma sekadar buruh gali fosil yang daganging fosil2nya?
I dont think so.. Kalo aja dapet beasiswa atau apalah, ngikutin pendidikan yang layak, dan diterima dengan baik di komunitas, ane yakin beliau bisa jadi paleontolog terhebat sepanjang masa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 3 lainnya memberi reputasi
Harusnya rilis threadnya hari ini aja gan, hari ini persis tanggal wafatnya Mary Anning.
Ane baru tau pas barusan dapet rekomen berita google.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan 2 lainnya memberi reputasi
Terima kasih Mary Anning.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muantapdjivva memberi reputasi
TS jurusan geologi kah? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan 2 lainnya memberi reputasi
iya ane pernah baca nih di google waktu google ngerayain tentang blio. keren ibu ibu yang gemar dan seneng sama fosil2 purba ya, banyak banget temuannya sebenernya. keren. jasa bakal dikenang dan abadi bu mary emoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan 2 lainnya memberi reputasi
anak geologi kek nya nih TS emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan 2 lainnya memberi reputasi
sampai sekarangpun perempuan tetep di anggap sebelah mata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan 2 lainnya memberi reputasi
seenggaknya dunia tau hal ini meskipun doi ga dihargain sbg penemu
Baru tahu nih ane gan, nice gan, ane jd tbah wawasan.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan muantapdjivva memberi reputasi
Angkat Topi untuk Beliau, walau dari background yang bisa dikatakan kurang beruntung dari sisi ekonomi . Tapi dari hal tersebut bisa berangkat jadi passion yang lantas sangat berguna bagi dunia pendidikan.emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
mantul gans emoticon-Jempol
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Apa yg mau dia buktikan sri.. emoticon-Big Grin
Fosil tetaplah fosil.. emoticon-Big Grin
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Berarti tahun segitu daratan banyak yang ketutup air ya gan. Buktinya banyak ditemukan fosil hewan hewan airemoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan ciptawan memberi reputasi
Perjuangan yg bisa dikatakan sangat sulit, banyak kendala yg dihadapi terkhusus masalah ekonomi. Semoga akan lebih banyak lg yg mengenal Mary Anning
profile-picture
profile-picture
radcliffezky dan ciptawan memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di