CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Plagiat? Nggak Keren Uyy
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e649830f4d6954352721846/plagiat-nggak-keren-uyy

Plagiat? Nggak Keren Uyy

Perangi Plagiarisme

Plagiat? Nggak Keren Uyy

Buku ini adalah novel terbitan Denta Publiser ber-ISBN dan Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang.

Saya sudah membaca habis novel ini. Penulisnya berasal dari Sumatera Barat, teman, guru sekaligus saudara saya di dunia literasi. Namanya Naya.R, banyak hal yang saya pelajari dari beliau, baik kepribadian dan soal tulisan. Buku ini sudah terjual kurang lebih 1000 eksemplar banyaknya. Pencapaian yang luar biasa bukan?

Saya sebagai penulis baru, yang baru lahir jadi lebih bersemangat berkarya. Semoga suatu saat bisa seperti beliau yang karyanya di cintai orang banyak.

Hingga hal mengejutkan terjadi, saat saya bergabung di sebuah situs kepenulisan yang cukup besar. Di sana saya juga sebagai author/penulis. Saat saya coba membaca karya-karya orang lain, saya terkejut karena saya mendapati judul dan isi yang sama persis seperti tulisan milik Naya R yang berjudul Bias Rindu. Sudah di pastikan orang ini copy paste karya dari Uni Naya R. Lebih bekennya biasa di sebut plagiat.

Di group khusus penulis kami sudah heboh. Apalagi di sana si plagiat sudah mendapatkan banyak keuntungan dari karya ini. Sebagai penulis asli tentu saja Uni Naya R merasa dirugikan. Hasil jerih payah dan begadangnya demi menuntaskan novel ini jadi terasa menyakitkan, mengingat karya yang sudah banyak di cintai para pembaca ini di plagiat.

Beberapa pembaca tidak terima, bahkan saya dan beberapa penulis lainnya ikut turun tangan untuk mengingatkan. Ramai-ramai kami mereport tulisan itu, mengingatkan di kolom komentar. Namun hasilnya nihil, pihak situs pun sepertinya tidak berbuat banyak.

Saya heran dengan orang-orang seperti ini. Apakah urat malunya sudah putus? Kami semua para pembaca setia dan penulis sudah beramai-ramai menyerbu dan mengingatkan, tapi ia tak bergeming. Malah mengganti judulnya dengan judul yang baru yang tetap saja isinya sama secara keseluruhan.

Sebelumnya ada kasus serupa, tapi di Komunitas terbesar di Facebook. Bahkan tulisan itu hampir jadi sebuah buku. Karena ketahuan si plagiat memohon maaf secara resmi kepada semua pembaca. Dan begitu banyak yang memuji sikap si plagiat yang di anggap kesatria. Aku jadi heran nih, namanya salah ya minta maafkan ya?

Aku kasih perbedaan nih ya, yang minta maaf dan pantas di sebut kesatria

Sama ... yang minta maaf karena kepepet dan merasa perlu, harus dan kudu melakukan permintaan maaf itu.

Contoh ;

1. Si Jalimun nyolong tomat, terus setelah di pikir-pikir dia merasa berdosa, merasa bersalah karena sudah ambil milik orang lain. Di tengah masyarakat luas Jalimun meminta maaf dengan segenap hatinya dan menyesal pernah melakukan pencolongan. Meskipun Masyarakat belum tahu kalau di Jalimun ini nyolong tomat. Dia Berinisiatif sendiri minta maaf... (Keren)

2. Si Jalimun nyolong timun, terus ketahuan masyarakat setempat. Ia di arak, di olok-olok dan di bully karena ketahuan dan ketangkap basah. Demi menyelamatkan diri jelas dong si Jalimun ini minta maaf sama semua orang dan mengakui kesalahan trus berjanji nggak akan ngulang lagi. (Kepepet)

Sekarang tau di mana bedanya?

Tapi di sana banyak komentar yang memuji si plagiat secara berlebihan. Hey setinggi apa pun popularitasmu di dunia literasi ini kalau karyamu hasil plagiat tetap saja itu hal yang memalukan.

Kalau di luaran masih banyak yang menyimpan urat malu, bolehlah di bagi sedikit saja kepada para plagiat seperti ini.

Sungguh para Plagiat itu nggak KEREN.
emoticon-Gregetanemoticon-Gregetanemoticon-Inggrisemoticon-Inggrisk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ydniwindy dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh selvinofitasari
jangan sembarangan mbak bisa aja itu foto milik orang lain emoticon-angel
Quote:


Bukan fotonya Mbak, tapi namanya...
Foto bisa aja dia comot di google kan?
youtuber kita kemarin ada yg keciduk gara2 niru konten luar

sinetron kita banyak nyadur

jiwa nyadur kita luar biasaemoticon-Leh Uga
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
mmg ga keren


soal yg malah dipuji itu mungkin yg dipuji itu krn dia udah berani akui klo dia plagiat kali ya dan mau minta maaf
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Quote:


nama juga bisa dicomot kok, udah banyak kasusnya

btw gabung disitu wajib ngasih nomor ktp?

nb: gue bukan mbak emoticon-Ngakak:
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Quote:


emoticon-Gregetan Sebel sama plagiat emoticon-Gregetan
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Quote:


Kecuali, belum ketahuan ia sudah ngaku plagiat duluan dan mengaku salah. Itu baru kesatria, bukannya sudah ketahuan, heboh, di hujat baru dia minta maaf...
Quote:


Eh gue belum kasih no ktp, emang harus ya?
Quote:


kalo di forum anonim mah gak masalah kecuali mau klaim hadiah emoticon-Malu (S):
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Awas kucing garong siap menerkamemoticon-Ngakak
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
klo karya tulisan udah gk keitung yg plagiat.
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Quote:



Kucing garongnya udah di kurung emoticon-Cape d...
Quote:


Sedih Mbak 😥
ane aj bikin model 3d banyak yg nyolong bray
yg populer yg nyolong buatan ane
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Diubah oleh hatalomba
Quote:


Njirrr Sakettttemoticon-Blue Guy Bata (L)

Sabar aja ya, Gan emoticon-Mewek
profile-picture
hatalomba memberi reputasi
Baiknya screenshot-nya dihilangin aja daripada nanti jadi bumerang.

Intinya kan mau bilang plagiat ga keren. Banyak banget plagiat, termasuk yang sudah ketemu presiden.

Intinya adalah miliki etika. Kalau mengutip secara berlebihan tanpa menyebut sumber itu aja sudah termasuk plagiat, apalagi satu buku emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
artwing dan selvinofitasari memberi reputasi
Diubah oleh archaengela
Quote:


Asiap, udah tak hilangin screenshot nya...

Enak ya, Plagiat ketemu presiden emoticon-Shakehand2
Jadi inget kasusnya si Afi Nihaya.
Gatau dia jiplak berapa banyak, yang pasti tu anak langsung dicap plagiat berdasarkan pengakuannya sendiri, biarpun ga tau berapa banyak yang dia kutip. Ane rasa ga 100% juga, tapi yah... netizen sekali nyaplok orang ga bakal dilepas lagi.

Dengan bercermin dari kasus tersebut dan trit ini, sebenernya berapa persen sih konteks penjiplakan yang bisa disebut plagiat?
Skripsi pun sebenernya juga plagiat, tapi dari aplikasi plagiarism checker pun ada beberapa kutipan atau resensi yang jatuhnya sebagai "citation" atau menjadi istilah "terinspirasi".

profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Lihat 1 balasan
btw kamu dulu pas sekolah ato kuliah pernah mencontek gak?
contek ujian/quiz/tugas temen mu
mencontek bukannya plagiat ya
emoticon-Ngacir

gw sich suka nyontek.
jadi gw dalam posisi gak bisa ngasih komen apa2.
karena prinsip gw,
pas lu nunjuk orang lain, pastiin jari mu gak nunjuk diri mu sendiri
emoticon-Ngacir
profile-picture
selvinofitasari memberi reputasi
Diubah oleh enam.kehendak
Quote:


Nggak pernah, Kakak. Orang biasanya nyontek ke gue emoticon-Mewek

Gue mana berani nunjuk-nunjuk orang, sekalipun alhamdulillah nggak pernah. Nulis ini juga karena salah satu teman merasa di rugikan. Beda ya kak nyontek di sekolah sama karya...

Apalagi orang yang jiplak menghasilnya banyak rupiah, siapa pun pasti keberatan. Kita yang susah mikir kok dia yang kebajiran duit. Tapi, mereka nggak bakal ngerti kalau kasus seperti ini belum nimpa ke dia...
Diubah oleh selvinofitasari


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di