CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
[B]Paracetamol menyebabkan sakit hati[/B]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e645c55c9518b404762dd4b/bparacetamol-menyebabkan-sakit-hati-b

Paracetamol menyebabkan sakit hati

[B]Paracetamol menyebabkan sakit hati[/B]

Paracetamol atau biasa disingkat dengan PCT sering menjadi salah satu pilihan pertama yang dicari sebagai obat anti nyeri maupun antipiretik (penurun panas) untuk mengurangi gejala penyakit seperti demam.

Jenis obat PCT ada dua, generik dan paten. Obat generik tergolong murah dari obat paten, meskipun begitu khasiatnya tetap sama, bedanya hanya bahan tambahannya saja. Salah satu contoh obat paten yaitu Decols*n, khasiatnya untuk batuk dan flu, diantara kandungan obatnya terdapat PCT. Indikasi obat tsb bukan untuk batuk dan flu tetapi mengurangi gejalanya yaitu demam. Hampir setiap kandungan obat flu dan batuk di kombinasikan dengan PCT.

Di Indonesia, PCT menjadi salah satu pilihan obat tunggal atau kombinasi obat lain untuk mengobati maupun mengurangi gejala penyakit. Dijepang, obat tersebut hampir tidak digunakan sebagai obat anti nyeri karena efek sampingnya yang berbahaya yaitu penyakit hati. PCT tidak seperti antibiotik (contohnya amoxicilin) yang harus diminum sampai habis, kalau nyeri berkurang ataupun tidak nyeri lagi, PCT bisa dihentikan. Tidak apa meminumnya jika sekali-kali, tetapi jika seterusnya itu tidak baik, apalagi dengan pecandu alkohol ataupun yang mengalami kerusakan hati akibat penggunaan obat lain seperti obat TBC karena kadar SGOT/SGPT (enzim dalam hati) dapat meningkat sehingga memperparah kerusakan hati.

Selain PCT, ibuprofen juga memiliki khasiat yang sama. Efek samping dari ibuprofen yang paling sering adalah kerusakan gastrointestinal atau kerusakan daerah lambung yang biasa dikenal maag, tetapi efek samping tsb dpt dihindari dengan cara mengonsumsi makanan terlebih dahulu. Itulah gunanya aturan pakai yang ada di brosur obat. Masih bingung tentang obat? Tanya obat, tanya apoteker emoticon-Big Kiss
Diubah oleh rinyyyyy


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di