CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Ikigai, Solusi Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6454e7977513078f497971/ikigai-solusi-saat-passion-saja-tidak-cukup-untuk-menopang-kesejahteraan-hidup

Ikigai , Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup

Ikigai, Solusi Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan HidupSumber gambar
Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup, Kamu Butuh IKIGAI


Berulangkali ane menulis thread tentang seberapa pentingnya sebuah passion dalam hidup. Dimana passion lah yang membuat kita semakin semangat dalam menjalani hari - hari dan kita dapat menikmati dunia tanpa keterpaksaan. Tetapi kenyataannya, kehidupan tidak berjalan sesederhana itu, selain passion yang harus kita gali ada juga kebutuhan yang harus kita penuhi. Pemenuhan kebutuhan itu tidak lepas dari keberadaan uang yang mengisi dompet kita, agar kita bisa hidup dengan layak di tempat yang memadai, makan makanan yang sehat untuk membuat tubuh tetap bugar serta keperluan lain yang sudah menjadi tanggung jawab kita (membiayai keluarga untuk yang sudah berumah tangga, membayar uang kuliah, beli bensin kendaraan dll.) Semua itu butuh uang kan gan?

Beberapa orang ada yang beruntung karena bisa menjadikan passionnya sebagai sumber mata pencaharian, sehingga dia bisa hidup dari bekerja di bidang yang disukainya tersebut. Namun apa kabar dengan orang - orang yang punya passion di suatu hal tapi sesuatu yang dia cintai itu tidak bisa menghasilkan uang untuknya? Atau kalaupun bisa tapi jumlahnya tidak cukup untuk menopang kesejahteraannya? Apa iya mereka akan bertahan dalam idealisme di balik alasan "hidup harus sesuai passion"?

Passion memang penting sih, tapi kalau tidak bisa jadi sandaran ya tetap saja kita harus realistis. Disinilah agan dan sista perlu memahami apa itu IKIGAI. Menurut wikipedia.com, Ikigai adalah suatu alasan yang membuat kita semangat bangun di pagi hari, gairah dan nilai kehidupan. Agak rumit ya gan dipahaminya? Oke ane akan jabarkan dengan lebih sederhana dan mudah dimengerti melalui gambar di bawah ini:

Ikigai, Solusi Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup


Secara ringkasnya, Ikigai adalah gabungan antara hal yang kita sukai, sesuatu yang dunia butuhkan, bidang yang bisa menghasilkan uang untuk kalian dan sektor yang bisa kalian kerjakan dengan baik. Jika keempat kriteria itu sudah ada dalam hal yang Agan geluti, berarti ente sudah berhasil menemukan IKIGAI Agan.

Misalnya nih, Bang Komeng yang suka hal - hal berbau komedi. Sifatnya yang lucu ini memang dibutuhkan oleh dunia yang belakangan ini lagi serius - seriusnya menghadapi situasi genting virus corona, otomatis orang orang butuh guyonan biar kagak stress, akhirnya bang komeng terjun ke dunia perlawakan, respon masyarakat baik sehingga dia diterima di stasiun televisi untuk suatu acara hiburan, Bang Komeng bisa menghasilkan uang dari sana karena dapat melawak dengan baik. Disitulah IKIGAI Bang Komeng.

Nah, buat Agan dan Sista yang hingga detik ini masih merasakan bahwa passionnya tidak bisa membuat diri sejahtera, coba melakukan apa yang bisa dikerjakan dan dunia butuhkan dulu baik kalian suka ataupun tidak. Sebab kehidupan terus berjalan, ada perut yang butuh diberi makan, ada tagihan bulanan yang butuh dibayarkan. Sambil jalan nanti kita temukan ikigai demi hidup yang lebih bergairah.

Quote:


Oke gaes, segitu dulu thread dari ane. Kalian bisa banget sharing di kolom komentar tentang IKIGAI yang sudah kalian temukan atau buat yang masih mencari IKIGAI dalam hidupnya, yok mari ngobrol ngobrol disini! Ane @adnanami pamit. Bye - bye! Jangan lupa diintip halaman profil ane, disana banyak thread - thread berfaedah yang bisa menjadi bahan bacaan ringan di kala senggang kalian.

Ikigai, Solusi Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup


Referensi :
1.wikipedia.com
2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 48 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Halaman 1 dari 11
ikigai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 4 lainnya memberi reputasi
adnanami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo gak salah ada bukunya nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


oh ya?
apa gan judulnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Berarti ikigaiku udah hilang emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


kok bisa?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Hmm.. panjang sih ceritanya..
Klo misal smua terjadi karna murni karna kesalahanku sih gpp, ini serasa gak adil sama sekali, bukan aku yg menabur angin, tp aku yg menuai badai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ikigai, Solusi Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Matabelo

Berbahagialah kalian yg dpt berbahagia dgn hal2 kecil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


ikigaimu hilang trus kelanjutannya gmn oppa?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Ya tetap hidup, klo orang Jepang udah mati kali emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


g dicari lagi itu ikigai?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Blm tau..
Makanya aku tertutup skrg
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
pernah baca buku tentang ginian tapi lupa judulnya Ikigai, Solusi Saat Passion Saja Tidak Cukup Untuk Menopang Kesejahteraan Hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indra.blora
Quote:
mmm ... but life must go on oppa

Quote:


yaaah padahal kepo ane gan
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
ane juga punya thread yg bahas ikigai emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


ane ngintip ye gan
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


barusan ane intip kok kagak ada?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Quote:


Ada kok emoticon-Malu

ini
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan iissuwandi memberi reputasi
ikigai jalan ninjaku
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di