CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ribuan Warga Tiongkok Ajukan Izin Tinggal Keadaan Terpaksa di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e64298628c991397e3a5f5f/ribuan-warga-tiongkok-ajukan-izin-tinggal-keadaan-terpaksa-di-indonesia

Ribuan Warga Tiongkok Ajukan Izin Tinggal Keadaan Terpaksa di Indonesia

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) telah memberikan Izin Tinggal Terpaksa kepada 2.643 warga negara Tiongkok.

Kabag Humas Ditjen Imigrasi Kemkumham, Arvin Gumilang mengatakan pemberian izin tinggal terpaksa ini dilakukan Ditjen Imigrasi terkait mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Sebanyak 2.643 warga negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mendapat izin tinggal keadaan terpaksa per hari ini. Sebelumnya 1.247 sejak 5 Februari sampai 23 Februari," kata Arvin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (5/3/).

Menurut Arvin jumlah tersebut bertambah dibanding periode 5 Februari 2020 hingga 23 Februari 2020. "Ada penambahan Warga Negara RRT mendapat izin tinggal keadaan terpaksa setelah didata," ujarnya.

Izin Tinggal Keadaan Terpaksa ini diberikan hanya kepada warga negara Tiongkok yang memenuhi persyaratan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal dalam Upaya Pencegahan Masuknya Virus Corona.

Dengan demikian, jumlah warga Tiongkok yang mengajukan izin tinggal keadaan terpaksa di Indonesia jumlahnya diperkirakan lebih banyak dibanding dengan izin yang diberikan.

Dalam aturan itu, izin tinggal keadaan terpaksa dapat diberikan kepada warga negara Tiongkok, orang asing pemegang izin tinggal di Tiongkok, dan suami atau istri atau anak dari WN Tiongkok.

Izin tinggal keadaan terpaksa diberikan saat muncul wabah virus corona yang diterapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan tidak adanya alat angkut yang membawa keluar wilayah Indonesia ke Tiongkok.

Pemohon izin tinggal keadaan terpaksa mengajukan permohonan dengan melampirkan paspor kebangsaan atau dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku, visa, atau izin tinggal yang dimiliki. Namun, izin tinggal keadaan terpaksa ini tak diberikan kepada pemegang izin tinggal kunjungan atau izin tinggal terbatas yang masih berlaku.

Lebih lanjut, orang asing dari negara Tiongkok pemegang izin tinggal tetap yang masa berlaku izin masuk kembali telah berakhir dapat diberikan izin masuk kembali dalam keadaan terpaksa melalui permohonan kepada Pejabat Imigrasi di Perwakilan Republik Indonesia.

Pengajuan ini juga harus memenuhi sejumlah persyaratan seperti keterangan sehat yang menyatakan bebas virus corona dari otoritas kesehatan negara setempat dalam bahasa Inggris, pernyataan bersedia untuk masuk karantina selama 14 hari yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia; atau singgah/transit selama 14 hari di negara lain yang tidak terjangkit virus corona sebelum masuk wilayah Indonesia. Jika persyaratan-persyaratan itu tidak dilampirkan, permohonan ditolak.

Permenkumham nomor 7 Tahun 2020 yang mencabut Permenkumham nomor 3 tahun 2020 ini diterbitkan untuk meningkatkan pencegahan masuknya virus corona ke wilayah Indonesia.

"Permenkumham Nomor 7 Tahun 2020 juga tidak melulu soal WNA Tiongkok, tapi Orang Asing yang pernah tinggal dan atau mengunjungi wilayah Republik Rakyat Tiongkok dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk wilayah Negara Republik Indonesia," pungkas Arvin

https://merahputih.com/post/read/rib...a-di-indonesia

Indonesia negri yg aman dan damai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
asal diawasasi gpp, jgn sanpe malah menetap selamanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
Menetap selamanya ga papa, mending lebih banyak cina disini daripada onta kadrun keparat mabuk agama, udah geblek malas kerja pula... orang cina amoynya cantik, rajin kerja, generasinya cerdas, ga heran jadi negara maju di mainland... emoticon-Shakehand2

Yang ga setuju sama gua cuma kadrun geblek dan kroni2nya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yueda dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
enak kan tinggal di sini kan, hehehe
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bentar lg pada punya KTP deh
Lihat 4 balasan


Quote:



Entah kenapa saya setuju sama anda emoticon-thumbsup:

Kadrun NO Mia Khalifa YES emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syahali dan 5 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
dari pengalaman ane, cina asli menlen sana lebih gampang bergaul dengan warga pribumi. asalkan lu sama dia sama2 bisa bahasa inggris.

karena mereka belum pernah mendengar ketengangan sara antar pribumi indon dengan cina indon.

cina menlen terutama anak-anak mudanya (khususnya cewek) tidak segan-segan untuk mengobrol dengan cowok berkulit gelap.
beda dengan panlok, pasti kebanyakan memilih sesama cina untuk diajak jalan, atau paling tidak yg kulitnya putih kayak bule lah.

Jadi yah.. ane setuju kalo mereka tinggal lebih lama..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Quote:


Leh uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan abau. memberi reputasi
Quote:


Ya itu bisa juga
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
ajaibnya belum ada yang tinggal di pinggir jalan ngemis2 ke pemerintah Indonesia, ntaps.......emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
di bali udah lama x sejak jan kali yah...pda males pulang wkwkkw
profile-picture
abau. memberi reputasi
demi kesehatan emoticon-Cool
Quote:


kasihan juga ampe di negeri orang tertahan..
emoticon-Hammer2

mana di negara nya lagi mewabah..
ngitungin duit buat tinggal disini pasti susah..
keluarga di sana mungkin juga lagi susah buat biaya hidup..
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan serapionleo memberi reputasi
kalo pemerintah naro mereka di bali, bali bisa hore lagi nih...
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Gpp sih. Asal diperiksa dulu klo mereka bebas virus.
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
gw sih gak ada masalah asal diawasi, asal 100% negatif corona, dan asal tau diri saja
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Jutaan atau puluhan juta kok target nya......

50% penduduk Indonesia 100 tahun lagi adalah keturunan Tionghoa.

Karena mereka tidak mengenal program KB...malahan target nya 50% penduduk dunia.

Beranak pinak sebanyak mungkin itu prinsip nya.
profile-picture
terranova345 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jangan mau

enak aja emoticon-Lempar Bata
haha indonesia jadi kamp pengungsian
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di