CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Sukabumi /
[COC Regional: Kebudayaan]Panen, Penduduk Sukabumi Berterima kasih Pada Dewi Sri/Padi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6414dcf4d6952a8013dfcc/coc-regional-kebudayaanpanen-penduduk-sukabumi-berterima-kasih-pada-dewi-sri-padi

[COC Regional: Kebudayaan]Panen, Penduduk Sukabumi Berterima kasih Pada Dewi Sri/Padi

[COC Regional: Kebudayaan]Panen, Penduduk Sukabumi Berterima kasih Pada Dewi Sri/Padi
Pict. Fb

Indonesia merupakan negara agraris. Maka, sudah sepatutnya jika penduduknya hidup makmur di atas tanah yang subur. Slogan daerah Sukabuminya-nya adalah gemah ripah loh jinawi.

Di sini ane mau mencoba mengulik salah satu adat kebiasaan yang biasa dilakukan oleh penduduk tanah Pasundan, khususnya daerah kelahiran tercinta ane, Sukabumi.

Terletak di kaki gunung Salak, Sukabumi merupakan daerah yang subur makmur. Selain itu, ia juga memiliki keindahan alam yang mempesona dan berjuta potensi lainnya yang membuatnya layak dinobatkan sebagai surga tersembunyi di Pakidulan.

Untuk daerah pariwisata yang super indah dan kebanyakan masih perawan, insyaallah nanti ane bahas di sesi coc regional pariwisata.

Indonesia memang terkenal oleh kekayaan budayanya. Hal ini dikarenakan nyaris setiap segala sesuatu perilaku masyarakat diatur oleh adat setempat atau bisa juga dikatakan memiliki kearifan lokal sendiri-sendiri.

Sebagai masyarakat yang berbudaya, maka sudah sepatutnya jika kita menjaga dan melestarikannya. Karena keunikan dan keanekaragamannya menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara Persada.

Kebanyakan penduduk Sukabumi berprofesi sebagai petani. Di dataran rendah, terbentang luas pesawahan nan asri. Padi, selain menjadi bahan pokok sehari-hari, menanamnya juga terbilang mudah.

[COC Regional: Kebudayaan]Panen, Penduduk Sukabumi Berterima kasih Pada Dewi Sri/Padi


Jika di dataran rendah ada sawah yang dialiri irigasi. Maka, di dataran tinggi pun ada huma yang biasa dijadikan lahan pertanian. Namun, para petani menanaminya dengan jenis padi yang berbeda. Yang dipilih biasanya jenis beras merah, karena lebih tahan tumbuh di atas tanah kering. Maklum, biasanya huma hanya mengandalkan perairan dari air hujan.

Panen merupakan saatnya para petani berpesta bersuka ria. Menikmati hasil jerih payahnya setelah menunggu selama tiga bulan.

Para leluhur tidak sembarangan melakukan panen. Ada beberapa ritual yang harus dilakukan. Salah satunya adalah Mitamiyan.

Mitamiyan adalah semacam permintaan izin pada Dewi Sri untuk memulai panen. Dewi Sri, dalam kepercayaan penduduk lokal merupakan bidadari yang menjelma menjadi Padi.

Ada pun alat yang digunakan biasanya berupa kemenyan atau dupa, bakakak(ayam masak utuh), Telur rebus
dan garam. Perlengkapan tersebut biasanya diletakkan di pematang sawah. Beberapa saat menjelang panen dilakukan.

Untuk melakukan upacara ini biasanya, ada tetua yang dipercaya untuk membacakan do'a.

Setelah panen dilakukan. Ketika padi telah digiling menjadi beras, sebelum dikonsumsi biasanya didekat sang beras diletakan hihid(kipas yang terbuat dari bambu) beserta segelas air. Hal ini dipercaya agar Dewi Sri tidak merasa kepanasan karena baru saja digiling menggunakan mesin.

Hal ini tidak perlu dilakukan jika saat mengupas kulit padi dengan menggunakan alat tradisional dengan cara ditumbuk. Alat tersebut biasa disebut lisung dan alat penumbuknya disebut Halu. Hal ini, dipercaya tidak menyakiti Dewi Sri.

[COC Regional: Kebudayaan]Panen, Penduduk Sukabumi Berterima kasih Pada Dewi Sri/Padi


Sebagai catatan, hal diatas tidak bermaksud mengesampingkan rasa syukur pada yang Esa. Juga tidak berarti memuja makhluk-Nya. Hal demikian dilakukan semata-mata untuk melestarikan kearifan lokal semata.

Demikian thread kali ini ane persembahkan untuk melestarikan adat budaya yang diturunkan para leluhur.




Sumber,
Oppri berdasarkan pengamatan disekitar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Halaman 1 dari 9
Warga Sukabumi, mana suaranya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Aku yang gak tau apa emang diem-diem bae?🤭🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Pagi2 sarapan di Sukabumi, melalui tulisan sista, pagi, morning, shobahun khairemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
alhamdulillah hasil panen melimpah ruah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wilujeng enjing sista😍 terima kasih sudah mampir😁

Quote:


Iya, alhamdulillah gan. Melimpah ruah dan barokah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Quote:


Saya bukan warga sukabumi sista, tapi thread ini keren😍

Ada beberapa point penting yg tidak boleh dihilangkan, utamanya terkait budaya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
pertahankan budaya luhur nusantara.
emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
hadeehh firstblood dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
wH wah waaah ada telor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
semoga kite gak impor beras juga semakin bagus kualitas nya dari negara orang laen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh formula1999
sukabumi yg masih banyak sawah di mana sis, sy lahir dan besar di sukabumi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Haram itu tiada olloh selain tuhan... masa sama dewi Sri... olloh wakbar gimana nanti...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febriay123 dan 26 lainnya memberi reputasi
Aku ikut ramaikan trit HT

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
bersyukur kepada yang maha kuasa. yang telah menciptakan padi untuk kebutuhan makhluk hidup.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
jadi kangen sukabumi dengan keindahan alam dan ke elokan gadis2nya. semoga sejahtera selalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 3 lainnya memberi reputasi
Mantap gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Budaya indonesia asli harus terus dilestarikan.. emoticon-Cendol (S)

masa impor terus dari arab emoticon-Mad

Kalo ada arabian yang nyinyir bilang sirik, musrik, bidah, dll kasih tau gan.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
wah apakah ini juga termasuk seren taun ? atau cuma setiap panen aja gan ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Sayang amat, mending sesembahannya dikasih orang yg amat membutuhkan.
Bukankah kalau menyenangkan orang terus orang tsb berdoa utk kebaikan kita akan di kabulkan yg kuasa???
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parutburis dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kopralicious
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya gan alhamdulillah banget seneng liat nya hehehe keren keren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wahhh iya gan budaya lokal wajib banget dilestarikan biar tetap ada
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan abdi.mustaqim memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di