CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Mengenal Si Manis yang Lucu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e63b0c1f4d695541e09b4c1/mengenal-si-manis-yang-lucu

Mengenal Si Manis yang Lucu

Kucing adalah salah satu hewan predator yang sangat ramah dan bisa diajak bersahabat oleh manusia. Wajah nya yang lucu dan menggemaskan serta tingkah laku nya yang terkadang menggelikan, tidak heran jika kucing juga termasuk hewan yang dapat menghilangkan kejenuhan dan stres. Nah, bagi kamu pecinta hewan yang sering dipanggil 'pushi' ini, ada beberapa karakteristik yang akan kita kenal dari si manis ini.  
10 FAKTA MENGENAI KUCING

1. PREDATOR TERHEBAT DI DUNIA

Kucing peliharaan atau kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies, kucing besar biasa nya kurang dari 100. Tetapi, karena ukurannya yang kecil, kucing tidak begitu berbahaya bagi manusia. Satu- satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing, dan cakaran dari kuku kucing yang sangat perih dan menyakitkan. Maka untuk itu dibutuh kan vaksin untuk si manis. setidak nya minimal sekali atau 2 kali ketika umur nya masi dibawah satu tahun.

2. KUCING TIDAK MAKAN MENGANDUNG TUMBUHAN

Beruang dan anjing terkadang memakan buah, akar, dan madu sebagai suplemen jika ada. Sementara kucing hanya memakan daging, biasanya buruan segar. Dalam penangkaran, kucing tidak dapat diadaptasikan dengan diet vegetarian kerena mereka tidak dapat mensistensi asa- asam amino yang mereka butuhkan hanya dengan memakan tumbuhan.

3. TIDAK TAHAN TERHADAP KABUT, HUJAN, DAN SALJU

Meskipun ada beberapa jenis seperti Norwegian Forest Cat dan Maine Coon yang mampu bertahan dan berusaha mempertahankan suhu tubuh normal nya, yaitu 39 derajat Celcius, dalam keadaan basah. Kebanyakan kucing tidak suka berendam di air, kecuali jenis Turkish Van.

4. MASA KEHAMILAN

Pada kucing berkisar 63 hari. Anak kucing terlahir buta dan tuli. Matanya baru terbuka pada usia 8-10 hari. Anak kucing akan disapih oleh induk nya pada usia 6-7 minggu dan kematangan produksi dicapai pada umur 10-15 bulan. Kucing dapat mengandung 4 janin loh.. karena rahimnya memiliki bentuk yang khusus dengan 4 bagian yang berbeda.

5. BERAT BADAN

Berat badan kucing antara 2,5-7 kg, dan jarang melebihi 10 kg. Bila diberi makan berlebihan, kucing dapat mencapai berat badan 23 kg. Tapi, kondisi ini amat tidak sehat bagi kucing ya.. Kucing ternyata dapat hidup selama 15- 20 tahun, kucing tertua diketahui berusia 36 tahun. 

6. PEMILIH MAKANAN

 sering kali, kucing menunjukkan perilaku memilih makanan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki organ pembau khusus di langit-langit mulutnya yang disebut organ vomeronasal atau organ jacobson. Ketika organ ini terstimulasi oleh suatu jenis makan tertentu, kucing akan menolak makanan selain makanan itu. 

7. HEWAN PEMBERSIH

Mereka sering merawat diri dengan menjilat rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadang kala, kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka. Cara tidur kucing yang lebih sering dari pada hewan lain sehingga kucing memiliki kemampuan memnyimpan energi. Lama tidur bervariasi antara 12- 16 jam per hari, dengan angka rata- rata 13-14 jam.


8. TERLAHIR TULI

Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun indra lain mereka berkembang sebagai gantinya

9. USIA PUSHI

Ternyata saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manisia loh..

10. Tahukah Anda?

Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara, bahkan yang kecil sekalipun, kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di