CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
Mengenal Apa Itu Era Industri 4.0 : Unsur Utama, Dan Dampaknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e639a07c8208470df7ef26a/mengenal-apa-itu-era-industri-40--unsur-utama-dan-dampaknya

Mengenal Apa Itu Era Industri 4.0 : Unsur Utama, Dan Dampaknya

Revolusi Industri 4.0 merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, Di Indonesia Sendiri. tidak dapat dipungkir, perlahan semua sudah beralih ke arah digital, sehingga interaksi antara manusia dan teknologi sudah tidak terelakkan lagi, semua pemenuhan kebutuhan kini sudah tersedia secara digital, mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran, akan tetapi, apakah masyarakat sudah tau dampak era revolusi industri 4.0 dan cara mengatasinya? simak ulasannya dibawah ini.

Unsur Utama Perkembangan Indrustri 4.0
Mengenal Apa Itu Era Industri 4.0 : Unsur Utama, Dan Dampaknya
Pemanfaatan teknologi merupakan dasar dari masing-masing revolusi industri, Terdapat beberapa teknologi yang menjadi unsur utama terhadap pengembagan industri konvensial menuju industri digital.
1. Big Data
Big data merupakan istilah untuk mendeskripsikan volume informasi yang besar, baik terstruktur maupun informasi tidak terstruktur, Data atau informasi tersebut bisa disusun, diolah, dianalisa, dan disimpan, Big Data sudah dimanfaatkan dalam berbagai jenis bisnis serta mampu membantu dalam menentukan arah dalam bsinis.

2. Cyber Security
Cyber Security adalah aktifitas meningkatkan keamanan untuk mencegah adanya Cyber Attack, Cyber Attack merupakan aktifitas disengaja yang menargetkan sistem informasi untuk merusak, mengubah atau mencuri ketersedian informasi, integritas, dan kerhasiaan.
3. Internet Of Think
Internet Of Think merupakan konsep dimana suatu alat fisik atau mesin yang terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga mampu mentransfer data tanpa memerlukan bantuan manusia.
4. Argumented Reality
Argumented Reality, merupakan teknologi yang mengkolabrasikan benda maya baik dua atau tiga dimensi kedalm sebuah lingkup nyata tiga dimensi kemudian memproyeksikannya dalam waktu nyata.
5. Cloud Computing
Cloud Computing merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai pusat pengolahan, penyimpanan data dan aplikasi, Tekonologi ini memungkinkan para pengguna memperoleh hak untuk mengakses atau menjalankan program melaui komputer dan jaringan internet tanpa instalasi.
Dampak Revolusi Industri 4.0
Mengenal Apa Itu Era Industri 4.0 : Unsur Utama, Dan Dampaknya
Dampak Revolusi Industri 4.0 yaitu perbincangan yang sedang hangat di Indonesia maupun di luar negeri, mereka mengacu pada revolusi teknologi yang telah diprediksi untuk secara fundamental mengubah cara kita hidup, bekerja dan berhubungan satu sama yang lain.
Teori ini mendapatkan momentum lebih lanjut setelah menjadi titim fokus diskusi di Word Economic forum baru-baru ini.
Industri 4.0 bukan hanya merevollusi prooses manufaktur, tetap juga berdampak kuat pad model globalisasi, dengan mengubah tenaga kerja dan meningkatkan kemudahan akses ke layanan.
1. Globalisasi
Perkembangan teknologi, baik di dalam maupin di luar pabrik, telah berdampak pada globalisai industri manufakur prses dimana bisnis dan organisasi lain mengembangkan pengaruh internasional atau mulai beroprasi secara internasional.
Dengan meningkatnya perdagangan dan komunikasi, semakin banyak perusahaan memperluas jangkauan mereka di darat maupun di laut. Bahkan, rantai suplai manufakur modern berpusat di sekitar globalisasi, setiap hari, barang- barang dipindahkan ke seluruh dunia padajalur pelayaran, ekspedisi kargo dan memlaui udara.
2. Mengaburkan Batasan
Di awal Industri 4,0, perusahaan menggunkan rantai pasokan jaringan data yang lebih kompleksdi seluruh dunia dalam perasi mereka, Konektivitas fisik sedang diganti dengan peningkatan jumlah tautan digital karena banyak disimpan di cloud. Di banyak perusahaan internasional, pemasok atau anggota staf bekerja dalam kelompok keci; untuk meningkatkan aliran ide, yang dapat menyebar lebih luas dengan menggunakan clud.
Beroperasi dengan cara ini dapat berarti perusahaan internasional masa depan tidak membutuhkan kehadiran fisik yang signifikan di seluruh dunia, tetapi dapat beroperasi hanya dari beberapa kelompok.
3. Kompetisi Internasional
Penigkatan konektivitas berarti perusahaan kini harus kompetitif dalam skala global dan tidak dapat mengandalakn lokasi fisik mereka untuk memenangkan bisnis, Ini berarti bahwa perushaan harus fokus pada memnuhi tuntutan konsumen yang selalu berubah.
Logistik telah datang jauh sejak penerbangan pertama di seluruh saluran, Industri 4.0 telah merevoluusi perasi bisnis baik di dalam maupun di luar pabrik, meningkatkan hubungan antara bisnis internasional dan mendorong proses globalisasi ke depan.


Baca Juga
Dikutip Dari kabarotaku.com


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di