CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Omnibus Law RUU Cipta Kerja, antara Kepentingan Investor dan Perbudakan Modern
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e638253a2d195470853c760/omnibus-law-ruu-cipta-kerja-antara-kepentingan-investor-dan-perbudakan-modern

Omnibus Law RUU Cipta Kerja, antara Kepentingan Investor dan Perbudakan Modern

Omnibus Law RUU Cipta Kerja, antara Kepentingan Investor dan Perbudakan Modern


JAKARTA, KOMPAS.com - Omnibus law RUU Cipta Kerja yang diusulkan pemerintah terus mendapatkan penolakan dari publik. Serikat buruh hingga mahasiswa ramai-ramai menyatakan penolakannya.

Mereka menilai RUU Cipta Kerja terlalu berpihak pada investor dan justru meminggirkan kepentingan masyarakat. Pasal-pasal di dalam RUU Cipta Kerja yang terdiri atas 79 undang-undang dan 11 klaster dianggap bermasalah.


Setelah surat presiden dan draf RUU Cipta Kerja diterima DPR pada Rabu (12/2/2020), pembahasan bersama pemerintah belum juga dimulai. DPR terkesan menunda-nunda pembahasan di tengah hujan kritik RUU Cipta Kerja.

Kepentingan investor

Peneliti Pusat Studi Konstitusi ( Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas Charles Simabura mengatakan, omnibus law RUU Cipta Kerja hanya menitikberatkan pada kepentingan ekonomi.

Menurut Charles, tidak ada pertimbangan keadilan dan kesejahteraan sosial dalam rancangan undang-undang tersebut.

"Ketika kita melihat bagian penjelasannya sangat ekonomisentris, bukan kesejahteraan. Jadi hanya bicara pertumbuhan ekonomi tanpa bicara keadilan sosial dan kesejahteraan," kata Charles di kantor Kode Inisiatif, Tebet, Jakarta, Kamis (5/3/2020).


Baca juga: RUU Cipta Kerja Dinilai Hanya Berpihak pada Investor, Bukan Kepentingan Masyarakat

Ia menilai kemudahan dalam aspek ekonomi yang diatur dalam RUU Cipta Kerja diberikan kepada pengusaha atau pemilik modal.

Sementara kepentingan masyarakat justru terpinggirkan.

"Kemudahannya bukan bagi warga negara yang minim akses terhadap sumber daya alam atau sumber daya ekonomi. Kemudahan diberikan justru kepada pemilik modal, kepada asing, dalam rangka mengundang investor lebih banyak. Jadi bukan kita mudah mencari kerja," tutur dia.


Charles menyoroti soal status hubungan kerja kontrak yang tidak dibatasi.

Dia mengatakan, hak-hak pekerja untuk mendapatkan jaminan kesejahteraan terancam dengan adanya ketentuan itu.

"UU ini mendorong informalisasi kerja. Kayaknya akan menciptakan lapangan kerja dan ikatan kontrak kerja yang mengarah pada informalisasi dunia kerja. Tidak ada kepastian gaji, jam kerja, tidak ada kepastian kesehatan, jaminan sosial. Relasi itu yang mau dibangun," ujar Charles.

https://nasional.kompas.com/read/202...dan-perbudakan

emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jkwselalub3n4r
Halaman 1 dari 2
TS spesialis topik buruh dan klonengan maniac pembela buruh nya emoticon-Ultah
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
seandainya buruh gak gampang demo,kerja rajin pasti gak bakal ada ginian
Halah pake narasi perbudakan segala, kalau mau penghasilan gede ya jangan jadi buruh tong, jadi pegawai negeri sana atau jadi wiraswasta ngerasain sendiri gimana rasanya punya pegawai.

Dasar bibit komunis tolol.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Face it. Emang benar begitu kan? Di kantor gw aja saling ejek ejekan budak kapitalis. Karena memang begitu. Terus kalau kalian ga mau jadi budak kapitalis di era modern ini, kalian mau jadi apa? Mau makan butuh duit toh? Udah, kalau lu masih jadi buruh, terima aja nih aturan pemerintah. Lu ngelawan = cari mati. Pemerintah punya perlengkapan lengkap. Lu bisa apa?

emoticon-Angkat Beer

Yang ga pemerintah punya itu duit. Makanya investor diundang gede gedean. Karena daya tawar mereka gede. Mereka bisa mengentaskan kemiskinan, mendongkrak ekonomi, roda ekonomi berputar, mengurangi pengangguran. Sekarang daya tawar lu sebagai buruh apa? Supply yang banyak sampai perusahaan gampang banget cari karyawan baru?

emoticon-Ngakak

Pikir baik baik

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
no coment lah...
di sini masih banyak org yg mindsetnya mudah di doktrin oleh orang2 yg gk bertanggung jawab,maaf kata kalian hanya sekedar di manfaatkan...
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
yang satu budak cuan hamba duid
yang satu lagi menang jumlah ga mo diatur

sama sama ga ada empati nya
sama sama ga ada adabnya

terus aja gitu ampe kiamat

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Saran aja mending usaha kecil2an.
Lihat 1 balasan
napa dikit2 demo sih
mending ruangkan waktu belajar bahasa inggris dengan baik dan benar

benar ga @jkwselalub3n4r ?

nanti di bully seperti #4 thread ini kan malu banget
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Terkait RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, PDIP sebagai partai wong cilik, akan membentuk tim khusus buat mengkaji RUU Cilaka tsb, hal itu dilakukan karena mereka menangkap aspirasi dari pihak buruh, dan sebelumnya Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI sudah mengatakan bahwa tidak akan buru² dalam pembahasan Omnibus Law.
profile-picture
gpandita memberi reputasi
baru tahu ane kalo kerja rodi sama romusha itu mesti bikin cv dulu
terus tunggu panggilan kerja, baru bisa jadi budak gitu yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ruuki
jangan sampe kendoremoticon-Belgia
Klo gak maw perbudakan yak ndak usah carik pegawai. emoticon-Blue Guy Bata (L)
halah kowntol, dah pindahin aja semua pabrik ke vietnam dan malaysia
Quote:


semua orang pengen penghasilan gede gan, apa mungkin semua orang jadi pns? Apa semua orang musti jadi wiraswasta? Gk mungkin lah pak... Harus ada win-win solution...emoticon-Shakehand2
profile-picture
kipasanginsegar memberi reputasi
kurang sejahtera apa lagi itu Buruh. Karawang aja UMK nya udah 4.5 juta. ga ada buruh yg miskin kecuali buruh harian. karena memang belum ada regulasi upahnya. makanya harus didukung itu pemerintah mau bikin upah per jam utk pekerja paruh waktu
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Sebut deh semua kota besar dan maju di Indonesia karena apa...
Yakin akhirnya semua berakhir pada masuknya investasi Aseng asing
Dari sini kita hrs spakat dl bahwa undnag investor itu penting


Ane sbnrnya pengen diskusi lebih dalam soal isi RUU ciptakerja ini
Tapi pernyataan serikat buruh dan pengamat selalu saja terlalu singkat, gak cukup utk bahan diskusi
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo gw sih menolak ya, pengalaman babe ane yang udah kerja di perusahaan swasta sebagai buruh selama hampir 30 tahun, tanpa kepastian untuk dipensiunkan dan kepastian jaminan atau tunjangan setelah "mengabdi"
emoticon-Cendol Gan
Quote:


Ada benernya gan :beer
mank yg namanya modal tuh turun langsung dr langit y.. klw govt yakin ma pengusaha dlam negeri y ga keluar RUU ky gni, beda tipis pengusaha asli ama sekedar makelar investor dsni
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di