CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Bangun Fasilitas TPST di Labuan Bajo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e637e6482d4957f8b0f2d57/pemerintah-bangun-fasilitas-tpst-di-labuan-bajo

Pemerintah Bangun Fasilitas TPST di Labuan Bajo

LABUAN BAJO, suaramerdeka.com - Menko Luhut Panjaitan mengatakan, khusus di Labuan Bajo, pemerintah membangun fasilitas pengelolaan berupa TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) atau Pusat Daur Ulang Pengelolaan Sampah (PDU). Melengkapi sarana ini juga diberikan motor sampah sebanyak delapan unit dan 60 unit tempat sampah tematik.

KLHK juga melakukan langkah detasering bantuan pembinaan kepada Pemda Kabupaten Manggarai Barat, melalui pendampingan penyusunan Jakstrada, edukasi pengelolaan sampah melalui PDU dan Bank sampah, pemberian 40.000 bibit tanaman dan aksi bersih pungut sampah di pantai dan laut.

"Karena sudah diberikan, tolong diperhatikan dan dijaga dengan baik. Jangan gagah hanya hari ini, lalu tidak diperhatikan. Saya juga titip, kepedulian pada sampah bisa menjadi pesan yang disampaikan di rumah-rumah ibadah. Karena sampah ini adalah masalah dan musuh kita bersama," pesan Menko Luhut dalam Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Pantai Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (6/3).

Didampingi penyanyi yang juga aktivis lingkungan, Oppie Andaresta, puluhan anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Labuan Bajo menyanyikan lagu yang berisi ajakan peduli sampah. Mereka menyanyi penuh semangat di hadapan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, yang datang bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, untuk memimpin aksi bersih pantai di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

"Buang sampah di tempatnya, hanya semudah itu. Mulai dari hal kecil, kita harus disiplin. Sampah plastik dan organik kita pisahkan, karena bisa diolah lagi. Sampah plastik kita sulap jadi barang berguna. Sampah organik jadi pupuk tanaman," begitu bunyi petikan lirik lagu.

Kehadiran anak-anak SLB ini merupakan rangkaian dari Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Berbagai agenda HPSN telah digelar di berbagai daerah se Indonesia, dan secara nasional dipusatkan di lima destinasi pariwisata super prioritas, yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Borobudur, Danau Toba, dan Likupang.

'Kami sangat berterimakasih pada Bapak Presiden Jokowi, Pak Luhut dan Ibu Siti, yang telah memilih Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi HPSN 2020. Pemerintah telah banyak memberikan perhatian yang tidak henti-hentinya pada kami. Ini menjadi sinyal kuat bagi rakyat NTT untuk bersih-bersih sampah,' ungkap Wakil Gubernur NTT, Josep Nae Soi.

https://www.suaramerdeka.com/news/na...di-labuan-bajo

Buanglah sampah pada tempatnya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Wajar lah karena kawasan wisata super premium


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di