CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e634589f4ae2f2c3e2f9931/kalista-iskandar-tak-hapal-pancasila-aktor-ini-semprot-ketua-mpr-bamsoet

Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet

Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet

Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet

Suara.com - Finalis Puteri Indonesia 2020 asal Sumatera Barat Kalista Iskandar tak hapal menyebut Pancasila secara utuh di malam final ajang kecantikan itu pada Jumat (6/3/2020) malam.

Menanggapi hal tersebut, aktor Gandhi Fernando angkat bicara di Instagram. Dia mengkritik Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai juri yang berikan pertanyaan tersebut pada Kalista.

"Bapak Bambang Soesatyo yang terhormat, coba anda yang berada di panggung penuh lampu silau di depan ribuan orang di JCC. Saya rasa tidak akan semudah itu," kata Gandhi di Instagram beberapa jam lalu.

Aktor yang juga Youtuber ini sangat keberatan Kalista diminta menyebutkan Pancasila di malam puncak Puteri Indonesia 2020. Sebab dia yakin, mereka yang sudah hapal pasti akan gugup ketika menjawab di atas panggung dan ditonton banyak orang.

Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet

"Sorry. Gue hapal mati Pancasila 5 dasar. Tapi kalo disuruh dijawab depan seluruh Rakyat Indonesia, gue yakin gue juga bakal belibet. Itu nggak fair," ungkap Gandhi.

"Kalo jawabnya bener ya biasa aja reaksi orang. Kalo jawab salah, 1 kata aja pasti fatal. Apalagi di atas panggung gugup begitu," sambungnya.

Kronologis

Momen Kalista Iskandar belibet menyebut Pancasila terjadi di babak enam besar. Bamsoet -- demikian panggilan akrab Bambang Soesatyo -- malam itu meminta Kalista untuk menyebutkan kelima sila Pancasila dalam waktu 30 detik.

"Kalista, sebagaimana kita pahami bersama, Indonesia adalah bangsa yang besar, yang memiliki 17.500 pulau, 733 bahasa. Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hapal lima sila yang terkandung dalam Pancasila," kata Bambang Soesatyo.

Pertanyaan yang dilontarkan dari Bambang Soesatyo disambut meriah oleh para penonton seisi Plenary Hall. Hal tersebut justru membuat Kalista gugup.

Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet

Kalista pun mulai menjawab. Pada sila pertam hingga ketika, perempuan berusia 21 tahun dapat mengucapkannya dengan benar. Baru pada sila ke empat Kalista salah menyebutnya.

"Kemanusiaan yang adil, kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan keadilan," ucap Kalista.

Mendengar jawaban dari Kalista, penonton langsung menyorakinya hingga membuat Kalista semakin gugup.

Kendati begitu, Kalista Iskandar tetap berusaha melanjutkan sila kelima.

"Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab," sebut Kalista saat sampai di sila kelima. Dia makin terlihat grogi, penonton pun makin riuh.

Meski begitu, Bambang Soesatyo tetap memberikan semangat untuk Kalista.

"Terima kasih Kalista, Anda layak menang," kata Bamsoet.
sumber

☆☆☆☆☆

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya.

Ketika sebuah gambar tak lagi punya makna apa-apa, ketika 5 baris tulisan tak lagi melekat didalam hati, bagaimana mungkin sebuah nilai yang terkandung bisa dijalankan?

Ketika seseorang telah berani berdiri di depan panggung, dihadapan orang banyak, dan membawa jati diri Indonesia, sesungguhnya dia telah berani berikrar, aku adalah manusia Indonesia. Lahir dari rahim Ibu Pertiwi.

Lantas bagaimana mungkin seseorang yang mengaku mewakili dirinya dan wilayahnya demi mendapat predikat tercantik di Indonesia yang nantinya akan membawa nama Indonesia, Pancasila saja tidak hafal?

Jika alasan gugup menjadi pembenaran, maka calon putri kecantikan ini tak ubahnya dengan anak kecil yang lugu dan polos, yang didepan presiden menyebutkan nama ikan tongkol menjadi ikan kont*l.

Dan seorang Bamsoet lantas bisa mengatakan bahwa wanita ini layak menang? Layak? Kelayakan apa yang menjadi tolak ukur seorang putri kecantikan yang akan membawa nama Indonesia di dunia internasional? Apakah Bamsoet mengatakan wanita ini layak menang karena mayoritas anggota dewan yang terhormat sendiri tak hafal Pancasila? Jika ini benar, maka wajarlah jika anggota dewan buta mata dan buta hati terhadap rakyat yang diwakilinya. Padahal jika saja mereka hafal Pancasila, dan mau menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, maka mereka semua akan berjalan lurus kedepan, tahu dan paham apa yang harus dikerjakan bagi bangsa ini.

Kecantikan tanpa otak adalah omong kosong. Jika hanya kecantikan yang menjadi ukuran, maka ada banyak sekali wanita cantik yang menjajakan diri setiap malam di gemerlap ibukota dan pusat-pusat kota di Indonesia. Mengapa mereka mau menjajakan diri? Karena mereka tak punya otak. Bagaimana mau bicara soal hati jika otak saja tak punya? Bagaimana mau bicara soal nilai- nilai Pancasila jika hafal Pancasila saja tidak?

□Sumpah mati gw hafal Pancasila.
■Ooooo....
Lantas kenapa tidak bisa menyebutkan dengan benar.
□Karena gw gugup didepan banyak orang. ■Oooooo...
Lantas apakah pada masa karantika tidak diajarkan memenej diri untuk tampil dihadapan banyak orang? Apakah nantinya seorang putri Indonesia akan ditugaskan ditengah lautan atau dipuncak gunung yang tak seorangpun ada?
□Bukan begitu. Pertanyaannya sulit.
■Ooooo....
Sulit? Menyebut Pancasila dengan benar sesuai urutan itu sulit? Lantas bagaimana dengan mereka yang mengaku beragama, hafal luar kepala isi Kitab Suci, tapi tak bisa mengamalkannnya dengan benar dan baik, bahkan meskipun untuk diri sendiri?
□Maksudnya?
■Maksudnya? Mereka yang hafal saja sulit untuk mengamalkan isinya, bagaimana dengan mereka yang tidak hafal? Dan kamu tak hafal Pancasila, bagaimana kamu akan mengamalkan isinya? Bahkan banyak orang mengaku Pancasilais, menyematkan lambang Pancasila, tapi kelakuan mereka tak ubahnya dengan orang yang tak punya adab.
□Jadi?
■Jadi? Sebagai seorang wanita yang telah memberanikan diri untuk mewakili Indonesia, kamu tolol. Setolol artis penyanyi dangdut yang bilang bebek nungging untuk menyebut sebuah lambang dari Pancasila. Dan cuma orang yang tidak layak menjabat pimpinan sebuah lembagalah yang menganggap bahwa kamu layak menang.

Bagaimana mungkin mengaku cinta Indonesia jika Pancasila saja tidak hafal? Yakinlah, seseorang yang mencintai itu pasti akan menaruh hal yang terpenting dari yang dicintainya didalam hati. Entah senyumnya, entah tatap matanya, entah tutur katanya.

Dan ini Pancasila. Cuma 5 baris. Tidak hafal?
Ada anggota ormas yang hafal luar kepala?

Dan ini si Gandhi Fernando yang nyemprot Bamsoet.

Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila, Aktor Ini Semprot Ketua MPR Bamsoet



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pembangkangs dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Halaman 1 dari 11
Quote:


Dari sumbar kan ??.. emoticon-Malu (S)

Ga anehlah.. emoticon-Malu (S)

Ibarat anak sekolah SD katolik d suruh sebutin rukun islam.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rahmat.hrf dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Lihat 10 balasan
Wah jadi pro kontra ya

Ane sih menyayangkan, padahal dari sarjana hukum kan?

Spoiler for barbuk:


Lah atas ane ngapain ngeband?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mows dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh night.fury95
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Ngakak


kalau alasan gugup. Ya pantes dia kalah. Wong ini ajang percaya diri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldotoraja dan 13 lainnya memberi reputasi
mulustrasi minim emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan king.soap memberi reputasi
gugup itu manusiawi bukan ?
bukan masalah hafal ga hafalnya, tp kl udh gugup apa yg di otak pasti buyar,
sila ke 1 mpe 3 dia lancar, cuma pas sila ke 4 dia keserimpet, dan ane maklumi, krn td ane iseng tes tmn ane pagi2, cm nanya iseng, dia ga gugup, tp pas sila ke 4, dia jg keserimpet, aplg kl di tny di panggung besar + di tonton banyak org
mnurut ane utk kalista ini tdk perlu di hujat berlebihan, aplg ada sentimen krn dia perwakilan dari sumbar jd ga hafal pancasila di kaitin ma provinsinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pembangkangs dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Oh....
profile-picture
profile-picture
deddhp dan rizaradri memberi reputasi
mereka n tetangga ane semua orang goblok ganemoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.LEONE. dan 5 lainnya memberi reputasi
Wadaaaww...emoticon-Hammer

Btw, tuh doi concern ke Kemanusiaan dan Adil yaaa..? emoticon-Embarrassment
Apa ada yg melatarbelakangi makanya itu mulu yg kepikiran dan terucap...emoticon-Embarrassment

"Kemanusiaan yang adil, kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan keadilan," ucap Kalista.

"Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab," sebut Kalista saat sampai di sila kelima.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Yang lebih penting nilai² yang terkandung dalam Pancasila bisa diamalkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deddhp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bedainlah gak hafal sama salah lidah... Kecuali kalo gak hafal alfatihah itu baru bingung...
profile-picture
profile-picture
deddhp dan rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Waduh payah juga ngak hapal sama sekali, duh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Semproot apanya ni gan emoticon-Big Grin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Pemilihan indonesia aja dah gu2p. Belum lagi pemilihan playgirl yang kena telanjang itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
mental tempe emoticon-fuck3 belajar manggung dlu yang pinter biar gak demam panggung, malu2in aje kek orang idiot emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan darck91 memberi reputasi
Sila 4 aja yg agak belibet buat ane,
Pas ane cek lagi trnyt ane jg gak tepat seratus eprsen kata2nya 😭


Padahal ane dl prnh ikut lomba cerdas cermat P4 wkwkwkwk

profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenandra2910 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Negara hafalan emoticon-Ngakak (S)

Yang penting hafal emoticon-Ngakak (S)

































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
A.K.Librany dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lah ni aktor siapa, kok malah salahin pertanyaan? Mw pertanyaan model apa rupa nya? Kan intinya cm pengendalian diri dan mental aja..
Dipikirnya Bamsoet ga pernah tampil d publik jg lg?
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan MUF0REVER memberi reputasi
liat ke bawah makanya kalo gugup

lagian ini kontes putri Indonesia, gugup = nilai minus

pd aja kaya yang dulu ada yang bilang Jakarta/Bali is a beautiful country emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
ini contoh persekusi menggunakan pencaksilet.emoticon-Big Grin

seolah kalau tidak bisa merapal ayat-ayat bernegara = awto-khianat.
khas orba banget, cuma orba lebih extreme, nggak ikut upacara sembah kain = awto tidak cinta negara.
kalau mau gunakan itu untuk persekusi separatis sih oke lah, tapi kalau digunakan pada warga baik-baik? dengkulmu.

seolah parameter kecintaan terhadap negeri itu sebatas pengkultusan simbol bernegara.
di negara beradab maju sana, mana ada kedunguan level beginian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davinof dan 5 lainnya memberi reputasi
sangat disayangkan finalis puteri indonesia tidak hafal Pancasila, padahal itu dasar negara. sedangkan beliau nanti yang akan mewakili negara, kalau gugup berarti memang tidak menguasai panggung. Pemenang di tuntut untuk mempunyai brain, beauty and behaviour dalam satu kesatuan.
ini bukan perkara gugup, tapi memang tidak hafal. karena saya sudah lihat cuplikannya. sila ke 4 dan 5 benar benar salah.
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan Abc..Z memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di