CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diskon Pesawat 50% Soal Corona Dianggap Aneh, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e631438f4ae2f26c816ac01/diskon-pesawat-50-soal-corona-dianggap-aneh-kok-bisa

Diskon Pesawat 50% Soal Corona Dianggap Aneh, Kok Bisa?

Diskon Pesawat 50% Soal Corona Dianggap Aneh, Kok Bisa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memberikan diskon harga tiket pesawat sebagai langkah dalam melawan dampak negatif virus corona COVID-19 pada sektor pariwisata Indonesia. Diskon ini akan berlaku dalam tiga bulan ke depan.

Menanggapi hal ini, Ekonom senior Faisal Basri mengatakan jalan keluar menghadapi virus corona bukan dengan memberikan diskon tiket pesawat, karena pada dasarnya orang-orang menahan untuk pergi. Faisal mencontohkan banyak agendanya yang mestinya dirinya hadiri di luar kota namun dibatalkan.

"Jadi tidak bisa dan saya rasa di seluruh dunia tidak ada yang kasih diskon pesawat, karena otomatis pesawat itu harganya sudah turun. Ke Singapura cuman Rp 1 juta, ada yang Rp 300 ribu. Jadi merasa aneh aja gitu ya," terangnya, Jumat, (6/03/2020).

Faisal menyebut hal paling penting dalam menghadapi virus corona adalah dengan dengan respons kebijakan kesehatan publik yang kuat. Tidak cukup dengan hanya menghimbau masyarakatnya menjaga kesehatan dan stamina.

"Paling penting untuk menghadapi corona ini adalah strong public health policy response. Bayangkan simpang siurnya pemberitaan," imbuhnya.

Mulai bulan Maret, April, dan Mei 2020 akan diberikan diskon tiket pesawat yang berkisar 45% hingga 50%. Namun kuota diskon ini hanya 25% atau 430.000 seat dari total kapasitas maksimal tiap penerbangan per harinya.

Skema diskon harga tiket pesawat ini adalah voucher dikeluarkan pihak airlines yang kemudian di reimburse ke direktorat angkata udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Setelah tiket diskon terjual maka harga kembali normal.

"Kita tahu bahwa masyarakat dunia pariwisata membutuhkan suatu support. Karenanya Pak Presiden [Jokowi] secara langsung memimpin 2 kali ratas [rapat terbatas] dibahas bagaimana memberikan kemudahan turis domestik ke 10 destinasi," kata Budi Karya, Menteri Perhubungan dalam konferensi pers, Sabtu (29/2/20).

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-aneh-kok-bisa
Halaman 1 dari 2
di kasih diskon mlh protes? emoticon-Leh Uga
Lihat 2 balasan
gak aneh lah biar laku
Ini ada benarnya sih. Kebijakan yg aneh dan kenapa malah di-reimburst ke negara? Justru lebih baik anggaran untuk diskon ini dialokasikan ke "kebijakan keamanan terbang". Misalnya pembagian masker/ sarung tangan gratis, penyediaan sanitizer, disinfektan, alat monitor medis dll. Jadi calon penumpang merasa aman untuk terbang.
Diskon Pesawat 50% Soal Corona Dianggap Aneh, Kok Bisa?
Tujuan pemberian diskon tiket pesawat merupakan upaya Pemerintah mendorong bergairahnya wisatawan melakukan perjalanan wisata ke 10 rute destinasi unggulan seperti Bali, Lombok, Batam, Malang, Manado, Silangit - Danai Toba, Tanjungpinang, Yogyakarta, Labuan Bajo termasuk Belitung.

Dikutip langsung dari kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan 50 persen tersebut berasal dari Pemerintah, AP I dan II, Airnav Indonesia dan Pertamina.

"Jumlah yang akan mendapat diskon sekitar 430.000 orang," kata Budi, Sabtu (29/2/2020).

Dalam keterangan pers Kementerian Perhubungan, diskon tarif diberikan kepada 25 persen dari total jumlah penumpang dalam satu penerbangan dari dan ke 10 Destinasi tersebut.
harusnya masih ada sampai ujian skb
Diskon Pesawat 50% Soal Corona Dianggap Aneh, Kok Bisa?
profile-picture
ZenMan1 memberi reputasi
agak aneh sih kl dipikir pikir
Disaat sepi dan kosong orang pada menghindari jalan-jalan/wisata adalah saat yang tepat buat berwisata sebenarnya.

- Bisa dapat kamar2 yang wortherd sesuai harga dan bisa pilih (ga sesak rebutan kamar)
- Pas musim hujan saat padi2 hijau segar
- Tempat lokasi yang sepi pengunjung jadi foto2 dan berdokumentasi bisa maksimal
- Jalan2 juga ga terlalu macet

Lo ga mau kan macet2 di lembang atau rebutan foto background bromo yg penuh sesak orang.

Kekurangannya pas musim hujan cuma viewnya kadang kehalang awan atau kabut serta bencana2 dadakan yang harus diwaspadai macam longsor atau banjir.

kalau ini mah ane ngerti. soalnya airline pada rugi karena penumpang semakin sedikit. makanya di diskon supaya setidaknya orang2 jadi mau beli . strategi wajar ini mah. daripada kosong ,mending isi walau dikit.
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
bisnis pariwisata juga kena imbas nya, di daerah wisata juga lesu ekonominya karena berkurangnya turis,dunia penerbangan jg pasti yg paling pertama kena imbasnya, makanya diskon ini d berikan...ya kalo emang tkt dan ga mw pergi kmn2 ya mending diem aja napa...
emang ada negara yang totaly ShutDown perbatasan (bandara / pelabuhan) ya...??


seriusan nanya...!!!
Lihat 3 balasan
barusan naik pesawat .... mana ada diskon
profile-picture
rakooon memberi reputasi
Buat agan2 yg memandang negatif ttg kebijakan ini, reimbursement dr pemerintah semata dukungan agar industri pariwisata (termasuk penerbangan, hotel, agen travel, dll) tidak kolaps..

Laporan dr Bali, bandara IGNR sangat sepi, tingkat hunian hotel memprihatinkan, banyak staf hotel/travel agen yg diatur shift2an / dirumahkan..

Klo kondisi kaya gini berlangsung sampai beberapa bulan ke depan, PHK massal paling mungkin terjadi.. Klo sudah segawat itu makin menjadi2 amunisi kadrun utk demo pemerintah..

God bless my country..
strong public health policy response - sok inggris lu sal

konkritnya aj suruh ngapain? apa ga mau ngasih? takut dicontek? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
xdayxxx dan rajkapoor memberi reputasi
si faisal ini kalo gak salah jaman pilpres periode 1 jadi bagian tim hore tapi sampe sekarang gak pernah kebagian jabatan ,tanya kenapa ?
ama pemerintah didukung buat disebarkan tu virus ke seluruh penjuru negeri emoticon-Ngakak

tai emoticon-fuck

Secara mental soalnya susah warga sini. Kalo sakit di kerok dulu, kalo flu kaga maskeran kemana2, kondangan dsb.

Mending bikin denda aja yang flu ga pake masker jalan2 kenain pidana emoticon-Ngakak
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
Diubah oleh ichachi
Jadi intinya, di luar sedang ada pandemik, atau dikhawatirkan akan terjadi pandemik... lalu pemerintah akan menawarkan diskon tiket pesawat...

Mungkin daripada disebut wisata lebih tepat disebut petualangan kali ya...
faisal ini bukan ahli ekonomi
napa bahas corona
soal diskon 50% tiket itu upaya supaya pariwisata tetep bisa jalan

juga masyrakat sudah cukup diberi edukasi tentang cara pencegahan dan bahaya corona
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di