CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Mengapa Smartphone Mudah Panas?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e630d4365b24d60803e71d2/mengapa-smartphone-mudah-panas

Mengapa Smartphone Mudah Panas?

Ponsel cerdas atau Smartphone saat ini adalah salah satu kebutuhan yang nyaris "primer" bagi setiap orang, bagaimana tidak hampir semua orang dari berbagai kalangan dan tak terkecuali mempunyai smartphone.
Meski demikian banyak dari mereka yang tidak memahami kondisi smartphone miliknya, berbagai pertanyaan sering terlontar dari sang pemilik smartphone. Salah satu dari beribu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah "mengapa handphone saya cepat panas?". 

Permasalahan ini yang dapat memperpendek usia smartphone kamu, selain membuat kita menjadi tidak nyaman karena tangan merasa panas hal tersebut juga dapat merusak handphone kamu.

Berikut ini Team Itu Pintar! telah merangkum penyebab dan cara mengatasi jika Smartphone kamu mudah panas, yuk simak.

1. Baterai Yang Bermasalah
Penyebab  hp mudah panas bisa kamu ketahui dengan cara memegang bagian hp mana yang terasa panas, jika bagian belakang sudah jelas penyebab utamanya adalah baterai yang rusak dan menurun fungsinya. Jika baterai sudah rusak maka hp akan lebih cepat panas dibanding baterai yang baru. Nahhh solusi yang tepat dan mudah adalah bawa ke tukang servis untuk segera ditangani dan mintalah untuk ganti baterai.
2. Charger Yang Bermasalah
Jika bagian hp yang mudah panas berada dekat port charger, maka penyebab hp mudah panas adalah karena charger yang bermasalah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp akan memberi daya bisa lebih tinggi bisa juga lebih rendah dari yang dibutuhkan. Karena arus tegangan yang diterima tidak sesuai  akan menyebabkan hp cepat panas meski baterai sudah terisi penuh. Solusi yang tepat  adalah dengan mengganti cahrger dengan yang original atau memiliki output sesuai dengan yang dibutuhkan.
3. Menggunakan Smartphone Saat di-Charger
Menggunakan hp saat sedang di charger akan menyebabkan kinerja baterai lebih berat dan membuat hp mudah panas. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan akan menyebabkan baterai lebih cepat menggembung  bahkan bisa meledak. Oleh karena itu kamu bisa menunggu sampai baterai terisi penuh atau bisa mematikan daya hp saat mengecas.
4. Lupa Mematikan Mode "Overclock"
Ada beberapa tipe terbaru atau hp gaming dibekali fungsi overclock yang bertujuan untuk memacu performa processor agar bisa bekerja lebih kencang. Jika mode overclock terus menerus digunakan akan membuat processor mudah panas dan daya baterai terkuras lebih cepat. solusi yang bisa kamu lakukan yaitu jangan sampai lupa mematikan mode overclock jika tidak digunakan.
5. Penggunaan Casing Yang Ketat
Penggunaan casing silicone atau casing yang terlalu ketat juga bisa jadi penyebab hp mudah panas karna dapat menghambat sirkulasi udara. Jika suhu hp meningkat karena terlalu lama digunakan casing akan menghambat panas keluar dari hp. Untuk menghindari hal ini agar tidak terjadi cermatlah memilih casing yang tidak terlalu tebal dan tidak menutup seluruh permukaan hp.

#smartphone #rusak #suhupanas #casing


https://itupintar.blogspot.com/2020/...ah-panas.html

profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
ternyata gitu ya gan, hp ane juga belakangan ini sering panas
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan itupintar memberi reputasi
Overclock itu bisa di liat dimna ya gan?

Tambahan dari ane, smartphone sekarang banyak yang dipaksa buat main game online dengan setingan maksimum padahal smartphonenya kurang memadai untuk setingan itu. jadinya si smartphone bakal maksimalin performanya dan bikin suhunya cepet naik alias cepet panas.
profile-picture
profile-picture
shoyusushi dan itupintar memberi reputasi
oo gitu, masukan juga sih ini gans emoticon-Jempol
profile-picture
itupintar memberi reputasi
karena modal smart saja tidak cukup, perlu juga dg kesabaran dan ketabahan hati biar tidak cepat panas
profile-picture
itupintar memberi reputasi
Nice info gan.emoticon-Jempol
baru tau tuucch ane ada teknologi namanya "overlock"..... dan cuma ada di hape hape gaming doank yach gaaan....??
Quote:


wkwkwk beneerrr... sama kayak manusia gaaann... sepintar pintarnya sebuah gawai mereka juga butuh istirahaaatt.... jangan dipakein baju ketat ketat... jangan disuruh panas panasaaan... ya gerah doonkk
kesalahan yg sering dilakuin itu yaa waktu ngecharger sambil buat mainan.. sering bgt disepelekan ama orang²
kebiasaan ane banget nih, pake hape pas di charger...
battery panas + bocor pula... lengkap sudah hehehe
casing nih, biasanya sering banget terus udaranya aliran ga stabil jadi bisa cepet panas gan
karena banyak aplikasi kah?
profile-picture
ampekduo memberi reputasi
mantab nih gan jadi tau ane kenapa hp ane sering panas, tapi kayaknya batrainya udah minta ganti haha
biasanya kalo terlalu sering dimainin sih, udah gitu layar nya terang
karena sinyal busuk bikin panas juga
bila panas letakan di lantai aja langsung dingin
selain penyebab penyebab ini, sinyal juga jadi salah satu penyebab, biasanya jika sinyalnya kurang baik smartphone akan bekerja lebih ekstra untuk menangkap sinyal sehingga akan meningkatkan suhunya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di