CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Sports / ... / Berita Olahraga /
Pencegahan Virus Covid-19 Corona & Manfaat Vaksinasi Terhadap Atlet-Atlet Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e628724349d0f6cac2e10fe/pencegahan-virus-covid-19-corona-amp-manfaat-vaksinasi-terhadap-atlet-atlet-nasional

Pencegahan Virus Covid-19 Corona & Manfaat Vaksinasi Terhadap Atlet-Atlet Nasional

Pencegahan Virus Covid-19 Corona & Manfaat Vaksinasi Terhadap Atlet-Atlet Nasional

Pentingnya Vaksinasi Influenza Bagi Atlet Indonesia Untuk Performa Optimal Jelang Pertandingan

  - Salah satu penyakit menular yang umum menyerang atlet adalah influenza.
  - Penularan virus influenza sangat mudah terjadi melalui udara (aerosol), percikan ludah (droplet), dan kontak Iangsung dari seseorang yang Iinfeksius.
  - Vaksinasi Iinfluenza dibutuhkan para atlet agar bisa terhindar dari penyakit infeksi virus influenza yang dapat mempengaruhi prestasi, stamina, dan performanya pada saat menjalani berbagai pertandingan.



Jakarta, 6 Maret 2020 - Pusat Pengembangan llmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Satgas lmunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), didukung oleh Sanofi Pasteur Indonesia berkolaborasi untuk berbagi informasi mengenai pentingnya vaksinasi influenza pada atlet untuk meningkatkan imun tubuh yang optimal melalui konferensi pers "Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Manfaat Vaksinasi Atlet". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang perlindungan bagi para atlet dari berbagai paparan virus yang sedang banyak terjadi sehingga prestasi, stamina dan performanya tetap optimal menjelang berbagai pertandingan.

Setiap orang termasuk atlet yang menjalankan gaya hidup sehat sekalipun, berpotensi terpapar virus influenza. Partisipasi atlet dalam berbagai pertandingan olahraga menyebabkan semakin mudahnya penyebaran penyakit menular melalui beberapa cara seperti saat melakukan kegiatan bersama, menggunakan peralatan Olahraga yang sama, berada di ruangan berkumpul dan berlatih serta saat atlet melakukan
perjalanan ke daerah-daerah yang berisiko.

Bila dilihat secara fisiologi atlet adalah seseorang yang melakukan suatu aktivitas fisik yang berat, sehingga harus ditunjang dari segi gizi maupun daya tahan tubuh.  Saat diserang beberapa penyakit, terkadang tubuh tidak dapat menangkal penyakit tersebut secara optimal, sehingga dibutuhkan zat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Zat tersebut dapat berupa vaksin.

Tentang Influenza dan COVlD-19

Influenza merupakan penyakit infeksi saluran napas yang mudah menular yang disebabkan virus influenza yang beredar di seluruh dunia. Penularan virus sangat mudah terjadi melalui udara (aerosol), percikan ludah (droplet) dan kontak langsung dari seseorang yang infeksius. Sedangkan COVID-19 yang disebabkan oleh coronavirus baru adalah virus yang berbeda, namun mempunyai gejala yang mirip.

Berdasarkan data WHO, diperkirakan hingga 5 juta kasus influenza terjadi tiap tahun dan hingga 650.000 kematian akibat influenza setiap tahun, sedangkan COVlD-19, berdasarkan data WHO, sekitar 90.893 kasus dilaporkan terjadit dan 3,4% dari mereka dengan kasus yang dikonfirmasi telah meninggal.

Jenis vaksin infiuenza

Ada beberapa jenis vaksin yang dianjurkan bagi para atlet agar dapat menjalankan
latihan dengan baik dan tentunya dapat meningkatkan prestasinya. Jenis vaksin yang dianjurkan untuk atlet misalnya kolera, tetanus, hepatitis dan influenza.

Penyakit influenza sering disamakan dengan selesma, karena sering terjadi sehari-hari  dan umumnya dapat pulih dengan sendirinya. Tetapi bagi atlet, influenza akan sangat merugikan karena dapat menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak dapat berlatih dengan normal. Selain itu, risiko besar terjadi penularan kepada atlet lain, sehingga dapat merugikan tim secara keseluruhan.

Manfaat vaksinasi influenza bagi atlet :

Vaksinasi influenza merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang efektif untuk menghindari terjangkitnya penyakit infeksi virus influenza, mulai dari anak, orang dewasa hingga orangtua. Vaksin Influenza disarankan terutama bagi atlet yang hendak bepergian ke berbagai daerah, saat musim panas atau dingin, kontak dengan masyarakat atau rekan atlet lainnya.

Dr. Benget Saragih, M.Epid, Kepala Sub. Direktorat Karantina Kesehatan, Direktur Jenderal  P2P Kementerian Kesehatan RI, mengatakan,
  ”Setiap atlet yang akan berangkat bertanding dan melakukan perjalanan keluar
negeri, dianjurkan diberikan vaksinasi tertentu, termasuk vaksinasi influenza. Tujuan vaksinasi adalah mencegah pelaku perjalanan terkena infeksi penyakit menular ditempat tujuan, dan mencegah pelaku perjalanan membawa penyakit menular dari tempat tujuan pulang kembali ke tempat keberangkatan, ujarnya.

Berdasarkan rekomendasi dari WHO, vaksinasi tahunan adalah cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi virus influenza. Manfaat vaksinasi influenza bagi atlet adalah sebagai berikut :

- Memberikan perlindungan bagi individu atlet terhadap infeksi virus influenza :
   1. Dapat mengikuti pelatihan yang diperlukan dengan optimal (terhindar dari absen karena terkena influenza).
    2. Menjaga performa.
    -3. Tidak tertular maupun menjadi sumber penularan virus influenza.

Memberikan manfaat bagi prestasi tim :
  1. Bila ada seorang anggota tim menderita influenza, prestasi tim dapat terganggu.

Joselito Sta. Ana, MD, Country Chair Sanofi Indonesia dan General Manager Sanofi Pasteur Indonesia, mengatakan,

“Sanofi Pasteur bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memberikan pemahaman tepat mengenai berbagai penyakit menular yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Kami pun menyambut baik kerja sama dengan Pusat Pengembangan Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Satgas Imunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) untuk mendukung memberikan perlindungan kepada para atlet Indonesia dari influenza sehingga mereka bisa mencapai performa optimal. Hal ini sesuai dengan misi utama Sanofi sebagai mitra kesehatan terpercaya yang menyediakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi sehingga semua orang, termasuk atlet, dapat menjalani hidup yang berkualitas.”

Cara pemberian dan efektivitas vaksin influenza

Vaksin influenza diberikan dengan suntikan intramuskular.

Imunitas yang didapatkan melalui vaksinasi influenza inaktif bertahan selama satu tahun, karena itu perlu diberikan vaksinasi influenza ulangan setiap tahun. Efektivitas vaksinasi bergantung pada kemiripan galur (strain) vaksin dengan virus yang beredar dan usia serta status kesehatan individu yang diimunisasi.

Imunisasi influenza efektif melindungi sampai dengan 90% individu sehat berusia kurang dari 65 tahun yang telah menerima vaksin ketika galur dalam vaksin sama dengan virus yang beredar. Vaksin influenza kuadrivalen merupakan salah satu cara untuk perlindungan terhadap influenza yang lebih optimal dan sudah tersedia di Indonesia.

Bapak Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengatakan,
“Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, manfaat vaksinasi bagi atlet, dapat mengantisipasi penggunaan doping bagi atlet. Doping selain merusak tubuh juga merusak prestasi atlet.”

Bapak Dr. Haryono, SpPD, FINASIM., PPITKON Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang sangat mendukung pemberian vaksinasi influenza bagi para atlet menjelang berbagai pertandingan olahraga termasuk olimpiade menambahkan,
“Di Kemenpora, kami memiliki lima program prioritas di 2020-2024. Di antaranya, pemasalan dan pemasyarakatan olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat serta pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan. Menjelang Olimpiade, kami mendukung penuh partisipasi para atlet Indonesia agar dapat memberikan performa terbaik saat berlaga di berbagai pertandingan. Maka, kami mendorong para atlet agar memiliki gaya hidup yang sehat, termasuk melakukan vaksinasi untuk memberikan perlindungan diri dan mencegah penyebaran penyakit menular.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di