CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Medan /
[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e619c7d4601cf46877475a8/coc-regional--makanan-tradisional-lezatnya-mie-gomak-spageti-ala-batak

[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak

[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak



Kota Medan dikenal dengan kuliner yang selalu mampu menggetarkan lidah. Beragam makanan tradisional sangat banyak yang bisa kalian temukan di sini. Pastinya selalu memberikan kebahagiaan ketika menyantapnya, beberapa makanan memiliki ciri khas dengan bahan atau bumbu tertentu. Salah satunya Spageti Batak alias Mie Gomak. Makanan yang berbahan mie ini memiliki ragam olahan yang bikin lidah bergoyang.


Assalamualaikum wr wb

Selamat datang di thread ane yang sangat sederhana ini. Apa kabar semua Sahabat Kaskus, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini ane akan mengenalkan salah satu makanan tradisional dari Medan Sumatera Utara. Makanan yang cukup rekomend dan telah menyebar ke seluruh penjuru daerah. Siapapun pasti pernah membuat dan memakan makanan satu ini, di samping rasanya yang lezat. Cara pembuatan dan mengolahnya juga sangat mudah. Yakni, mie Gomak, pastinya sudah tidak asing, ya dengan makanan satu ini.


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Mie Gomak



[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak



Mau mencicipi Spageti? Ini dia Mie Gomak, Spageti ala Batak yang merupakan makanan khas Sumatera Utara. Makanan khas Suku Batak tepatnya, karena berasal dari Balinya orang Medan, yakni Balige suku Batak Toba. Makanan ini sering dipertanyakan halal tidaknya, tenang saja, makanan ini jelas halal, ya. Cara mengolahnya yang menjadikan tidak halal. Misalnya dengan campuran daging babi, karena makanan ini akan sangat enak dicampur dengan daging. Bagi kalian yang mengharamkan daging babi, bisa menggantinya dengan daging ayam, daging sapi, dan juga udang basah.



Mie Gomak dikenal sebagai Spagetinya orang Batak. Rasanya nikmat, lezat tiap kunyahan. Mie Gomak bisa disantap dengan nasi atau tanpa nasi. Lebih baik sih tanpa nasi, ya. Karena mie ini sudah sangat mengenyangkan. Pagi hari mie gomak ini sudah banyak dijual di pinggiran kota Medan, sebagai makanan sarapan. Selain enak, harganya juga tidak terlalu mahal. Harga mie gomak biasanya sekitar lima ribu sampai lima belas ribu. Tergantung dengan campuran mienya. Ada yang hanya dicampur dengan sawi, udang basah, suiran ayam, daging atau baso.



[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak



Mie gomak memiliki ragam olahan yang menggiurkan. Beberapa cara memasaknya bisa dengan digoreng kering, dicampur tauco terong hijau, dengan siraman kuah santan yang sudah dimasak dengan bumbu, siraman bumbu kacang atau nyemek-nyemek kata orang Jawa.



Bahan mentah dari mie gomak ini adalah mie lidi, jika dimasak kuah santan, ada bumbu khas yang tak boleh ketinggalan. Yakni, andaliman atau dikenal dengan mericanya orang Batak.



Mie Gomak Goreng


[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak



Makanan ini sekilas mirip dengan mie aceh. Mie lidi ukurannya lumayan besar setelah direndam dan dimasak, berbeda dengan mie aceh yang memiliki ukuran sedikit kecil. Biasanya saat tidak selera makan, ane sangat suka memasak mie gomak goreng. Ane terbiasa memasak dengan dua macam olahan. Mie goreng kering dan nyemek-nyemek. Keluarga ane termasuk keluarga besar, kalau sudah buat makanan pasti lumayan banyak porsinya, apalagi memasak makanan satu ini. Tak jarang kalau memasak ini biasanya tetangga sekitar akan kebagian ikut makan. Selain hasilnya setelah masak sangat banyak, karena mie menjadi mengembang. Mie ini juga cukup mengenyangkan.



Mie Gomak Kuah Santan



[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak



Mie gomak satu ini rasanya sangat nikmat, perpaduan rasa asam dan pedasnya andaliman. Menjadikan makanan ini terasa lebih gurih. Ane jarang memasak olahan seperti ini, selain cara memasak dua kali, yakni mie dan kuah santan. Bumbu seperti andaliman juga hanya ada di pasar, jarang tersedia di warung kecil dekat rumah. Kalau sangat ingin, biasanya ane membelinya saja. Lebih praktis dan banyak dijual di pinggiran jalan setiap pagi hari sebagai menu sarapan.



Mie Gomak Bumbu Kacang
[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak

[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak



Olahan makanan satu ini lumayan bikin nagih, mie gomak goreng disiram dengan bumbu kacang. Apalagi kalau bumbu kacangnya lumayan banyak kencurnya, semakin terasa sempurna. Setiap sore ane sering beli ini, dan entah kenapa, tidak pernah bosan dan selalu membelinya.



Mie Gomak Kuah Tauco


Tauco punya orang Medan pasti sudah kenal dong, ya. Ya! Tauco Medan sangat terkenal, dengan campuran terong hijau yang berukuran bulat kecil dan udang basah. Jangan tanya gimana rasanya kalau bercampur dengan mie gomak.
Marsotol do mada na mangani, gurgur hodokki kata orang Batak. Artinya terasa sedap makan sampai keringat bercucuran.emoticon-Ngakak


Bagaimana Sahabat Kaskus, pernah makan mie gomak, belum? Kira-kira perut kalian sudah meronta karena selera belum, ya. Kalau ke Medan, jangan lupa ya mencicipi Spageti ala Batak ini. Mudah kok mendapatkan makanan satu ini, setiap pagi selalu ada yang menjual sebagai menu sarapan. Begitu pula sore hari. Olah sendiri juga sangat mudah, tinggal search saja di Gugel cara pembuatan. Semoga bermanfaat dan bahagia. emoticon-Jempol



Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih

emoticon-Cipokemoticon-Cipok




Sumber : Opri
Referensi : Mie Gomak
Gambar : Fb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gitapratiwi30 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Halaman 1 dari 15
Spageti Ala ala ala Batak nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Singgah Sahabat Kaskus, udah makan belum?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 4 lainnya memberi reputasi
wow bikin ngeces nih pagi-pagi 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hu'um. Jan lupa ilap incesnya, Kak. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


emoticon-Bettytengkyu dan semangat emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan Katakhoi memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Beuhhhh, mantap tuh kayaknya. 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mudah buatnya dik. Cocok untuk makan rame2 satu kosemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Cocok banget sih kayaknya. Apalagi siang2 gini, mantap tuh. 🤤
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Cuss buat gihemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Akak sendiri pernah coba mie apa? emoticon-Big Grinemoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Mie semuanyaemoticon-Ngakak maklum pecinta mie. Asal jangan Indomie
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Mantap dahhh. Btw, kenapa sama indomie? emoticon-Bingung
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Beda dik
Indomie lebih keci
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan farell6005 memberi reputasi
Bikin laper😋😋😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Cuss buat atuhemoticon-Jempol mudah bingit inih
profile-picture
Tetysheba memberi reputasi
Mie Gomak, namanya diambil dr cara menyajikan nya yang diambil dengan cara "mengGomak" pakai tangan langsung.
Ini sih jaman dulu dan kelihatan gak steril.
Tapi sekarang udah beda kok.
Rasanya juga gak kalah sama masakan barat kembarannya.
Malah enakan mie gomak sih menurut ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan 4 lainnya memberi reputasi
wow mantaps mienya
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Hu'um. Spageti manis

Quote:


Bangeet mantabnyaemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan Katakhoi memberi reputasi
Mie gomak bumbu kacang tu yang aku suka, Bibik pecal naik sepeda keliling kampung rasaku yang paling enak mie gomak bumbu kacangnya
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di