CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Bandung /
[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e619a3568cc954289492dd1/coc-regional--makanan-tradisional-kelezatan-tahu-bandung-yang-istimewa

[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa

Tahu Bandung, kuliner tradisional yang tak lekang oleh jaman


Assalamualaikum Agan dan Sista di seluruh regional Indonesia, jumpa lagi dengan ane, VitaArkana yang tak patah semangat mengulik sisi Bandung. Kali ini, ane kembali membahas tentang kuliner. Mengapa kuliner? Karena tema kuliner itu gak ada habisnya untuk di ulik.


Jika Gansist berasal dari luar kota berkunjung ke Bandung, kira-kira oleh-oleh apa yang akan dibeli untuk buah tangan ke tempat asal? Pasti akan sangat bingung, saking banyaknya yang bisa dibawa. Nah, saat membeli yang kita incar adalah sesuatu yang khas kota Bandung. Salah satunya adalah Tahu Bandung. Meski Tahu Sumedang lebih dulu terkenal karena kelezatannya, namun Tahu Bandung juga tak kalah lezat.


[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
Sumber : negerikuindonesia.com


Tahu Bandung sangat tersohor, citarasanya yang gurih dan enak, ditambah tekstur yang lembut dan lumer di mulut sangat membuat kita ketagihan. Tahu kuning dan Tahu putih adalah dua jenis Tahu Bandung yang paling laku dipasaran, meski ada juga jenis Tahu kulit dan Tahu bulat. Hal itulah yang membuat Tahu Bandung istimewa dan dianggap berbeda dengan Tahu di daerah lain. Sayangnya tahu Bandung tidak bertahan lama jika dibawa ke tempat yang jauh. Itu dikarenakan Tahu Bandung tidak mengandung bahan pengawet. Bahkan, jika kita membeli Tahu Bandung langsung di pabriknya, kita dapat langsung mengkonsumsinya tanpa harus dimasak, karena Tahu baru saja matang dari proses pengolahannya.


Tahu berasal dari Tiongkok. Menurut Wikipedia, Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Diperkirakan Tahu sudah ada di Nusantara pada abad ke 10, tapi hanya untuk kalangan elit saja.


Tahu kaya akan protein dan rendah sodium, kolesterol dan kalori. Tahu terbuat dari kedelai sehingga baik untuk kesehatan. Tak heran jika Tahu dianggap sebagai makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bagi beberapa orang yang sedang menjalani diet, Tahu seringkali dianggap sebagai bahan makanan pengganti nasi yang mengenyangkan.

[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
Sumber : kulinermama.com


Nah, jika Agan dan Sista berkunjung atau berwisata ke kota Bandung, Tahu sangat gampang ditemui. Biasanya dijajakan oleh para penjual keliling dengan menggunakan motor, atau pada kios di setiap pasar di penjuru kota Bandung. Tetapi ada juga gerai Tahu yang cukup menarik tempatnya.


Ada beberapa daerah pembuat Tahu yang cukup terkenal di Bandung. Yang paling dikenal antara lain :


1. Tahu Cibuntu
Cibuntu merupakan suatu daerah di kelurahan Warung Muncang, Kecamatan Bandung Kulon kota Bandung. Lokasinya dekat dengan pintu tol Pasir Koja. Di daerah ini adalah sentra pengrajin Tahu. Diperkirakan ada 60 pelaku usaha Tahu yang turun temurun dari generasi ke generasi. Ciri khas Tahu Cibuntu adalah tekstur lembut dan warna kuning alami dari kunyit. Citarasa Tahu ini masih tradisional dan original.


[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
Sumber : pikiranrakyat.com


2. Tahu Lembang
Lembang adalah suatu kecamatan yang masuk di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Masih satu daerah dengan ane, nih. Tahu Lembang ada dua jenis, yaitu Tahu susu dan Tahu mentega. Sesuai namanya Tahu susu menambahkan susu dalam pengolahannya. Sementara Tahu mentega menggunakan mentega untuk rasa gurih dan asin, bukan menggunakan garam seperti pada umumnya. Tekstur kedua Tahu ini sangat lembut, jika digoreng terasa padat didalam namun penuh berisi dan garing di luar. Berbeda dengan Tahu Sumedang yang cenderung tidak padat atau kopong di dalamnya.


[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
Sumber : PergiKuliner.com


Tahu Lembang lebih mahal daripada Tahu Cibuntu, tekstur juga lebih lembut dan halus. Biasanya Tahu Lembang dikonsumsi dengan cara yang lebih sederhana yaitu digoreng saja. Namun tahu Cibuntu juga tak kalah enak, hanya saja berbeda pada tekstur. Tahu Cibuntu sangat enak juga jika diolah dengan aneka bumbu. Pokoknya apapun masakannya Tahu tetap enak.


Jika berbicara tentang Tahu Bandung tak akan ada habisnya, aneka olahan dapat dimasak dengan bahan utama Tahu. Tak perlu dengan bumbu dan cara pengolahan yang rumit, hanya digoreng dan dicocol kecap atau dengan cabai rawit saja rasanya sudah luar biasa.


Demikian thread dari ane tentang Tahu Bandung. Semoga bermanfaat untuk Agan dan Sista semua. Sampai ketemu di thread ane selanjutnya.


Wassalam
Hatur Nuhun


[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ginanisa7 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 12
kuliner lagi gaes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
Ayo cari tahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
yang paling atas kelihatan menggoda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya kak. Tahu emang enak menggoda. Gendut2 dan empuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gendut dan empuk
Kek aku 😁🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wahhhh sama duoooong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Tahu sumedang oh tahu sumedang, jadi inget mantan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
encielh dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mantannya orang sana ya
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ummusaliha memberi reputasi
Quote:


😁 gitu deeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
tahu cairo paling juara di cairo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
mantep sih tahu bandung. dia teksturnya lembut dan berisi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
apakah tahu bandung juga sekenyal awewenya ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
pejwan kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Masi kalah lah kalo dibanding mojangnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan ummusaliha memberi reputasi
Jadi inget dulu beli tahu di pabrik tahu deket rumah, 1000 rupiah dapet 10 biji masih anget anget, di makan langsung enak bgt jir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ini lah salah satu kekayaan citra rasa bandung, pokok mantap pisan lah bandung mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
wih ane doyan banget tahu nih, dikocok2 pake telor...beuhhhh mantaaapp



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di