CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / DKI Jakarta /
[COC Regional: Makanan Tradisional] Babanci, Sayur 'Banci' Dengan 3 Rempah Langka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5ecf4d018e0d57562b009f/coc-regional-makanan-tradisional-babanci-sayur-banci-dengan-3-rempah-langka

[COC Regional: Makanan Tradisional] Babanci, Sayur 'Banci' Dengan 3 Rempah Langka

[COC Regional: Makanan Tradisional] Babanci, Sayur 'Banci' Dengan 3 Rempah Langka
[COC Regional: Makanan Tradisional] Babanci, Sayur 'Banci' Dengan 3 Rempah Langka

Selamat pagi, GanSist!

Masih pagi nih, masih enak kalo bahas makanan, ye kan?

Nah, kali ini ane mau bahas salah satu makanan khas daerah Betawi. Sayur Babanci namanya atau ada juga yang menyebutnya dengan Bebanci.

Dahulu, sayur ini hanya akan muncul saat ada acara kenduri ataupun hajatan. Rasa dari sayur ini merupakan akulturasi
khas dapur Arab dan juga rempah-rempah Betawi. Di dalam sayur ini terdapat 21 jenis rempah dan tiga di antaranya merupakan bahan rempah yang sudah langka atau sulit di cari. Tiga rempah yang sulit di cari itu adalah.
Quote:
Biji kedaung ini dulu cemilan favorite ane, bentuknya mirip biji kuaci cuma agak besar. Kulit luarnya sangat tebal. Aroma biji kedaung yang telah disanggrai sangat khas dan wangi. Rasanya pun enak, agak pahit tapi bikin nagih.

Quote:
GanSist tahu buah kecipir gak? Nah kalo tahu, biji dari buah kecipir yang sudah tua itu yang disebut botor. Bentuk dari botor ini hampir mirip dengan kacang polong, hanya berbeda warna. Biasanya sebelum dijadikan bahan makanan, botor ini akan disanggrai terlebih dahulu.

Quote:
Tahi angin ini merupakan sejenis lumut yang bentuknya seperti janggut. Biasanya banyak hidup melingkar di pepohon besar dengan kelembaban yang tinggi. Ketika sudah di sanggrai, tahi angin akan mengeluarkan aroma yang sangat khas.


GanSist penasaran gak kenapa dinamain sayur Babanci?
Jadi nama Babanci ini diambil dari kata 'banci'. Ada dua yang identik dengan kata banci, yakni ketidakjelasan dan juga rempong.
Nah, Babanci ini karena menggunakan 21 jenis rempah yang bisa dibilang sebagian besar rasa rempah khas Indonesia tumpah semua dalam satu mangkuk sayur Babanci. Rempong kan? Tapi rasanya yakin deh jangan diragukan kelezatannya. Karena kaya akan rempah khas Indonesia menjadikan rasa sayur Babanci ini gurih dan lezat.

Satu lagi kenapa di sebut Babanci, karena makanan satu ini agak galau ketika akan dikategorikan sebagai jenis makanan apakah dia, jadi memiliki disorientasi nama. Kalau dimasukan ke dalam jenis makanan 'sayur' padahal Babanci tidak menggunakan sayur-sayuran, malah rasanya agak mirip gulai tapi tampilannya bukan gulai banget.

Tak seperti namanya yang tidak jelas, rasa sayur Babanci sangat jelas kelezatannya. Rasanya gurih, ada rasa sedikit pedas, juga segar dari asam jawa, dan harum yang berasal dari petai serundeng, dan juga terasi.

Sayur Babanci biasa disajikan bersama lontong atau ketupat sebagai pelengkapnya.

Sekarang sayangnya, kehadiran sayur babanci menjadi sangat langka. Ini karena rempah-rempahnya yang semakin sulit didapat.

Duhh, TS jadi ngiler sendiri bikin thread ginian. Auto cari lontong sayur ahh nanti!!
Paypay!


Refferensi : Sayur Babanci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 50 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
sarapan sarapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 9 lainnya memberi reputasi
unik dan langka, aduh auto ngiler deh sama si Banci emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
nyam nyam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
aduh du du du, ngeceesss ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
kedaung masih jadi camilan sampai sekarang, tahi angin ini aku belum paham apa sejenis gulma ya?

unik sekali

pasti enak masakan ini dimakan dg kwtupat atau lontong ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 5 lainnya memberi reputasi
kok kayaknya enak ini😆
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
kok aku laper, sih. Tanggung jawab, Mak.😆😆
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
Si Banci bikin laper pagi2...
emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 5 lainnya memberi reputasi
namanya unik-unik ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kaktsu, sayur yy kayak rambut koq bisa ya namanya ada tahi nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 2 lainnya memberi reputasi
Coba Lucinta meng endorse ini makanan...laris kali ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
betawi banget nih. biji kedaung aja gue ga tau cem mana hehe

goodluck bro, share sosmed sebanyak"nya

emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
wah, bahan bahannya unik seperti nama sayurnya 😅
profile-picture
profile-picture
ilafit dan iissuwandi memberi reputasi
Wah inibahan-bahannya hanya tahu kedawug doang ane, meski gitu ane yakin banyak yang gak tahu apa itu kedawung. benar-benar makanan langka sepertinya kalau di ibu kota
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bikin laper nya cm di pagi doang ya gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 3 lainnya memberi reputasi
Belum pernah cobain semuanyaemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 2 lainnya memberi reputasi
Kedawung emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 2 lainnya memberi reputasi
Ini niih, sebenernya budaya Betawi dalem banget, ni contohnya, bahkan orang betawi pun banyak yang gak tau tentang bumbu masak gini, manteb nih gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 2 lainnya memberi reputasi
babah enci, udah lama nih ga makan sayur ini. kelapa mudanya bikin nagih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 2 lainnya memberi reputasi
penasaran sih gimana sama rasanya makanan babanci. dr bahan aja ane udh penasaran, daerah ane kedaung mah buat cemilan doang gak dipake utk masak. biji kecipir justru malh gak ada yg dimanfaatin. apalagi tahi angin, kek nya daerah ane kagak ada deh
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di