CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Do It Yourself /
Makna Tersembunyi Di Balik Pribahasa " Anjing Menggonggong Khafila Berlalu"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5d384610d29550071be8ab/makna-tersembunyi-di-balik-pribahasa-quot-anjing-menggonggong-khafila-berlaluquot

Makna Tersembunyi Di Balik Pribahasa " Anjing Menggonggong Khafila Berlalu"

Pasti hampir semua dari kita pernah dengar istilah " anjing menggonggong kafila berlalu".

Pribahasa ini memang sudah biasa di telinga masyarakat kebanyakan, karna pribahasa yang satu ini memang dibuat untuk menyindir di kehidupan sosial.

Seperti yang dikutip dari berbagai halaman yang halamannya terlalu banyak , anjing sendiri merupakan hewan , dan khafila merupakan rombongan orang yang sedang berdagang.

Kalau kita artikan secara logika , itu artinya " anjing yang sedang menggonggong rombongan pedagang, tapi pedagangnya tidak peduli dengan gonggongan anjing tersebut"

Tapi kalau kita telusuri lebih jauh, jika istilah ini biasa di pakai seseorang untuk menyindir beberapa orang, di sana yanh disebutkan " anjing menggonggong", berarti anjing nya hanya satu ekor , beda kalau anjing nya lebih dari satu ,pasti menggunakan "beberapa ekor anjing menggonggong" , atau "2,3 ekor anjing menggonggong". Berarti jelas anjing dalam istilah itu hanya satu ekor.

khafila itu rombongan pedagang, berarti jumlahnya lebih dari satu. Nah jika seseorang mengeluarkan pribahasa ini kepada beberapa orang ,apakah tidak jadi boomerang bagi diri sendiri, jika diartikan dari jumlahnya ?.

Patokan yang di buat untuk mengartikan pribahasa inikan adalah kata " menggonggong", tapi kalau di artikan dilihat dari jumlah ,bisa kacau.

Kalau kata "anjing" di ganti dengan "kucing", Kan anjing dan kucing sama-sama hewan. kira-kira tingkat kerusakannya sama atau tidak ?.
Diubah oleh yrart


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di