CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Helvy Tiana Rosa: Sastrawan Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5d35c8a727687aa67098e5/helvy-tiana-rosa--sastrawan-wanita-paling-berpengaruh-di-dunia

Helvy Tiana Rosa: Sastrawan Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Helvy Tiana Rosa: Sastrawan Wanita Paling Berpengaruh di Dunia


Hai Gansis, apa kabar? Bagi kalian yang mempunyai passion di bidang sastra tentu tak asing, bukan, dengan sosok Helvy Tiana Rosa? Wanita kelahiran Medan, 2 April 1970 ini adalah satu dari sekian banyak sastrawan wanita yang paling berpengaruh saat ini.

Quote:
sumber gambar

Kakak kandung dari Asma Nadia (baca: sastrawan wanita juga) ini banyak sekali meraih penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri, di antaranya adalah termasuk ke dalam The 500  Most Influential Moslems in The World, Royal Islamics Studies Center, Jordan, 2009-2011. Selain itu juga pernah dinobatkan sebagai Ikon Perempuan Indonesia versi majalah Gatra, 2007.

Quote:
sumber gambar

Ane sendiri mengenal beliau berikut karya-karyanya dari majalah Annida, majalah remaja islami yang sempat booming di tahun 1997 hingga tahun 2000-an. Di mana beliau menjabat sebagai pimpinan redaksi.

Helvy Tiana Rosa: Sastrawan Wanita Paling Berpengaruh di Dunia koleksi pribadi

Majalah ini mempunyai kesan tersendiri bagi ane. Karena dari salah satu rubriknyalah ane mengenal bagaimana cara menulis karya fiksi. Dari membaca cerpen-cerpen Annida ini, minat ane untuk menulis tumbuh, bahkan sampai ikut bergabung dengan komunitas Forum Lingkar Pena.

Forum Lingkar Pena sendiri didirikan oleh Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Maimon Herawati, dkk pada tahun 1997. Sebuah forum kepenulisan yang beranggotakan ribuan orang dari berbagai kalangan dari seluruh pelosok nusantara. Bahkan FLP berkembang hingga ke mancanegara. Mereka ini bukanlah penulis "yang sudah jadi"/sastrawan, tapi hanyalah calon-calon penulis.

Quote:
sumber gambar

Pada perkembangannya, dari komunitas ini banyak melahirkan penulis-penulis baru--mayoritas perempuan--yang kemudian aktif menulis di berbagai media, bahkan banyak yang telah menerbitkan buku sendiri. Begitu fenomenalnya FLP saat itu sehingga Helvy dan FLP dijuluki sebagai "Lokomotif Penulis Muda Indonesia" oleh koran Tempo. Dan berbagai kalangan sepakat mengakui bahwa komunitas ini telah memberikan sumbangsih bagi dunia kesusastraan Indonesia.

Satu lagi kekaguman ane pada sosok Helvy Tiana Rosa, yaitu saat karya-karyanya diakui oleh plagiator. Namun, tak pernah menyurutkan semangatnya dalam berkarya. Karya-karyanya semakin cetar, baik itu puisi, cerpen, novel. Bahkan dua bukunya yang berjudul Tanah Perempuan dan Juraga Haji terpilih sebagai Karya Sastra Unggulan dari Badan Nasional Pendidikan (BNSP). Beliau juga pernah mendapat penghargaan Satyalencana Karya Satya dari Bapak Presiden pada tahun 2016.

Kini, beliau juga merambah dunia perfilman dengan memproduseri film Ketika Mas Gagah Pergi yang merupakan salah satu cerpen terbaiknya. Ada juga yang terbaru yakni film Hayya.

Quote:
sumber gambar

Bagaimana, Gansis, luar biasa bukan semangat dan kontribusi beliau dalam dunia sastra modern? Semoga saja dengan mengenal profil Helvy Tiana Rosa lebih dekat, semangat menulis kita pun ikut membara. Asah terus penamu. Pantang surut dalam berkarya.

Malang, 2 Maret 2020

Penulis: Ina Sendry

Sumber: Opini Pribadi, link link


profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 42 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InaSendry
Halaman 1 dari 7

Klik Gan!

Helvy Tiana Rosa: Sastrawan Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh InaSendry
semangat menulis, gansis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 7 lainnya memberi reputasi
jangan menyerah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
aku punya bukunya Ketika Mas Gagah Pergi, nangis awak😭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Love u too hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 2 lainnya memberi reputasi
wah, jadi pengen nulis lagi
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan InaSendry memberi reputasi
Quote:


Quote:


Semangat, hihi lama Hiatus bikin ngga pedeemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 2 lainnya memberi reputasi
walah ternyata kakak adik berkontribusi di bidang sastra semua ya😂
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan InaSendry memberi reputasi
sangat mengiinspirasi
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan InaSendry memberi reputasi
Quote:


Yupz. Puisi-puisi HTR juga bagus-bagus kok, Yan.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan DianAhmadKaskus memberi reputasi
Quote:


Iya. Kalo asma nadia tulisannya lebih ngepop, nah HTR ini lebih kental sastranya.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Sama. Mau nulis kok rasanya beurat banget, kudu dipaksain. Gak bisa nulis fiksi, ya nulis curcolan aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk. Menggunggah bet ya kalo baca profil para penulis emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Lopyu pull pokok e. Wkwwkk
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Quote:


Aku bahkan punya cerpennya yang kata anak2 flp dulu persis idenya. Padahal eksekusinya beda, baca juga pas udah dikasih tahu kalo sama. emoticon-Malu
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
oh, mereka kakak beradik to? baru tahu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan InaSendry memberi reputasi
Quote:


kwkwkwk hayuk sarapan Sist
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan InaSendry memberi reputasi
keren bgt ibu ini ya, tulisannya itu lo 😄
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan InaSendry memberi reputasi
Quote:


Iya, Sist. Selain menjadi penulis, mereka sama-sama menekuni dunia teater juga.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan evihan92 memberi reputasi
Quote:


Uwow. Masak apa nih, sis?
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di