CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Yuk Melek Financial Planner! Tips anti bokek untuk para Freshgraduate
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5d0c5bc9518b22556993cf/yuk-melek-financial-planner-tips-anti-bokek-untuk-para-freshgraduate

Yuk Melek Financial Planner! Tips anti bokek untuk para Freshgraduate

Halo sobat pembaca setia
Mungkin sudah tidak asing lagi bahwa freshgraduate identik dengan susah mencari kerja. Kurangnya keterampilan, daya adaptasi bahkan ketersediaan lapangan kerja tersebut menjadi momok freshgraduate. Nah! Pada tahapan ini mayoritas freshgraduate mengalami penyusutan income alisas bokek. Untuk survive pada kondisi ini dibutuhkan perencanaan keuangan/financial planning yang tepat. Yuk simak tips-tips dibawah ini !
1. Sadari kemampuan anda
Menyadari kemampuan anda sangat berguna untuk memaksimalkan potensi yang anda miliki (basic renue). Sembari mencari lowongan kerja di acc sama perusahaan, agan dan siswa dapat menerapkan tips ini. Misalnya agan dan sista sekalian suka nulis niih, maka maksimalkan basic renue tersebut contohnya nulis untuk caption onlineshop di instagram (belajar coppy writing), nulis artikel ilmiah, nulis SEO, hingga menulis skrip untukpodcast. Selain itu menyadari kemampuan juga berhubungan dengan memilih dan memilah barang-barang yang anda beli. Belilah barang-barang sesuai dengan kemampuan anda dalam segi harga dan perawatan.
2. Menghindari Hutang
Maraknya pinjaman online (PINJOL) dinilai semakin memudahkan orang untuk berhutang. Namun, kegiatan ini sebenarnya perlu dihindari meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua barang dapat dibeli secara cash. Dalam dunia finance, hutang untuk membeli suatu barang diperbolehkan apabila masa hutang sesuai dengan masa pakai. Contohnya, anda behutang untuk membeli tiket liburan yang hanya dapat dinikmati dalam sekali waktu saja, sedangkan setelah liburan anda masih diharuskan untuk membeyar hutang tiket liburan anda, maka hal tersebut tidak diperbolehkan. Berbeda dengan jika hutang tersebut untuk membeli laptop guna mendukung profesi pekerjaan anda sebagai penulis dan jangka pemakaian laptop tersebut lebih lama daripada jangka anda membayar hutang, tentu saja hal itu diperbolehkan. Mengapa hal tersebut diperbolehkan? Selain karena jangka waktu pemakaianya lebih panjang, pembelian laptop tersebut juga mendukung produktivitas anda yang akhirnya dapat meningkatkan general invome anda.
3. Menghindari Menghutangi Orang 
"Gua selalu menghindari hutang dan menghutangi orang, karena dua hak ituadalah sumber masalah"- Raditya Dika.
Kalimat diatas dapat memberi inspirasi untuk mencaari tahu lebih banyak tentang "memberi pinjaman kepada orang lain". Seperti yang telah diketahui, kegiatan meminjam dan meminjamkan uang berkaitan dengan responsibility. Ya! persoalan ini dapat menjadi persoalan rumit sebab kurangnya responsibility. Kurangnya kesadaran bahwa hutang harus dibayar. Bahkan di negeri +62 ini ada sebuah kalimat sindiran "Lebih galak yang ditagih daripada yang nagih". Pada akhirnya halini menjadi masalah rumit bahkan sampai menimbulkan perselisihan lho gan sis..Maka sebisa mungkin hindari kegiatan hutang dan menghutangi yah!

4. Budgeting Pengeluaran

Budgeting adalah kegiatan untuk mencatat dan memberi angka maksimal pada sebuah kegiatan pengeluaran uang. Mencatat pengeluaran ini dapat dilakukan dengan memberikan prosentase untuk satu kegiatan. Misalnya prosentase budgeting yang dilakukan untuk kegiatan sehari-harisebesar 50% dari pendapatan, berikutnya untuk dana darurat sebesar 20%dan dana sosial sebesar 15%. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui berapa angka maksimal yang harus dikeluarkan sehingga mampu menjadi pengingat dan menghindari pengeluaran yang overload. Selanjutnya, kapan budgeting dilakukan bagi freshgraduate? Pertama, lakukanlah saat semester akhir sehingga anda mampu membuat plan. Kedua, lakukanlah ketika sesudah wisuda ibaratnya anda berada di titik nol untuk menentukan arah mana yang akan anda tempuh. So! Pada tahap ini lakukanlah budgeting sebagai titik awal anda mengelola keuangan.

5. Jalani Black Periode

 Black Periode adalah suatu masa menghentikan semua pengeluaran dan hanya dapat mengeluarkan uang untuk dua jenis kegiatan yaitu cicilan/hutang (jika anda masih punya hutang). Pada dasarnya terdapat lima jenis pengeluaran yaitu cicilan/utang, investasi, sosial, dan lifestyle. Selain dua jenis pengeluaran tersebut disarankan untuk tidak dilakukan. Selama black periode ini disarankan juga untuk menghitung semua aset anda, kemudian hitung pengeluaran minimum. Dengan cara tersebut diharapkan dapat membantu memberikan batasan untuk pengeluaran dan lebih mudah untuk menyusun skala prioritas. 

Demikian tips-tips melek financial untuk freshgraduate. Intinenya perbesar responsibility dan perpanjang horizon, sebab masa depan keuangan yang baik tergentungdengan cara pengelolaan keuangan di masa sekarang. Boros di masa muda,menyesal di masa tua. Hemat di masa kini, bahagia di masa nanti. Live is choose dan take responsibiliity about yopur choose 

profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
semoga kita jadi melek finansial


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di