CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Perbedaan dari kabel UTP Cat 5 dengan Cat 6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5cc98068cc954f9364c165/perbedaan-dari-kabel-utp-cat-5-dengan-cat-6

Perbedaan dari kabel UTP Cat 5 dengan Cat 6

hai guys.. kali ini Gw mau bahas apa perbedaan kable UTP Cat 5e dan Cat 6

KABEL UTP CAT5 : adalah kabel UTP dengan standar yang di ciptakan tahun 2001 oleh TIA/EIA-568-B. kabel UTP Cat5 hanya dapat melakukan transmisi data sebesar 100Mbit/s, kapasitas maksimum ini sama dengan kapasitas kemampuan ethernet dalam mengirimkan signal data 100BASE-TX[era tahun 2001]. seiring bertambahnya kebutuhan kecepatan transfer file, maka telah di kembangkan kabel UTP Cat5 ini menjadi Kabel UTP Cat5e.

KABEL UTP CAT6: adalah kabel premium yang di pasaran jauh lebih lebih mahal di bandingkan dengan Cat5e. Cat6 memiliki kemampuan waktu delay yang nyaris 0(nol) ketika mengirimkan data, sekaligus memiliki kemampuan maksimal panjang kabel lebih dari 100m. maksimal kabel cat6 adalah 200m, dan maksimal lebar datanya 10GBit/s.
Cat6 adalah kabel kualitas tinggi di kerapatan lilitan tiap kabel pasang kabel, mempunyai tingkat penyaluran data yang sangat bagus serta isulator kabel dan pelindung tiap pasang kabel lebih tebal. Dengan lilitan yang semakin rapat dan semakin baik isulator dan pemisah tiap pasang kabel maka semakin rendah noise atau berkurangnya sinyal (crosstalk gangguan) sehingga Cat6 mampu menyalurkan data sampai dan sudah mendukung koneksi mencapai 100MBPS, tentu saja lebih besar dari Cat5.

Kabel UTP Cat5 dan Cat6 memiliki perbedaan fisik, meski keduanya memiliki empat pasang kawat tembaga twisted, Cat6 memiliki pemisah di antara pasangan kabel tersebut.

Contoh perbedaan fisik dari Cat5 dan Cat6

Perbedaan dari kabel UTP Cat 5 dengan Cat 6

CRIMPINGNYA BAGAIMANA?
Kalau dari susunan kabel tetap sama, tidak ada perbedaan. Mau pakai model tipe A atau B sama saja bisa di pakai di Cat 6.

BAGAIMANA KALAU SAYA PAKAI KABEL CAT 6 TAPI MENGGUNAKAN KONEKTOR CAT5?
Sebuah chanel Cat6 yang di Mix dengan Category yang lebih rendah akan bekerja pada level yang sama dengan category yang paling rendah yang di temui di sepanjang chanel.
Kesimpulan nya, jika anda menggunakan Kable UTP Cat6 sebagai horizontal permanent link, tetapi pada ujungnya anda menggunakan modular outlet Cat5, kemudian menggunakan Konektor Cat5, maka keseluruhan chanel akan bekerja pada category 5.

NOTE:
- Untuk meng-crimping nya sama saja, tapi sebaiknya tang crimping yang di gunakan khusus untuk masing masing jenis kabel UTP.
- Jika ingin membangun sebuah jaringan Cat6 maka semua komponen harus menggunakan komponen yang sudah seharusnya Cat6 mulai dari Kabel, connector, patc panel, dll.

Demikian info yang bisa Gw sampaikan ke kalian, semoga bermanfaat buat kita semua.
dan gak Lupa Gw Rekomendasiin ke kalian toko Online terpercaya Versi Gw, Bisa langsung KLIK DISINI
smart products for smart people.

see you next time...
profile-picture
honinbo memberi reputasi
Diubah oleh faizaldwi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di