CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Memilih Bergerak Lebih Dulu Mengantisipasi Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5cc30582d49529001484cd/anies-memilih-bergerak-lebih-dulu-mengantisipasi-corona

Anies Memilih Bergerak Lebih Dulu Mengantisipasi Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 16 Tahun 2020 menyikapi perkembangan makin mewabahnya virus corona (Covid-19). Menurut Anies, ingub ini sebagai bentuk kewaspadaan meski di Indonesia belum ditemukan satu pun kasus positif corona.

"Kita sudah menyiapkan, sudah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020 untuk menyikapi perkembangan coronavirus yang terjadi di luar Indonesia," kata Anies kepada wartawan seusai merayakan HUT ke-101 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Ahad (1/3).

Anies memandang perlunya ingub ini dikeluarkan karena perkembangan beberapa hari ini. Lebih dari 10 negara mengumumkan kasus pertama corona di negara mereka, mulai dari negara dekat Oseania, yakni Selandia Baru, hingga Afrika, yakni Nigeria. Walaupun, hingga saat ini belum ada kasus positif pertama kali coronavirus di Indonesia.

"Covid-19 ini sesuatu yang harus kita antisipasi secara serius," kata Anies.

Namun, ia mengakui ingub ini bukan satu-satunya langkah pencegahan. Saat ini Pemprov DKI sedang dalam proses pembentukan tim tanggap Covid-19.

Tim ini, ungkap Anies, diketuai oleh asisten Kesra Pemprov DKI Jakarta. Nantinya, tim ini akan menjadi pusat pengendali untuk pemantauan pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Anies menyebut, Jakarta memilih bergerak dulu dalam langkah antisipatif karena Jakarta merupakan pintu gerbang Indonesia. Untuk kedatangan dan interaksi dunia internasional, porsi terbesarnya ada di Jakarta.

Selain itu, kata dia, mereka yang datang ke Jakarta tidak hanya untuk berwisata, tetapi juga untuk urusan bisnis. Karena itu, Anies mengakui, Pemprov DKI perlu melakukan langkah ini, dengan harapan masyarakat juga merasa tenang bahwa pemerintah daerah bergerak responsif dalam rangka ini.

"Dan saya mengajak kepada masyarakat untuk tidak usah panik, tidak usah berlebih di dalam merespons. Tapi, kita semua harus bersiaga," ujarnya.

Anies berharap kepada seluruh masyarakat untuk berkegiatan seperti biasa, tenang, dan jangan menyebarkan berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Kemudian, masyarakat diminta untuk sering mengecek berita sebelum menyebarkan.

Apabila dicurigai ada indikasi ke arah virus ini, Anies mengajak semua pihak merujuk kepada yang berwenang untuk mencari bantuan. Bila mencurigai ada kasus yang serupa dengan gejala Covid-19, masyarakat bisa menghubungi lewat 112. Seluruh sarana kesehatan di Pemprov DKI Jakarta, termasuk personalianya, akan siap merespons cepat.

"Dan jaga kebugaran dengan olahraga dan senam, makan cukup, istirahat cukup. Itu dari saya," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, mengungkapkan, hingga saat ini terdapat 115 orang dalam pemantauan dan 32 pasien dalam pengawasan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE), tersebar di lima wilayah kota administrasi di DKI Jakarta dan luar DKI Jakarta.

"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan instansi terkait dalam melaksanakan pengawasan dan pemantauan," katanya.

Pihaknya berharap agar masyarakat tak perlu cemas dan tidak mudah percaya dengan beredarnya pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait Covid-19 dapat menghubungi call center Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955.

"Masyarakat perlu cross-check lagi untuk memastikan kebenaran setiap informasi yang diterima," kata Widyastuti menambahkan.

https://m.republika.co.id/berita/q6j...isipasi-corona

Jangan terlambat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Apakah sudah ada SK seperti ini?
ini malah udah dari januari kmaren sih.

Anies Memilih Bergerak Lebih Dulu Mengantisipasi Corona

tapi apapun itu, langkah gercep utk antisipasi corona oleh wan abud, cukup bisa saya apresiasi.

Semoga bukan ladang pencitraan saja yo rabman
emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sweetjulia01
Lihat 1 balasan
bentar lgi komen negatif muncul ssmua..mengingat ini kaskus.. dulu aja survey 80% pendukung ahok dikaskus
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


tidak bisa .. pokoknya anies yg duluan


bahkan kalo bisa sebelum wuhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga gak gagap semua dalam menghadapi ini semua, tak ada RUSH di supermarket/minimarket di sini emoticon-Malu

jangan kaya di Singapore, Swiss, dan HongKong emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan tukangbeling7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Proactive, bukan reactive.
Mmg hebat bang aniea
kali ini +1 buat wan enis,..
berarti adanya teori pemimpin seiman aman dr azab terbantahkan nyatany pemimpin seiman yg digadang2 ma kadrun malah pembawa sial emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan akumidtorc memberi reputasi
Kemenkes dan jajaran dinkes + RS seIndonesia dah gerak dari Januari lalu.

Anies gak usah caper dan buat ribut lah, keliatan kok mau mengalihkan sesuatu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bergerak lebih dulu
ngacir maksudnya nies ? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan extreme78 memberi reputasi
nitip emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Sudah seharusnya kepala daerah tanggap Dan gerak cepat di masing-masing wilayahnya.... Ndak perlu merasa yg paling Dulu. Salut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Pemda dimana saja harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terkait wabah corona
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Sweetjulia01 memberi reputasi
Langsung diajak bicara, dibangun aklhaknya
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan tukangbeling7 memberi reputasi
jawabarat gimana nih kan banyak warganya yang kerja di korea, jepang ama taiwan atau hongkong aman gak???
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ini yang dibilang menkes negatif semua suspectnya kan?
Gw mah salut ama Anies yang udah maju duluan, gw malah nyesalin langkah menkes yang katanya Indo bebas korona lah, suspect negatif lah, negara lain menghina Indo lah. Kena kasus beneran bingung kan.

Ayo pakde benerin nih kabinetnya, menterinya pada bikin kontroversi mulu nih emoticon-Cape d...
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
pak anies ngaak mau kecolongan gan , dia langaung gerak cepat sekarang
Quote:


Anies Memilih Bergerak Lebih Dulu Mengantisipasi Corona
Anies Memilih Bergerak Lebih Dulu Mengantisipasi Corona


Awas salah hitung
sekelas pemerintah pusat aja udah nggak meyakinkan, apalagi ini cuma pujaan kadrun?
persiapan antisipasi dengan doa kali. emoticon-Big Grin
Quote:


Dibantu kadrun dan pendukung anis, pampangin sk gubenur seperti diatas, klu berkicau sekedar berkicau, burung aja bisa.. stop pencitraan
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di