CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Jenis Kelompok Virus, Ada Apa Saja?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5cb911f4d6957523334259/mengenal-jenis-kelompok-virus-ada-apa-saja

Mengenal Jenis Kelompok Virus, Ada Apa Saja?

Mengenal Jenis Kelompok Virus, Ada Apa Saja?

Mengenal Jenis Kelompok Virus, Ada Apa Saja?

Virus merupakan salah satu penyebab penyakit pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Berbeda dengan bakteri, virus tidak dapat dikategorikan sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat mati. Tapi, virus diketahui dapat berkembang biak. Ilmuwan juga telah menemukan berbagai jenis virus berdasarkan asam nukleat, inang, serta keberadaan amplop virus.
Virus sendiri pertama kali ditemukan di tahun 1882 oleh ilmuwan asal Jerman Adolf Mayer (Wikipedia Adolf Mayer). Ia mempelajari penyakit pada tanaman tembakau yang dinamakan mosaik tembakau dan berpendapat bahwa penyebabnya adalah bakteri berukuran kecil yang tidak dapat dilihat oleh mikroskop.

Temuan Mayer kemudian kembali diuji oleh ahli biologi asal Rusia Dimitri Ivanovsky yang berhipotesis bahwa penyebab penyakit mosaik tembakau adalah mikroba berukuran kecil yang dapat menembus jaringan. Tapi kemungkinan tersebut dibantah oleh Marinus Beijenrinck, ahli botani asal Belanda. Ia mengemukakan bahwa penyebabnya adalah cairan yang bersifat patogen.

Barulah agen penyakit mosaik tersebut dapat dikristalkan oleh ilmuwan Amerika Wendell Meredith Stanley. Ia kemudian menamakannya tobacco mosaic virus (Wikipedia TMV) dan menemukan bahwa virus tersebut tetap aktif walaupun dalam fase kristal.




Spoiler for Kelompok Virus Berdasarkan Asam Nukleat:





Spoiler for Kelompok Virus Berdasarkan Sel Inangnya:





Spoiler for Kelompok Virus Berdasarkan Keberadaan Amplop Virus:



Sumber: Melacak Asal Muasal Virus Corona, dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
Diubah oleh KelasPintar


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di