CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Serba-Serbi Tentang Virus Corona.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5cb50d68cc9546457497a1/serba-serbi-tentang-virus-corona

Serba-Serbi Tentang Virus Corona.

Serba-Serbi Tentang Virus Corona.
Gbr diambil dr : Suara.com

Dalam buku Art of War tulisan Sun Tzu, salah satu cuplikan yang terkenal adalah : "Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran."

Yang namanya musuh itu tidak selalu berupa negara, atau sebuah pasukan, yang namanya virus juga bisa kita pandang sebagai musuh. Lha wong pekerjaan-nya virus itu salah satunya adalah menyerang manusia.

Salah satu "musuh" yang sedang mengincar manusia ini bernama Corona. Mulai terdeteksi sudah beberapa bulan yang lalu, dan kemudian menyebar dengan cukup cepat ke berbagai negara. Setelah beberapa lama Indonesia "lolos" dari serangan Virus Corona, akhirnya hari ini, muncul pernyataan resmi dari pemerintah bahwa ada dua warga negara Indonesia yang positif terserang Virus Corona.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona lebih luas di Indonesia?

Seperti kalimat pembuka dalam tulisan ini, menurut TS, pertama-tama mari kita kenali dulu lawan kita ini. Dengan begitu kita bisa membuat strategi untuk mengamankan diri sendiri, keluarga, lingkungan dan pada akhirnya negara kita. Artikel ini bukan hasil tulisan seorang ahli kesehatan, jadi baca dengan bijaksana, jangan malas untuk cari sumber yang lebih mantul.

Pertama-tama, bagaimana Virus Corona menyebar?
Dari beberapa sumber yang TS baca, sampai saat ini, Virus Corona ditengarai menyebar melalui cairan tubuh yang menyebar ke udara ketika penderita bersin, atau batuk. Cairan itu bisa saja dari udara lalu masuk ke saluran pernafasan orang lain, atau menempel pada permukaan benda-benda yang ada di sekitar penderita saat dia bersin atau batuk itu.

Jadi cuci tangan sebelum makan, atau membersihkan hidung, mata, dsb. Yang doyan ngupil, hati-hati ya, cuci tangan jg sebelum ngupil.

Kalau memungkinkan ya jalan-jalan keluar dikurangi, tapi kalau tidak mungkin maka ketika dalam kerumunan, amankan diri anda dengan memakai masker (mestinya sih yang pakai masker yang lagi batuk, flu dan bersin-bersin).

Karena penyebaran-nya lewat cairan tubuh, mestinya kalau seorang penderita belum mulai bersin-bersin dan batuk-batuk, dia relatif sedikit menyebarkan virus ya?

Masalahnya bisa saja orang yang terlihat masih sehat-sehat saja, tubuhnya sudah mengandung banyak virus Corona. Misalnya dia suka ngupil (ngupil lagi dibahas, apa TS punya prejudice sama tukang ngupil?), kemudian bersihin-nya pakai digosok ke meja, nah di permukaan meja itu kemungkinan besar bakalan ada koloni Virus Corona yang siap menyebar.

Jadi hati-hati ketika dalam kerumunan, dan hati-hati ketika memegang barang-barang yang sering disentuh orang, atau banyak berpindah tangan.

Serba-Serbi Tentang Virus Corona.
Gbr diambil dr : www.idntimes.com


Apa gejala orang yang terinfeksi Virus Corona?

Secara umum gejalanya mirip dengan penyakit influenza : demam, cepat lelah dan batuk-batuk. Beberapa orang akan merasa sakit-sakit di badan, tenggorokan sakit, hidung meler dan ada juga yang diare. Perlahan-lahan gejala akan semakin memburuk, menimbulkan gangguan pernafasan dan gejala lain yang lebih fatal.

Namun perhatikan bahwa tidak semua orang kondisi-nya memburuk setelah mengalami gejala-gejala awal tersebut.

Dari website WHO 80% orang kondisinya berangsur-angsur membaik, tanpa perlu perawatan khusus. Dari segi positif-nya tentu saja ini perlu disyukuri, tapi menurut TS ada juga sisi negatif-nya, terutama di negara yang mayoritas penduduknya relatif abai pada kesehatan, "Walah, sakit gini aja ke dokter, kerokin aja terus tidur, paling berapa hari lagi jg sembuh sendiri." (jujur TS termasuk golongan yang sesat ini)

Kenapa jadi bahaya? Karena bisa saja sudah terkena Virus Corona, namun termasuk dari yang 80% ini, sehingga sembuh sendiri tanpa pernah terdeteksi. Akibatnya jadi sulit bagi pemerintah untuk memetakan penyebaran, yang tentunya membuat pencegahan juga menjadi sulit.

Siapa yang paling rentan terhadap bahaya Virus Corona?

Seperti disebutkan pada bagian sebelumnya 80% dari penderita Corona, sembuh dan tidak mengalami gejala-gejala yang lebih fatal.

Lalu siapa yang paling rentan terhadap bahaya Virus Corona ini? Lagi-lagi menurut website WHO, yang rentan adalah orang tua, dan mereka yang sudah memiliki masalah kesehatan lain sebelumnya (seperti hipertensi, dsb).

Jadi kira-kira apa yang harus kita lakukan untuk memerangi penyebaran Virus Corona di Indonesia?

Ini pendapat TS pribadi, mohon didebat dan jangan langsung dipakai sebagai rujukan. Menurut TS :

1. Berusaha menghindari tempat-tempat yang rawan penyebaran Virus Corona, misalnya bandara, transportasi umum, dsb.

Tapi kan susah juga, maka kalaupun kita harus berpergian, coba deh gunakan masker.

2. Cuci tangan, terutama setelah berpergian dari luar rumah.

3. Kalau mengalami gejala flu, jangan dianggap remeh.

Kalau dipikir-pikir, langkah-langkah di atas, adalah sesuatu yang secara umum memang perlu dilakukan. Baik ada bahaya Virus Corona, ataupun tidak. Jadi gunakan saja akal sehat dan bijaksana dalam menjaga kesehatan, tidak perlu terlalu khawatir yang berlebihan.

Serba-Serbi Tentang Virus Corona.
Gbr diambil dr : Thexandria.com

Santuy jalan terus, jorok jangan.


Sumber referensi:
1. https://www.who.int/news-room/q-a-de...-coronaviruses
2. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019...nsmission.html
profile-picture
denscool1 memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di