CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sistem Jalan Berbayar Segera Diberlakukan, Begini Skema Tarif Pembayarannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5cadc7f4d69567d37fc392/sistem-jalan-berbayar-segera-diberlakukan-begini-skema-tarif-pembayarannya

Sistem Jalan Berbayar Segera Diberlakukan, Begini Skema Tarif Pembayarannya


Menurut orang yang kredibel di bidang transportasi publik, pemberlakuan sistem jalan berbayar dinilai lebih efektif ketimbang sistem ganjil genap di DKI Jakarta. Electoronic Road Pricing (ERP) dinilai diharapkan bisa mengurai kemacetan di jalan protokol dan jalan nasional. Rencananya sistem ini akan mulai diberlakukan pada akhir tahun 2020.

Sistem Jalan Berbayar Segera Diberlakukan, Begini Skema Tarif Pembayarannya

Jadi, bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin bepergian ke Jakarta melewati jalan protokol, silahkan saya! Tapi harus siap bermacet – macetan dan siap bayar juga. Uang hasil dari sistem ERP ini akan digunakan untuk mengembangkan sarana angkutan umum massal.

Untuk skema tarifnya sendiri, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan prinsip congestion charge. Jadi, kendaraan yang bukan angkutan umum akan dikenakan biaya apabila melewati koridor – koridor yang diberlakukan ERP. Besaran tarifnya tergantung dari tingkat kemacetan yang terjadi, semakin macet maka akan semakin besar biaya yang akan dikeluarkan.

Di akhir 2020 ini, sistem ini rencananya akan diberlakukan di jalan – jalan protokol, seperti Jalan M.H Thamrin, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Sisingamangaraja. Sekarang aturan ini masih di godok, mulai dari skema hukum, skema teknis, skema biaya, dan skema kelembagaan.

Gimana menurut Agan dan Sista tentang rencana pemberlakuan sistem ini? Apakah akan berdampak signifikan terhadap tingkat kemacetan di Jakarta?

Harapannya sih gitu ya GanSis, biar ibukota gak macet – macet lagi. Dan kalau sistem ini berjalan lancar, ini bisa digunakan di kota – kota lain yang tingkat kemacetannya juga tinggi.


profile-picture
davecchio memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Tetep aja macet...
peras aja terusss....
uji coba dulu. kalo sukses ya lanjuuutt.. emoticon-Ngacir2
ane yakin bakalan macet. pertama bukan di jalan protokol, karena orang menghindari pengeluaran. setelahnya, karena kebutuhan mereka rela bayar, dan macet lagi.

sumber kemacetan berasal dari terlalu banyaknya pengguna jalan melebihi kapasitas jalan tersebut. solusinya pangkas pengguna jalan, dan upgrade angkutan umum.

banyajnya pengguna jalan karena rute yg mereka tempuh untuk angkutan umum tidak memadai, begitu pula efisiensi waktu, dan juga males jalan kaki bikin capek doang.
menurut ane sih gk terlalu berdampak banyak nantinya.. tp menarik utk diuji coba dan diliat respon masyakarakat sepertu apa
Ya yg kaya makin kaya yg miskin makin miskin
Yg bikin macet jg mobil mobil RF2an pake sirine
Atau mobil2 lain yg ga sadar diri
Kalau motor tetep gratis dan mobil sekali jalan bayar gocap gue setuju emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Uji coba perlu dilakukan.generasi saat ini dan tahun2 berikutnya harus mau jadi sukarelawan..
Bukan tak mungkin,, puluhan tahun kedepannya(atau mungkin ratusan tahun) barulah tercipta arus transportasi idaman di masa depan..
*kecuali kalau belasan tahun lagi indo punya bus yg bisa terbang, dan melenggang diatas jalanan macet tsb,, dijamin laris tuh, dan produsin mobil pribadi beralih pemasarannya ke desa-desa
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
dimana orang mau beralih ke angkutan umum sparator busway dibongkar pasang terus.parkiran di stasiun& halte busway mahal bgt
macet mah terussss, diperas duitnya juga...
bukan solusi yang oke menurut gw.

emang kudu ada pembatasan kendaraan, mewajibkan pakai kendaraan umum. coba aja sehari ga bole pake kendaraan pribadi kecuali pejabat pemerintah misalnya.
jalanan dijamin sepi paling cuma ada taksi online dan kang ojol aja selain angkot dan transjakarta
Wah ane baru tauu nih mau ada kebijakan seperti ini, nanti proses bayarnya gimana tuhya?
Quote:


Terimakasih emoticon-Nyepi
emoticon-Sundul
Quote:


Untung baca thread ini.
Quote:


Kebijakan nya harus diubah dan disesuaikan. Biar ga memberatkan banyak pihak.
Quote:


emoticon-Ngakak
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak
wah bagus banget nih cara ibunkota untuk melawan kemacetan dan polusi udara, semoga aja bisa lebih baik lalu lintas dan dunia transportasi di Indonesia aminn
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di