CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Diabetes Melitus atau Diabetes Tingkat 2, Berikut Pemicunya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5ca0b49a972e443d3b9e90/diabetes-melitus-atau-diabetes-tingkat-2-berikut-pemicunya

Diabetes Melitus atau Diabetes Tingkat 2, Berikut Pemicunya

[img]https://img.webmd.com/dtmcms/live/webmd/consumer_assets/site_images/article_thumbnails/quizzes/type2_diabetes_rmq/650x350_type2_diabetes_rmq.jpg?resize=692px:*[/img]
Sumber Foto : WebMD

Halo GanSis....emoticon-Haiemoticon-Hai
Penyakit diabetes tidak henti-hentinya menyerang masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia. Namun, semua itu terjadi dikarenakan habit manusia yang hobi mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, apalagi jarang memakan sayur dan buah. Salah satu tipe diabetes yang sering terjadi kepada siapa saja adalah diabetes tipe 2 dimana penyakit ini merupakan penyakit kronis. Seperti yang di sebutkan di atas, diabetes ini dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Diabetes tipe 2 ini terjadi dikarenakan tubuh tidak dapat merespon atau menghasilkan insulin yang cukup sehingga kadar gula atau glukosa menumpuk dalam darah. Pada dasarnya diabetes tipe 2 ini tidak bisa disembuhkan, namun masih bisa dikontrol.

Jika diabetes tipe 2 ini tidak terkontrol, maka akan menyebabkan kadar glukosa darah menjadi sangat tinggi. Kondisi ini juga dapat berujung pada kompikasi penyakit seperti jantungan. Diabetes tipe 2 bisa dipicu oleh beberapa hal.

Nah... GanSis, dalam artikel kali ini, kita akan sama sama membahas tentang mengenal beberapa pemicu diabetes tipe 2, berikut merupakan informasinya yang dilansir oleh CNNIndonesia.com :

1.      Kelebihan Berat Badan
Obesitas atau kelebihan berat badan berarti tubuh Anda memiliki banyak jaringan lemak. Kondisi ini membuat sel lebih kebal terhadap insulin yang membuat tubuh menjadi reistan pada insulin dan menyebabkan diabetes tipe 2 ini.

2.      Tidak melakukan aktifitas fisik
Tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, atau sama sekali tidka bergerak dapat menyebabkan tubuh resitan pada insulin yang memicu diabetes tipe 2. Olahraga yang teratur akan membuat tubuh mengolah glukosa dan membantu sel merespon insulin dengan lebih baik.

3.      Makanan-makanan olahan dan berpemanis.
Mengkonsumsi makanan yang berpemanis, maupun mengkonsumsi junk food dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan resistansi insulin dan menyebabkan diabetes tipe 2.

4.      Kadar asam lemak
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kadar asam lemak yang tinggi menjadi salah satu penyebab diabetes tipe dua ini. Studi yang dilakukan pada tikus mendapati bahwa kadar asam lemak yang naik terlalu tinggi dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat berujung pada resistensi dan menyebabkan diabetes tipe 2 ini. Hasil yang sama juga ditunjukan oleh pengukuran pada manusia. Sebagai informasi, sejumlah makanan yang mengandung asam lemak jenuh adalah seperti keju, susu, daging merah, mayo, dan daging olahan.

5.      Stres
Tekanan stres juga bisa menjadi salah satu pemicu diabetes tipe 2. Karena ketika stres, tubuh kita ini mengaluarkan hormon kortisol. Paparan kortisol ini dalam waktu yang lama dikaitkan dengann penurunan sensitivitas insulin dan dapat memicu diabetes tipe 2.

Hidari lah 5 pemicu di atas agar tidak terkena diabetes tipe2, jangan lupa untuk selalu menjalani pola hidup yang sehat agar ke depannya selalu sehat dan aman dari diabetes tipe 2 ini. Makan lah makan-makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi sehingga dapat melawa diabetes dan meningkatkan imunitas kita juga agar tidak terserang penyakit.

Demikian lah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share thread ini ke teman teman, kerabat, dan keluarga dan lainnya agar mendapat informasi dan pengetahuan yang luas. Jangan lupa juga buat komen pada kolom komentar di bawah thread ini ya. Terimakasih karena sudah membaca thread ini dan sampai jumpa pada thread-thread selanjutnya.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di