CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
AC Mobil Pengap dan Bau?, Berikut Penyebabnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5c96d2349d0f137f5c75c3/ac-mobil-pengap-dan-bau-berikut-penyebabnya

AC Mobil Pengap dan Bau?, Berikut Penyebabnya

AC Mobil Pengap dan Bau?, Berikut Penyebabnya
Sumber Foto : Creative Market

Halo GanSis...emoticon-Haiemoticon-Hai
Mempunyai mobil merupakan impian dari setiap orang maupun setiap keluarga, selain memberi kemudahan disaat musim hujan dan musim panas, menaiki mobil juga membuat badan kita tidak kesusahan dan nyaman di banding menaiki motor.
Untuk orang-orang yang sudah mempunyai mobil, tentu juga sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga dan merawat mobil dengan baik. Seperti bagaimana memberikan bahan bakar yang tepat untuk mobil, mengganti oli serta oil filternya, mengisi air radiator atau radiator coolant, serta mengecek cairan-cairan penting lainnya yang ada pada mobil.

Untuk menghadirkan rasa nyaman dan segar di dalam mobil, AC atau yang bisa disebut dengan Air Conditioner mempunyai peran yang penting terhadap hal tersebut. dan terkadang ketika kita meninggalkan mobil, ac mobil bisa mendadak mengeluarkan hawa yang pengap serta bau yang tak sedap. Hal ini dapat terjadi dari berbagai macam hal yang seharusnya di pahami oleh pemilik mobil.

Nah.... Dalam thread kali ini, kita akan membahas tetang hal apa sih yang terkadang membuat AC mobil trasa pengap dan bau, berikut merupakan informasi yang dilansir oleh CNNIndonesia.com :

Salah satu penyebab mengapa AC pada mobil bisa berbau apek, adalah karena refrigerant atau freon yang merupakan senyawa kimia cair yang berkurang dan berujung habis. Efek dari eron yang habis ini lah yang menyebabkan udara yang di hembuskan menjadi tidak dingin sampai mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Freon ini adalah cairan yang bisa berubah bentuk yang awalnya berbentuk cair menjadi gas, sehingga sistem AC menghembuskan udara dingin. Bau yang tidak nyaman disebabkan karena ruang evaporator AC yang melembab karena freon yang habis. Kondisi seperti ini akan menjadi lebih parah lagi jika evaporator tersebut kotor, hawa yang pengap akan semakin menyengat. Solusi yang harus dilakukan jika terjadi hal ini adalah dengan mengisi ulang freon.

Bengkel spesialis AC Rotarybintaro menyebutkan usia freon itu bervariasi tergantung dari pemakaiannya. Dijelaskan bahwa tidak ada waktu yang pasti akan lama pemakaian freon ini, namun pada umumnya freon ini akan bertahan hingga bertahun-tahun.

Tiga hal yang dapat mempercepat usia freon itu yang pertama adalah seringnya kita membuka jendela di saat AC menyala. Kegiatan ini merupakan kebiasaan buruk yang menyebabkan freon AC mobil dan sistem yang mendinginkan akan terganggu. Hal ini yang sangat biasa terjadi, apalagi ketika ada anak yang iseng membuka jendela atau orang yang tak bersahabat dengan mobil mual-mual jika tidak dibuka jendelanya.
Kedua, tidak rutinnya melakukan perawatan AC secara berkala. Karena perawatan yang rutin dapat mendeteksi apakah terjadi kesalahan atau kebocoran pada sistem pendinginan atau tidak. Kebocoran membuat freon lebih cepat habis.

Ketiga, debu yang menumpuk pada radiator. Hal ini membuat kinerja AC menjadi lebih keras lagi dan membuat freon cepat habis.

Itu lah 3 cara bagaimana agar kita bisa merawat AC mobil kita dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksakan ac Anda secara berkala agar mendapat efek dari AC mobil yang segar, sejuh, dan juga bersih.

Demikian lah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share thread ini ke teman teman, kerabat, dan keluarga dan lainnya agar mendapat informasi dan pengetahuan yang luas. Jangan lupa juga buat komen pada kolom komentar di bawah thread ini ya. Terimakasih karena sudah membaca thread ini dan sampai jumpa pada thread-thread selanjutnya.


Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
akibat sering dijadikan tenpat sparing juga bikin pengap dan bau 🤣


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di