CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / REGIONAL / All / ... / Banyumas /
[COC Regional: Kesenian] Kesenian Tari Lengger Banyumasan dan Filosofinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5c94e2018e0d355001f0cd/coc-regional-kesenian-kesenian-tari-lengger-banyumasan-dan-filosofinya

[COC Regional: Kesenian] Kesenian Tari Lengger Banyumasan dan Filosofinya

[COC Regional: Kesenian] Kesenian Tari Lengger Banyumasan dan Filosofinya

Sumber: sini

Apa kabar Kaskuser yang ada di seluruh Indonesia, terutama dari regional Banyumas dan Jateng sekitarnya. Mungkin selama ini Agan dan Sista masih banyak yang belum menunjukkan identitasnya masing-masing terutama dari daerah mana kalian berasal. Kali ini TS sebagai salah satu warga yang berasal dari daerah Banyumas ingin ikut serta berpartisipasi dalam COC Regional Serentak yang diadakan oleh Kaskus tercinta 🤗.


Warga Banyumas khususnya pasti tidak asing dengan salah satu kesenian asli Banyumas ini yakni seni tari lengger atau lenggeran. Kesenian tari lengger ini sudah ada sejak masa penjajahan kolonial Belanda, jadi bisa dikatakan sudah cukup tua. Hal ini dilatar belakangi karena pada masa itu rakyat merasa kesulitan mencari nafkah sehingga hal apapun dilakukan termasuk menjadi seorang penari lengger ini.

Kata lengger sendiri berasal dari bahasa Jawa dari kata diarani leng jebule lengger yang apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dikira babon (ayam betina) ternyata jengger (ayam jantan). Filosofinya adalah para penari lengger asli adalah seorang pria yang berdandan ala wanita. Makanya orang-orang mengartikan dikira wanita padahal pria.
Seiring dengan perkembangan jaman tarian lengger kemudian ditarikan atau dibawakan oleh perempuan. Namanya pun berganti menjadi penari ronggeng yang berasal dari kata ronging ketunggengRong sendiri artinya gua atau lubang dan ketunggeng yang dimaksud adalah binatang yang suka menyengat. Nama lainnya hewan kalajengking Gansist, pasti tahu donk.

Menurut filosofi sejarahnya Gansist, memang seorang penari ronggeng dalam menari biasanya suka mendapat saweran dari penonton yang melihat pertunjukannya dan biasanya ada juga yang diajak untuk berkencan. Untuk menjadi seorang lengger pun harus mengalami ritual khusus yakni dimandikan dengan air bunga setaman atau kembang tujuh rupa oleh tetua atau orang yang dituakan bernama Ramane Lengger.

Ciri khas penampilan penari lengger untuk model rambutnya adalah model konde dengan hiasan bunga melati dan kanthil,lalu hiasan warna perak atau emas di ujung atas konde. Busana yang dikenakan adalah kemben yang terbuat dari jarit (kain batik) dan stagen di bagian tinggang serta menggunaksn kain selendang sampur. Sampur ini fungsinya untuk menarik salah satu penonton. (Gak usah dibayangin ya Gansist 😁).

[COC Regional: Kesenian] Kesenian Tari Lengger Banyumasan dan Filosofinya

Sumber: sini

Kemudian kesenian lengger Banyumasan ini diiringi dengan gamelan calung tradisional yang terbuat dari bambu wulung (bambu berwarna ungu kehitaman). Instrumen musiknya sendiri ada kenong, gambang, gong, kedang dan beberapa alat musik tradisional lainnya. Di sini juga ada sinden yang tugasnya menjadi penyanyi dengan suara merdunya. Kalau nggak merdu mana mungkin jadi sinden loh Gansist, yang ada penonton bubar jalan 😁.

[COC Regional: Kesenian] Kesenian Tari Lengger Banyumasan dan Filosofinya

Sumber: sini

Namun, sekarang ini Gansist karena jaman semakin berkembang pesat, kesenian lengger mulai mengalami alih fungsi sebagai seni pertunjukan yang ditampilkan dalam berbagai acara misalnya pernikahan, khitanan, syukuran, atau acara kesenian budaya Banyumasan misalnya. Penampilan para penari lengger pun juga mengikuti perkembangan jaman dengan busana dan riasan yang makin memesona bagi yang menyaksikannya. Menonton kesenian lengger memang jadi tontonan yang sedap dipandang mata sebab kebanyakan penari lengger itu pasti cantik-cantik deh dan mereka itu jago menari atau luwes dalam gerakan tariannya. Selain itu juga enak didengar karena adanya perpaduan alunan musik calung sebagai musik pengiring dan suara merdu sinden atau penyanyi yang bisa membuat penonton akan terhipnotis ingin ikut menari bersama. Mungkin Gansist penasaran ingin tahu tarian lengger Banyumasan seperti apa berikut TS bagikan link videonya. Terima Kasih.


Sumber: 1, 2, 3 plus opini pribadi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Halaman 1 dari 2
page one
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
kesenian tari lengger Banyumasan Gansist
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
belum pernah lihat lengger, padahal ane dulu pernah tinggal di Purbalingga lho 😁🤭
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Hehhee kalo di tmpku sering ada cuma suka lupa dokumen pribadi bunda. Padahal kalo ada kaya gini kan bisa jadi dokpri yq emoticon-Hammer (S)
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
budaya kita banyak yang dilewatin oleh jaman 😳
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Misi, numpang lewat
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Iya bagus itu
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Iyaa nih tapi alhamdullilah lengger masih ada di kampung2
Quote:


Wakakka numpang lewat ada pajaknya 😁
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Quote:


Iyaa bunda berarti pernah ke purbalingga nih emoticon-Angel
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Quote:


Tiga tahun sekolah SMA di Purbalingga
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Wow tahu banyak donk daerah sana bundaa...
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Quote:


Wadaw, gak jadi lewat deh klo gitu
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Duh, gratiss deh kalok gtu mahhh.
Quote:


Lumayan lah emoticon-Malu
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
mantabss, ane keduluan neh


emoticon-2 Jempol
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Ada share di fb yah? Ada syarat share juga keknya
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Blm kushare di medsos bunda hahaa
mantul gan ramekne bae emoticon-Sundul Up
tapi anu kaskuser neng kene aktife pada ning wa emoticon-Malu (S) wis pda bebeh gawe thread ndean emoticon-Big Grin
arep ikutan juga cuman urung sempet waktune apa maning sing share terbanyak susah emoticon-Ngakak
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
jadi ingat orang nari yang keliling kampung bawa perangkat lengkap
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di