CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengawasan Corona Ala Kadarnya di Bandara Soekarno-Hatta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5c93f9f4ae2f72d0189ec2/pengawasan-corona-ala-kadarnya-di-bandara-soekarno-hatta

Pengawasan Corona Ala Kadarnya di Bandara Soekarno-Hatta

Pengawasan Corona Ala Kadarnya di Bandara Soekarno-Hatta


Bandara adalah gerbang pertama untuk menahan virus corona masuk ke satu negara. Kalau pengawasannya terasa ala kadarnya bagaimana?
detikcom baru saja pergi dari beberapa negara Eropa sebelum kembali ke Indonesia. Pada dasarnya, setiap negara di dunia mewaspadai COVID-19. Namun, agak beda standarnya dengan Indonesia.

Perbandingan di Bandara Italia
Penulis mendarat di Bandara Internasional Malpensa di Milan, Italia awal pekan lalu. Inilah bandara terbesar kedua di Italia setelah Bandara Internasional Fiumicino di Roma. Begitu turun, penumpang diminta berbaris dalam dua lajur. Di ujungnya sudah ada dua petugas kesehatan dengan masker dan termoteter yang ditempel ke jidat penumpang.

Para petugas kesehatan lainnya dengan masker berjaga-jaga di sekitarnya. Semua penumpang, wajib dicek suhu tubuhnya. Jangan harap bisa melaju ke bagian imigrasi dan ambil bagasi, jika belum melewati pemeriksaan suhu tubuh.

Petugas lain sudah standby untuk melakukan pemeriksaan, sepertinya untuk penumpang yang kedapatan dengan suhu tinggi. Mereka yang suhunya normal, dipersilakan lanjut ke bagian imigrasi untuk cap paspor.


Bandara Soekarno-Hatta
Ketika penulis mendarat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, akhir pekan kemarin, tampak semua penumpang diminta mengisi formulir kesehatan berwarna kuning. Separuh diambil petugas, separuh lagi disimpan.

Masalahnya, formulir ini adalah penilaian pribadi, bukan penilaian medis. Petugas sibuk mengumpulkan formulir. Tampak ada dua petugas dengan termometer, namun dalam pengamatan penulis, pemeriksaan suhu tubuh seperti dilakukan secara acak saja.

Tidak semua penumpang dicek suhu tubuhnya seperti di Bandara Italia. Jika penumpang sengaja mau menghindari petugas, hal ini mudah saja untuk dilakukan. Terus terang, pemeriksaan ini seperti ala kadarnya.

Kalau masalahnya adalah jumlah penumpang yang ratusan, kenapa tidak ditambah SDM-nya? Toh, dengan jumlah penumpang yang sama, Bandara Malpensa Milan bisa memeriksa penumpang satu persatu tanpa kecuali.

Prosedur di Bandara Soekarno-Hatta ini pun rupanya pernah dikritik pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, karena dinilai tidak efektif dan merepotkan penumpang. Sementara Vice President Corcomm Angkasa Pura (AP) II Yado Yarismano menjelaskan bahwa pemeriksaan adalah wewenang Kantor Kesehatan Pelabuhan, namun dia menegaskan thermal scanner sudah terpasang.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Anas Ma'ruf juga menegaskan ada thermal scanner. Menurutnya ada pengamatan suhu, pengamatan tanda dan gejala dan penyisihan lewat surat kewaspadaan.

SUMUR
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
sudah ada yang namanya thermal camera/scanner, kenapa nggak dipakai? nggak perlu pakai termometer perseorangan. kalaupun perlu pakai termometer, pakai yang tipe non kontak (IR).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Kalau orang yang demam minum obat demam, suhu badannya turun otomatis thermal scanner tidak berfungsi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Yang lebih penting dalam mengantisipasi dan mewaspadai wabah corona baik oleh pemerintah pusat maupun daerah justru di bandara dan pelabuhan yang menjadi pintu masuk kedatangan baik itu warga negara asing maupun warga negara Indonesia dari luar negeri. Para petugas memang harus lebih meningkatkan kesiapannya dan kewaspada'an nya dengan teliti. 

Langkah awal di cek dulu satu per satu dengan Thermal Scanner yang sudah tersedia untuk mengantisipasi masuknya virus corona, kalau suhu tubuh di atas 38,5 derajat Celcius, segera di kasih warning, kemudian diarahkan ke ruang isolasi yang sudah tersedia, kemudian ditanya riwayat perjalanannya, kemana saja dan bertemu dengan siapa saja. Setelah itu dibawa ke rumah sakit yang sudah dijadikan rujukan oleh Pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tunggu mewabah baru kelabakan semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Kapan obatnya bisa di temukan
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
semoga israel segera selesai dgn vaksinnya. 90 hari lagi katanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tololdevil dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
semua masalah nya gw yakin kembali ke 1 faktor .... biaya operasional. harus nya bukan dari pihak bandara tapi di bebankan ke maskapai, tapi kalau seperti itu pasti rame protes keras maskapai nya emoticon-Big Grin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
lu bandingin sama negara yg udah banyak kasusnya
ga salah? emoticon-Wakaka
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ora urus penting bangun jalan tol. Hal SPT ini kodok ngerti?????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 6 lainnya memberi reputasi
bener koq memang gak niat

ane tiba di bandara suta minggu yg lalu mana ada therman scan nyala

wong petugasnya aja gak ada

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Oh gitu ngeri juga emoticon-Takut
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ah, gw kemaren balik ke terminal 3 soetta, diperiksa kok satu-satu temperaturnya pake thermometer IR. Tanpa kecuali.. emoticon-Malu
wes...ewes bablas corronane....
Pemerintah kita kenapa sih tidak bisa greget dan sigap seperti negara lainnya dalam mengantisipasi bahaya corona. Kalau dengan alasan sudah ada thermal scanner bisa dipastikan harus selalu berfungsi dengan baik. Jangan asal saja.
profile-picture
bajier memberi reputasi
Wajar aja lah di negara ini baru ketauan orang fasilitas kek gitu
Termometer sekarang cukup 3 detik udah muncul suhunya.

Mereka pake yg model apa sih??
mesti ditanganin serius nih
Setuju,

Ane bulan lalu ke thai, disana penjagaannya ketat bgt pas baru landing n masuk bandara udah di scan,

ketika mau boarding dan sebelum imigrasi di scan lagi

dan ketika landing di soetta cuma isi surat kuning doang, ngisi data2 dan milih kalo kita sehat / ngga

ya iya masa ada yang milih ngga ?
profile-picture
bajier memberi reputasi
bayangin kalau ada satu orang yang postif trus sliweran di area sktr jabotabek yang pendudukny banyak 1+1+1+1 strusnya..

Yah kebiasaan gitu harus wow baru ntr baru kebingungan dan kelabakan
profile-picture
bajier memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di