CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Rahasia Cara Kerja VPN untuk Browsing Aman dan Nyaman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5c8c1928c991604e65a7f2/rahasia-cara-kerja-vpn-untuk-browsing-aman-dan-nyaman

Rahasia Cara Kerja VPN untuk Browsing Aman dan Nyaman

Rahasia Cara Kerja VPN untuk Browsing Aman dan Nyaman
Berselancar di dunia maya memang menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan cuma dari beberapa klik layar saja dari gadget kesayangan. Namun tanpa disadari, ada bahaya yang selalu mengintai saat kamu sedang browsing di internet loh. Beragam data pencarian yang bersifat pribadi akan terekspos secara bebas dan dapat dengan mudah digunakan oleh pihak ketiga. 


Berangkat dari ketakutan ini, munculah sebuah sistem pengamanan yang dikenal secara luas dengan istilah Virtual Private Network atau VPN. Sistem ini memungkinkan seseorang untuk dapat berselancar dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir akan pencurian data yang dapat terjadi. Namun, tahukah kamu apa itu VPN dan rahasia di balik cara kerjanya sendiri? Ulasan lengkapnya sudah kami siapkan khusus berikut ini. 

Apa Itu VPN? 

Rahasia Cara Kerja VPN untuk Browsing Aman dan Nyaman

Sumber: namecheap.com

Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta. Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja VPN, ada baiknya kamu mengetahui apa itu VPN terlebih dahulu nih. Jaringan Pribadi Virtual atau dikenal dengan istilah VPN, merupakan sebuah sistem layanan yang mampu menyembunyikan sebuah koneksi pribadi dengan metode khusus. Secara sederhana, sistem ini mampu melindungi privasimu sebagai pengguna internet dengan cara menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. 


 Dulunya, VPN banyak digunakan untuk menghubungan jaringan komputer antar gedung perkantoran secara aman dan bisa memakai koneksi dari rumah atau tempat lain. Lalu dalam perkembangannya di masa kini, VPN kerap dipakai oleh pengguna internet dari seluruh dunia untuk keperluan pribadi. Tujuannya adalah untuk melindungi privasi data pengguna atau menembus penghalang tertentu yang berlaku atas akses ke platform-platform tertentu.  


Bagaimana Cara Kerja VPN? 

Setelah mengetahui apa itu VPN, waktunya untuk menguak rahasia di balik kecanggihan sistem layanan ini dalam melindungi acara berselancarmu di dunia maya. Buat para pengguna setia, mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara kerja si VPN ini sehingga bisa membuat situs yang sebelumnya gak bisa diakses jadi terbuka secara bebas? Atau bagaimana sistem ini bisa membuat histori datamu jadi aman dan terlindungi dari ancaman pencurian oleh pihak ketiga? 

Rahasia Cara Kerja VPN untuk Browsing Aman dan Nyaman

Sumber: vpnoverview.com

Nah, cara kerja VPN berjalan dengan metode yang disebut dengan enkripsi. Pada mulanya, kamu sedang menggunakan akses internet dengan jaringan lokal, baik pribadi di rumah, warung internet, Wi-Fi kampus, atau memakai data seluler. Ketika kamu membuka situs ‘A’, data yang sedang kamu gunakan akan disalurkan ke penyedia jaringan internet tersebut hingga bisa terbaca. Di sinilah fungsi VPN masuk sebagai sebuah sistem proteksi yang bakal melindungi data kamu sebelum dibaca oleh jaringan server. Secara sederhana, cara kerja VPN adalah sebagai berikut: 

Saat kamu terhubung dengan VPN, data yang masuk akan tersalur dan di-encode lewat sebuah tunnel atau ‘terowongan’ aman. Artinya, data kamu akan diubah menjadi kode rumit yang tak dapat dibaca selagi disalurkan dari gadget ke server VPN. 


Sekarang gadget kamu sudah terbaca dalam jaringan lokal yang sama dengan VPN-mu. Jadi IP address kamu otomatis mengikuti IP address salah satu penyedia server VPN-mu. Kamu bebas menjelajah internet sesukamu tanpa khawatir akan pencurian data saat sedang mengunjungi situs-situs atau platform tujuanmu. 

Itu dia tadi rahasia di balik cara kerja VPN yang membuatmu bisa membuatmu merasa lebih aman dan nyaman ketika sedang browsing. Hayo, siapa nih yang hobi menggunakan VPN saat sedang browsing? Meskipun bermanfaat untuk perlindunganmu di dunia maya, penggunaan VPN juga harus tetap bijak dan jangan dipakai untuk hal-hal yang bisa merugikan orang lain yah. 


Baca Artikel Seru Lainnya
10 Tips Merawat Earphone Biar Awet dan Tahan Lama


profile-picture
profile-picture
krisnafebriyant dan orangemonkey memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Pertamax...
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
thanks infonya bre,,,
emoticon-Shakehand2
nice info gan
App wajib pemburu jav emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di