CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ingat Lho Ponsel Benda "Terkotor" Yang Selalu di Tangan, Bersihkan Dengan Cara Ini...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5c734fa2d19501bf68043c/ingat-lho-ponsel-benda-quotterkotorquot-yang-selalu-di-tangan-bersihkan-dengan-cara-ini

Ingat Lho Ponsel Benda "Terkotor" Yang Selalu di Tangan, Bersihkan Dengan Cara Ini...

Ingat Lho Ponsel Benda "Terkotor" Yang Selalu di Tangan, Bersihkan Dengan Cara Ini...

Di saat virus corona tengah mewabah, kebersihan adalah hal utama yang harus dijaga. Nah, ponsel menjadi benda paling kotor yang dipegang setiap hari, menurut ahli mikrobiologi sekaligus profesor di University of Arizona, Charles Gerba, Phd, dikutip dari laman Health.

"Sangat jarang orang membersihkan ponsel mereka, sehingga kuman dan bakteri terus menumpuk dan menumpuk, termasuk E. coli, influenza, dan MRSA," jelas pria yang dijuluki Dr. Germ (kuman) itu.

Pada 2017, para peneliti di Univesity of Arizona melakukan riset tentang kuman di ponsel pintar milik siswa sekolah menengah, dan menemukan bahwa perangkat mereka membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kursi toilet.

Bayangkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengetuk, menggesek dan menempelkan pipi Anda pada benda itu -- yang menurut survei tahun 2015 oleh Deloitte, rata-rata orang Amerika memeriksa ponselnya 47 kali sehari.

Namun, masalah sebenarnya bukan hanya ponsel adalah sumber kuman, tetapi benda tersebut merupakan "kendaraan ideal" untuk menyebarkan kuman ke orang lain.

"Kebanyakan ponsel adalah layar sentuh, dan kuman mudah menyebar dari ponsel Anda ke tangan dan wajah Anda, meningkatkan kemungkinan infeksi," kata Gerba.

"Kita terus-menerus berhubungan dengan ponsel, dan ponsel menghabiskan banyak waktu berada di dekat wajah dan mulut kita," Gerba melanjutkan.

Gerba merekomendasikan untuk membersihkan ponsel pintar Anda setidaknya sekali sehari, atau lebih sering jika Anda meminjamkannya kepada teman-teman Anda.

Penting juga untuk mempraktikkan kebiasaan kebersihan yang baik, seperti tidak membawa ponsel Anda ke kamar mandi, dan sering mencuci tangan.

Lebih lanjut berikut cara untuk membersihkan ponsel tanpa merusak perangkat.

1. Kain mickrofiber
Salah satu cara termudah untuk membersihkan ponsel Anda --terutama setelah orang lain menyentuh layarnya -- adalah dengan menyekanya.

Namun, menurut Gerba, ujung baju tidak cukup untuk membersihkan layar, perlu kain mikrofiber. Anda dapat menyimpan kain mikrofiber di dompet, sehingga dapat digunakan dengan cepat menyekanya untuk menyeka perangkat.

2. Menggosok dengan alkohol dan air

Kain mikrofiber membantu, tetapi untuk tingkat pembersihan yang lebih baik, Gerba merekomendasikan untuk mencoba campuran alkohol (60 persen) dan air (40 persen) untuk digosokkan ke ponsel.

Untuk menggunakannya, "basahi secara lembut sudut kain mikrofiber yang lembut, tidak berbulu, atau kapas," kata Gerba. Perlu diingat, jangan menyemprotkan campuran larutan tersebut ke ponsel Anda, karena dapat merusak ponsel.

"Usap ponsel dengan lembut untuk membunuh bakteri dan gunakan sudut kering kain untuk menghilangkan cairan berlebih di ponsel Anda," Gerba menambahkan.

3. Tisu desinfektan

Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, tanpa harus membuat larutan alkohol dan air, Anda dapat mencoba menggunakan tisu disinfektan yang biasa dijual dalam kemasan, kata Gerba.

Namun, Anda perlu berhati-hati menggunakannya pada perangkat Anda. Tisu desinfektan kemungkinan menjadi pilihan yang lebih baik untuk digunakan pada kasing ponsel Anda.

4. Cairan pembersih tangan

Salah satu cara terbaik untuk tetap bebas kuman selama musim flu adalah dengan sering-sering mencuci tangan. Pastikan Anda menggunakan sabun dan air hangat untuk membilas selama setidaknya 20 detik.

Menggunakan pembersih tangan juga merupakan ide bagus. Namun, Gerba mencatat, "sebagian besar pembersih berbasis alkohol hanya bekerja ketika basah dan menguap dengan cepat."

Pilihan terbaik adalah yang menawarkan perlindungan tahan lama, Anda dapat memilih produk hand sanitizer yang dapat membunuh kuman lebih lama.






profile-picture
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Nice info 👍
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
ane baru tau gan emoticon-Traveller
profile-picture
mekaskusstalker memberi reputasi
Terima kasih buat infonya gan emoticon-Matabelo
nice info gan
sehabis dari luar, ane selalu lap ponsel pake tisu basah
profile-picture
necromongers memberi reputasi
ane bersihkan hape pake tisu basah antibakteri.
profile-picture
necromongers memberi reputasi
bersihkan dulu pake tisu magic emoticon-Hammer
nice inpoh gan, mesti rajin bersih2 nih emoticon-2 Jempol
wah bisa pake tissue magic juga dong berarti?
emoticon-Embarrassment
Waduh, padahal ane di kasir nih gan tiap hari kerjaannya megang duit yang bakterinya banyak banget
berguna banget nih infonya, apalagi barusan soal corona udah positif. bener bener harus mulai jaga kesehatan banget nih
ane biasa pke minyak kayu putih,
bersih + menyehatkan,...
emoticon-Malu
Ane tiap kalo di depan komputer selalu kok gan semprotkan alkohol pada ponsel, enak aja rasanya kalo udah disemprot.
Selama 5 tahun pakai doang sampe sampe casingnya butek masih fine fine aja kokemoticon-Leh Uga
biasanye cuma di lap pakr minyak kayu putih
Wkwkwk ponsel emang benda yang kotor sih, selalu dipegang. Habis megang sesuatu ujung-ujungnya ponsel juga yang dipegang. Perawatan/pembersihan memang penting emoticon-Big Grin
Hp ane sudah dilapisi bahan anti bacterial hexagon of the centurion Z code 445 by Ergen laboratory chemical germany.
dijamin ngga bakal kena bakteri untuk 21 hari kedepan emoticon-Cool
ane dulu bersihin pake minyak kayu putih gara2 liat ditiap konter hp kalo bersihin hp pake kayu putih -_- tapi gatau sekarang masih pada kayak gitu ga yaa
Cuci pake air karna hp ane tahan air
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di