CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Scold's Bridle, Hukuman Ekstream Untuk Wanita Penggosip! Wajah dan Lidah Ditusuk Paku
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5c44240577a92df54f3fdf/scolds-bridle-hukuman-ekstream-untuk-wanita-penggosip-wajah-dan-lidah-ditusuk-paku

Scold's Bridle, Hukuman Ekstream Untuk Wanita Penggosip! Wajah dan Lidah Ditusuk Paku

Scold's Bridle, Hukuman Ekstream Untuk Wanita Penggosip! Wajah dan Lidah Ditusuk Paku

Topeng hukuman untuk wanita tukang gosip!
Mengerikan, wajah harus dipakaikan pengekang tusuk wajah


Scold's Bridle, Hukuman Ekstream Untuk Wanita Penggosip! Wajah dan Lidah Ditusuk Paku


Bergosip, adalah kegiatan membicarakan kebaikan atau keburukan orang atau benda dan kegiatan, bersama beberapa orang dengan tujuan untuk menyebarkan informasi.
Gosip sendiri sangat identik dengan wanita, mungkin laki-laki juga ada beberapa yang melakukan kegiatan gosip ini, namun kebanyakan hal ini dilakukan oleh para wanita.

Dalam bergosip, tentu itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi dari sesuatu yang sedang digosipkan. Karena pastinya mereka pelaku gosip sendiri takut jika dihadapkan secara langsung terhadap korban gosip.

Sebenarnya gosip ini di dalam Agama dilarang, karena tentu itu bukan hal baik atau lebih mendekatkan pada ghibah serta fitnah. Asumsi-asumsi yang keluar dari buah bibir pergosipan akan menjadi suudzhon yang melebar ke masalah-masalah yang lain.

Apakah bergosip ini bisa dikenakan sanksi jika ketahuan dengan bukti-bukti?
Tentu saja sangat bisa, jika seseorang yang menjadi bahan gosipan tidak menerima atas apa-apa yang dialami, dan dia memiliki bukti pergosipan yang merugikan korban, tentu sang korban bisa melaporkan tindakan tersebut dengan pasal pencemaran nama baik atau tindakan yang tidak mengenakan dan merugikan.
Itu jika di Negara-negara yang menganut sistem hukum perdana dan perdata, berbeda dengan Negara atau Kerajaan yang mempunyai sistem hukum kerajaan. Maka peraturan kerajaan lah yang menentukan nasih dari sang pelaku.

Berbicara mengenai hukuman bagi penggosip atau pencibir, ternyata sebelum adanya peradaban hukum modern, dahulu telah ada hukuman atau sanksi terhadap tindakan gosip atau cibiran ini.
Hukuman yang dapat dikatakan sangat ekstream dan anti mainstream ini diterabkan di Negara Skotlandia pada tahun 1567.
Ya, hukuman ini dinamakan Scold's Bridle. Hukuman bagi wanita penggosip yang ditetapkan oleh Gereja dan Pengadilan umum.

Para wanita penggosip ini akan dipasangkan sejenis topeng pengekang, topeng besi ringan yang melingkari kepala dan wajah.
Namun yang membuat alat ini mengerikan yaitu dilengkapi dengan paku-paku tajam yang menusuk pipi bahkan lidah para penggosip.
Tentu hukuman ini jika dilihat sangat tidak manusiawi, namun mereka sadar bahwa gosip itu akan merusak kepercayaan diri orang lain dan menciptakan perpecahan. Jadi wajar jika pelaku gosip dikenakan sanksi keras!

Seperti apa topeng pengekangnya?
Lihat ini!


Scold's Bridle, Hukuman Ekstream Untuk Wanita Penggosip! Wajah dan Lidah Ditusuk Paku

Sumber gambar: di sini


Hukuman Scold's Bridle ini masuk ke dalam jajaran sanksi terekstream dan terkejam di sejarah Dunia.
Ada pun tujuan dari diterapkannya sanksi ini, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencegah perpecahan serta memberikan peringatan dan teguran kepada para pelaku gosip.

Alat pengekang Scold's Bradle ini pada masanya dibuat oleh para pendeta yang juga dijadikan sebagai penentu keputusan hukum.

Seperti apa keseramannya?
Lihat di bawah!


Spoiler for Pengekang Gosip:


Sanksi hukum Scold's bridle dikecam dan diberhentikan dari Skotlandia dan Negara-negara Eropa yang menganut sanksi hukum ini pada tahun 1856, cukup lama dari penggunaan sanksi hukum di tahun 1567.

Setelah diberhentikan sanksi hukum ini secara sah, alat topeng pengekang Scold's Bridle ini kemudian diletakan di Markisches Museum, Berlin, Jerman.
Dijadikan sebagai barang kolektor bersejarah dan sangat diapresiasi.

Sepertinya setelah membaca kisah singkat sanksi hukum tehadap penggosip ini kita jadi bisa lebih mawas diri.
Bahwa membicarakan aib dan rahasia orang kepada orang lain adalah tidak dapat dibenarkan. Selain merugikan juga bisa menjadi penyebab trauma dari kejadian yang telah dialami!

Mungkin jika sanksi seperti ini diberlakukan di Indonesia, akan banyak wanita yang mendapatkan sanksi hukum scold's bridle.
Kalau pun tidak, berarti orang Indonesia telah 100 persen bebas gosip dan aman jambak-jambakan.

Tapi karena memang saat ini Hak Asasi Manusia sangat dilindungi, jadi sanksi ini tidak cocok dengan hukum yang berlaku di era modern.
Ada sanksi lain yang masih manusiawi dan dapat menggantikan sanski Scold's Bridle.

Bagaimana menurut pendapat Agan dan Sista setelah melihat ada hukuman super ekstream seperti ini?
Mengerikan atau cocok diberlakukan kembali?
Silakan bagikan pendapat Agan dan Sista dengan berkomentar di bawah. Terima kasih!




Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiSARA93 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Takut alamak ekstream bener ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Cape d... auto kapok nih yang suka gosip
Di neraka lebih dri ni 😁
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


emoticon-Takut iya Pak bener
haish, mengerikaaaaan beud ini bang,, 😅🙈🙈
tapi pasti ngefek banget tuh,,

ekstreeeeeeemmm 🙈
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakakjelas ngefek, karena dengan adanya sanksi ini di sana jadi minim pergosipan
profile-picture
DianAhmadKaskus memberi reputasi
Cocok ini mas. Biar pada jera tuh tukang gosip and nyinyir😂🤭
profile-picture
masnukho memberi reputasi
seremm kali ni emoticon-Takut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak iya Mbak, sayang dah gak dipakai lagi

Quote:


emoticon-Takut iya mengerikan
profile-picture
purwanti29 memberi reputasi
Nih kalo hukuman dijalanin dimarih, abis dah host acara cek n ricek dan sjenisnya.. Bwuahahahahahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Ekstrem bener makanya nggak usah bergosip✍️
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Gosip bisa menghancurkan dan mengadudomba 🤒🤒🤒🤒
profile-picture
masnukho memberi reputasi
jadi kaya jason

jangan2 jason penggosipemoticon-Ngakak

profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Beli buat tetangga yg suka nyinyir ah emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Harusnya diterapin jaman sekarang pula nih wkwk
emoticon-Wakaka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak yakin dah, mereka bakal tayang dengan pengekang wajah

Quote:

emoticon-Cape d... ente gak masuk kan

Quote:

emoticon-Jempol setuju Bun, nyakitin

Quote:


emoticon-Turut Berduka bahkan sampai perang
Quote:

Jangan-jangan guru gosip

Quote:

emoticon-Ngakak oke beliin dah

Quote:


emoticon-Cape d... melanggar HAM katanya
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Scold's Bridle, Hukuman Ekstream Untuk Wanita Penggosip! Wajah dan Lidah Ditusuk Paku
Scolds bridle ini bukan cuma hukuman fisik aja tp juga sanksi sosial soalnya ybs akan dipaksa unt memakainya hingga aktivitas sehari2 di luar rmh & diliat bnyk org
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lambe turah left the chat
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di