CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Investor Panik Wabah Covid-19, Ekonom: Hanya Bersifat Temporer
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e59164bf4d69520b24b4802/investor-panik-wabah-covid-19-ekonom-hanya-bersifat-temporer

Investor Panik Wabah Covid-19, Ekonom: Hanya Bersifat Temporer

Investor Panik Wabah Covid-19, Ekonom: Hanya Bersifat Temporer

JAKARTA - Reaksi sebagian besar pelaku pasar terhadap pemberitaan wabah virus corona (Covid-19) yang terus menyebar, menurut Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto cenderung reaktif. Sehingga mereka mengambil sikap cari aman (flight to quality) utamanya memindahkan portofolionya ke dolar Amerika Serikat (AS) dan emas.

"Penurunan IHSG dan rupiah yang tajam ini sebagai reaksi atas meluasnya penyebaran virus corona ke lebih dari 50 negara," kata Ryan saat dihubungi di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

(Baca Juga: IHSG Ambruk 20% Sepanjang 2020, Airlangga Menaruh Keyakinan ke BEI)

Baca Juga:

Maka dari itu terang dia, tidak heran jika terjadi outflows yang besar karena investor asing ambil posisi jual (net sell) yang besar ketimbang net buy. Terkait fenomena ini, Ryan menerangkan sifatnya hanya jangka pendek atau sementara.

"Saya kira fenomena kepanikan pasar ini hanya temporer atau sementara di jangka pendek saja karena ketika angka suspect virus corona mulai berkurang dan WHO merilis komunike yang menggembirakan. Tentu kondisi pasar akan kembali normal, bisa satu bulan ke depan, bisa tiga bulan ke depan," beber Ryan.

Untuk itu pemerintah, otoritas moneter dan fiskal serta pelaku usahanya diterangkan harus bisa menyikapinya dengan tenang, terukur dan tepat. "Tidak boleh panik, tetap waspada, karena yang terjadi saat ini dipicu oleh faktor sentimen negatif saja, bukan karena faktor fundamental," paparnya.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/154...rer-1582893507

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Investor Panik Wabah Covid-19, Ekonom: Hanya Bersifat Temporer Luhut: Starbucks Tertarik Investasi Hijau di Papua

- Investor Panik Wabah Covid-19, Ekonom: Hanya Bersifat Temporer Sri Mulyani Optimalkan Dana Desa Guna Pangkas Angka Kemiskinan

- Investor Panik Wabah Covid-19, Ekonom: Hanya Bersifat Temporer USD5 Triliun Tinggalkan Bursa Global Saat Virus Corona Menyebar di Tiga Benua

Nah kayanya ini yang ditakutin banget sama pemerintah Indonesia, takut investor pada kabur gara-gara corona


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di