CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Menko Airlangga Sebut Sedang Terjadi Normalisasi Rupiah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e59161888b3cb27b76553b4/menko-airlangga-sebut-sedang-terjadi-normalisasi-rupiah

Menko Airlangga Sebut Sedang Terjadi Normalisasi Rupiah

Menko Airlangga Sebut Sedang Terjadi Normalisasi Rupiah

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato menyebut saat ini tengah terjadi normalisasi usai Rupiah menguat cukup tajam dibanding mata uang negara lainnya. Seperti diketahui saat ini kurs rupiah terus merosot tajam di tengah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) yang terus mencengkram investor.

"Jadi, apabila Rupiah kan menguatnya kemarin dibanding yang lain kita menguatnya lebih tinggi. Sehingga tentu ada normalisasilah," ujar dia di kantornya Jakarta, Jumat (28/2/2020).

(Baca Juga: BI Rogoh Kocek Rp100 Triliun Demi Selamatkan Kurs Rupiah)

Baca Juga:

Menurutnya nilai tukar rupiah yang melemah disebabkan dampak virus corona yang mendorong ketidakpastian meningkat dan juga faktor-faktor di dalam negeri. Namun, Airlangga belum membeberkan langkah yang akan diambil pemerintah agar rupiah tidak jatuh lebih dalam.

Sementara itu, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (28/2) pagi melemah, seiring beralihnya investor ke aset investasi berisiko rendah atau safe haven karena khawatir dampak wabah virus corona baru atau Covid-19.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) menyatakan siap melakukan intervensi pada rupiah yang terus melemah dan telah kembali ke level Rp14.000 per dolar AS (USD). Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, intervensi dilakukan melalui tiga langkah.

Tiga langkah itu adalah menjual valas untuk mengendalikan nilai tukar rupiah. Lalu, intervensi melalui Domestic Non Deliverable Forward (DNDF) dan intervensi melalui pembelian surat berharga negara (SBN) yang dilepas investor asing. "Sekali lagi kami tegaskan BI akan terus berada di pasar untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Kita melakukan tripple intervensi," jelas Perry Warjiyo.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/154...iah-1582892447

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Menko Airlangga Sebut Sedang Terjadi Normalisasi Rupiah Luhut: Starbucks Tertarik Investasi Hijau di Papua

- Menko Airlangga Sebut Sedang Terjadi Normalisasi Rupiah Sri Mulyani Optimalkan Dana Desa Guna Pangkas Angka Kemiskinan

- Menko Airlangga Sebut Sedang Terjadi Normalisasi Rupiah USD5 Triliun Tinggalkan Bursa Global Saat Virus Corona Menyebar di Tiga Benua



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di