CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tito Minta Kades Tak Langsung Dipidana Jika Salah Administrasi Dana Desa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e58e59a8d94d01aab37db41/tito-minta-kades-tak-langsung-dipidana-jika-salah-administrasi-dana-desa

Tito Minta Kades Tak Langsung Dipidana Jika Salah Administrasi Dana Desa

Palembang - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian mengundang seluruh kepala desa (kades) di Sumatera Selatan. Tito meminta kades tidak langsung dipidana bila terjadi kesalahan administrasi dalam menggunakan dana desa .

"Dari data yang saya miliki, mohon maaf 60 persen Kades tamat SMA. Jadi kalau yang salah administrasi janganlah ya langsung dilakukan penegakan hukum, kasih mereka bimbingan," kata Tito di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (28/2/2020).

Tito juga sengaja meminta Kapolda dan pihak Kejaksaan Tinggi untuk hadir dalam pertemuan itu. Dengan begitu, kepala desa tidak lagi was-was menggunakan dana desa apabila ada kesalahan administrasi.

"Kecuali sudah terkenal, satu kampung itu tahu kepala desanya nakal. Atau itu untuk dipakai kimpoi, ini baru langsung diproses hukum. Jadi makanya saya undang juga Kapolda, Kajati dan sebagainya biar kepala desa juga dibimbing," kata Tito.

Terkait adanya kepala desa yang terjerat hukum karena penggunaan dana desa, ia meminta ada bimbingan khusus. Dengan begitu dana desa dapat dimanfaatkan di setiap desa.

"Jangan nanti malah mereka takut untuk menggunakan dana desa. Apalagi kalau ditakut-takuti. Ya gunakanlah dana desa sebaik-baiknya, jangan malah beli mobil," kata mantan Kapolri tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Karangendah, Muaraenim mengapresiasi saran Tito. Karena, banyak kepala desa yang masih tak paham administrasi dan penggunaan dana desa.

"Saya setuju dengan Pak Mendagri, tidak semua kepala desa paham. Memang kita perlu ada pendampingan, mungkin salah administrasi karena tidak tahu itu banyak," katanya.

Berbeda halnya jika ada kepala desa yang sengaja menggunakan dana desa untuk keperluan pribadi. Termasuk menggunakan untuk menikah lagi.

"Yang menyimpang mungkin ada juga, ya kalau itu proses hukum tidak masalah sih menurut saya," katanya.

Sumur:
https://m.detik.com/news/berita/d-49...si-dana-desa/2

kn udah ada yg dampingi

kemaren Jaksa agung skrg mendagri bikin pernyataan kyk gini

periode sebelumnya g banyak yg bikin blunder
skrg malah makin banyak
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
iya tapi langsung di tabok i orang se desa itu ajah cukup
Yang dibilang Tito sudah pas, dari data yang dimiliki, rata² 60 persen Kades tamatan SMA, jadi kalau ada Kades yang melakukan kesalahan dalam hal administrasi jangan langsung dipidana, lebih baik di bimbing. Kalau korupsi ya bolehlah dipidana.
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
solusinya ya kasih pelatihan dulu, bimbingan, adain test biar tau kades udah layak belum dapet dana desa, kalo belum ya jangan dikasih, ntar kalo desa sebelah dikasih karena memang kadesnya cerdas biar malu itu kades yang bego2 dan buat pendidikan politik juga dari tingkat desa kalo milih pemimpin kudu yang cerdas
masalah kecil kalo di kasih toleransi terus ya bakal di anggep enteng, kecil2 juga kalo banyak jadi masalah gede
Biasanya emg gitu kok, kalau pun ada kasus korupsi, dikasih kesempatan ganti rugi dulu, dicicil berapa lama sampai lunas.
Kalau gak mau bayar atau mangkir, baru dipidanakan
Lihat 23 balasan
Quote:

Ngomong apa sih tit? emoticon-Bingung (S)

Maksudnya kalau korupsinya gak ketahuan warga gak usah dihukum? emoticon-Bingung (S)












































emoticon-Cape d... (S)
Ya makanya sekdes minimal s1 atau ambil aja dri pns kemendagri, bukan nya suka2 kades mau pilih siapa yg ada malah jual beli jabatan.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
salah adminstrasi mah terkait SOP, laporan, miss alokasi, terus sama penyesuaian yg aturan baru keluar kemarin.

btw kalau bupati/walkot n dprd daerah lo bener kerjanya pasti sudah dibikin aturan turunan nya alias perda nya.

emoticon-Traveller

lagian kan ada sekdes dll yg bantu kades.

bullshit banget, blg aja gapapa di tilep yg penting bisa ganti.

iya kalau bs ganti, kl malag ngebakar kantornya, atau nunggu ada kejadian vatal baru kebingungan gada dana.

emoticon-Ngakak

btw orang Indonesia digituin ?.

kaya kucing di depannya di kasih ikan asing.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan 2 lainnya memberi reputasi
Setuju dengan pak tito. Kasih pembinaan dan bimtek yg berkualitas dulu bagi para kades. Ngga asal tangkap2 aja yg bikin takut dan membuat kreativitas mandeg. Salut dengan pak jokowi yg sudah memilih pak tito sebagai mendagri. Menuju desa2 di nkri yg berkemajuan
dikasih angin tuhemoticon-Ngakak
wadu pantes korupsi ga ada matinya emoticon-Leh Uga
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Buktikan di persidanganlah jgn terang2an beropini kek gini emoticon-Nohope
kades saya dulu menyalahgunakan dana, duitnya gak dibeliin mobil operasional desa wkwkwk
selama tidak ada indikasi korupsi, silahkan saja
Tetapi jika ada indikasi korupsi, hrs segera di tindak tegas
paling nggak harus da tindakan lah tit. gimana sih? kalo gak dipidana minimal diberi konsekuensi supaya jera

lama2 males gw sama si tito, anies aja udah kek kontil gitu tetep didiemin kok
emoticon-DP


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di