CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ssst! Kedubes Asing di RI Sudah Siaga Masker Jaga-Jaga Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e58e1eb337f93761b5ec68a/ssst-kedubes-asing-di-ri-sudah-siaga-masker-jaga-jaga-corona

Ssst! Kedubes Asing di RI Sudah Siaga Masker Jaga-Jaga Corona

Ssst! Kedubes Asing di RI Sudah Siaga Masker Jaga-Jaga Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dimasukkan daftar sebagai salah satu negara yang dianggap sudah terjangkit virus corona oleh pihak Arab Saudi. Meski pemerintah sampai saat ini belum menyatakan ada kasus positif alias Indonesia masih bebas corona.

Namun, pihak negara asing sudah bersiaga dari kemungkinan terburuk soal risiko mereka selama berada di Indonesia. Salah satunya kedutaan besar yang ada di Jakarta. Kedutaan besar ini salah satu negara yang mengalami wabah corona parah.

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno bercerita soal pengalamannya ihwal antisipasi salah satu kedubes asing di Jakarta yang meminta bantuan penyediaan masker di tengah kebutuhan masker yang meningkat di dalam negeri maupun pasar ekspor.

"Ada kedutaan besar dia minta masker, saya bilang kasih deh 10 boks (1 karton isi 40 boks, 1 boks isi 50 pcs)," kata Benny kepada CNBC Indonesia, Kamis (27/2)

"Mereka minta saya tolong agar dibantu, kita sebagai teman, dikasih lah, mereka sudah siap-siap," tambah Benny.

Benny yang merupakan pengusaha tekstil dan produk tekstil (TPT) ini juga sudah menyiapkan masker untuk keperluan perusahaannya. "Perusahaan saya beli 30 boks," katanya.

Benny mengatakan kemampuan produksi industri masker di Indonesia memang sangat terbatas. Produksi yang sudah ada pun sebagian diekspor ke luar terutama ke negara-negara yang terjangkit seperti China.

Namun, di sisi lain, bahan baku masker seperti kain spunbond sebagian besar harus diimpor dari China dan Korsel yang saat ini sedang dilanda wabah serius corona. Sehingga dampaknya distribusi terganggu.

"Bahan baku, kita masih impor dari China dan Korsel. Demand tinggi, jadi produksi sampai Maret sudah habis, stop produksi di sini," kata Benny.

Benny khawatir bila ekspor masker berlangsung, justru di dalam negeri bisa kehabisan masker saat kondisi buruk bisa saja terjadi. Ia mendorong perlu ada pembatasan ekspor masker dan protokol darurat bagi industri dalam keadaan genting.

"Saya usulkan DMO (Domestic Market Obligation) untuk masker, saya sudah usul ke perindustrian, panggil saja industri pembuat masker. Takutnya kejadian wabah," kata Benny.

Ia mengatakan produsen masker di banyak negara juga sedang kebanjiran pesanan. Sehingga harga melonjak tinggi. "Teman saya di Hong Kong cari masker setengah mati. Di India ada teman ekspor ke Hong Kong tadinya harga 1 dolar jadi 10 dolar jadi 10 kali lipat, per buah," katanya.

Ketua Indonesian Nonwoven Association (INWA) Billy Hidjaja yang juga owner PT Hadtex yang memproduksi masker, mengakui permintaan masker dari negara lain terus meningkat, termasuk dari China. China juga sebagai pemasok 60% bahan baku kain spunbond untuk masker ke Indonesia.

"Negara-negara sekitar pun meminta dalam jumlah besar," kata Billy.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ga-jaga-corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Mereka mikirnya sudah 10 langkah ke depan
Lihat 2 balasan
ane bikin ndiri gan.. pake softex dalemnye..
Lihat 1 balasan
Berarti kedubes asing ngga tau gunanya masker....



"Masker salahmu sendiri kok beli? Enggak usah. Masker itu untuk yang sakit. Tadi Parani bilang dari WHO (Dr. Paranietharan) enggak ada gunanya. (Masker) untuk yang sakit supaya tidak menulari orang lain kalau sakit. Kalau sehat enggak perlu," kata Terawan di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).


https://www.liputan6.com/news/read/4179801/menkes-terawan-soal-harga-masker-melonjak-salahmu-sendiri-kok-beli
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh tukangkredit
Lihat 2 balasan
Quote:


Tobat, hadeh
gegara ni virus ane wajib cek kesehatan diwajibakan oleh alazhar
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan lickmyballs memberi reputasi
Bahan masker aja kita impor




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Takut tetiba cv meroket di +62, kalang kabut pemerintahnya, sementara negara yg biasanya dijadiin tempat minta bantuan juga lagi repot sama cv.
Smg cepet ditemukan obatnya, ane pribadi nggak merasa tenang dengan 'zero case' yg sedikit meragukan ini.
sudah lah takut bener sama kematian, kematian itu pasti
Baca berita ini, ane justru malah curiga klo spertinya ada usaha supaya covid19 masuk ke Indonesia... soalny udah rahasia umum klo virus covid 19 ini tidak natural. Bhkan ada yg bilang klo itu senjata biology.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di