CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Penawaran Kerjasama & Investasi /
Inilah Cara Membersikan AC yang Perlu Anda Ketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e58df72c82084016d27720f/inilah-cara-membersikan-ac-yang-perlu-anda-ketahui

Inilah Cara Membersikan AC yang Perlu Anda Ketahui

Cara Membersikan AC -  Kebersihan pada pendingin ruangan atau AC berpengaruh pada kualitas udara di dalam rumah dan konsumsi listrik rumah tangga. 

Jika AC Anda tidak rutin untuk dibersihkan maka debu, kutu, jamur, dan bakteri menumpuk di bilah-bilah ventilasi, kumparan, dan filternya sehingga dapat bercampur dengan udara sejuk yang dialiran kedalam ruangan.

Kotoran-kotoran tersebut juga dapat membuat beban kerja AC semakin berat sehingga tidak bekerja optimal dan juga bisa meningkatkan daya pakai listrik.     

Cara Memberihkan Ac yang Perlu Kalian Ketahui
Inilah Cara Membersikan AC yang Perlu Anda Ketahui

1. Cabut semua kabel ke sumber listrik

Sebelum memulai pembersihan, kalian wajib mematikan AC dengan mencabut semua aliran listriknya. Hal ini sangat penting mengingat air yang notabene ada di bagian AC merupakan penghantar listrik yang bisa membahayakan Anda jika terkena listrik.

Bila perlu, tutup juga bagian saklar dengan lakban untuk mencegah cipratan air masuk ke lubangnya.

2. Bersihkan AC mulai dari bagian cover

Cara membersihkan AC rumah yang pertama adalah dengan mulai pada bagian penutupnya.  Untuk ini kalian dapat menggunakan alat pembersih biasa seperti kemoceng, lap kering hingga vacuum cleaner untuk membersihkan debu di permukaan luar hingga ke bilah ventilasi.

Lalu Anda bisa menggunakan lap yang sedikit basah (lembab), tujuannya untuk membersihkan sisa debu yang membandel dan masih menempel. Akhiri dengan menggunakan lap kering agar air yang kemudian mengering tidak meninggalkan noda mengotori penutup AC.

3. Lepas dan bersihkan bagian filter

Untuk melepas bagian filter AC, Anda bisa membaca buku petunjuk dan ikuti instruksi yang ada di sana ya. Dan jika kalian sudah bisa melepasnya, berikut adlaah cara membersihkan AC bagian filter

Pertama adalah bersihkan debu dengan menggunakan mesin pengisap, kuas kecil yang tentunya dalam kondisi bersih.

Kedua adalah dengan cuci filter dengan air. Namun kalau memang kondisinya sangat kotor, Anda bisa mencucinya dengan sabun cair pencuci piring, lalu bilas hingga bersih dan keringkan filter. Kalau perlu jemur di luar rumah agar bisa kering maksimal.

Terakhir jangan lupa untuk dilap kembali agar tidak ada air dan debu yang masih menempel.

Bagian filter ini merupakan salah satu bagian penting karena cara kerja AC yang menarik semua udara ruangan, memprosesnya (mendinginkannya), kemudian meniupkannya kembali. Nah, jika filter AC dalam kondisi baik, udara yang ditiupkan kembali juga dalam kondisi yang bersih.

4. Bersihkan bilah evaporator

Masih di unit indoor, saatnya masuk bagian besar. Sebelum melakukan pembersihan pada evaporator, pastikan untuk menutupi area lantai dan dinding di dekat AC. 

Karena dalam tahapan ini nantinya air kotor akan menetes dan sangat mungkin mengotori lantai dan dinding di sekitarnya, jadi pastikan untuk menutupi area tersebut, bahkan kalau perlu sediakan ember untuk menampung kucuran air.

Barulah kemudian bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC. Pada saat ini sudah tak sulit kok untuk mendapatkan cairan khusus ini. Pengaplikasiannya ialah dengan disemprotkan ke bilah AC agar kumparan evaporator menjadi bersih.

Hati-hati ya jika melakukan langkah ini, karena partisipasi satu ini tidak bisa dilepas alias menempel ke unit AC, berbeda dengan bagian filter. Jadi pastikan semprotan kalian bisa tepat sasaran dan tidak merusak komponen lain.

5. Bersihkan bagian unit outdoor

Sekarang, kita beralih ke bagian outdoor. Sekali lagi, pastikan sambungan ke listrik yang sudah dicabut ya. Diawali dengan membersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin dahulu kalian bisa dengan menggunakan kuas. Untuk area yang sempit Anda bisa menggunakan sikat gigi yang berukuran lebih kecil.

Lalu saatnya untuk membersihkan dari dalam. Dan di tahapan ini memerlukan air.
Siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa melepas bagian kipas. Siramlah dari sela-sela kipas ke arah depan dan ke kiri, tapi jangan terlalu ke kanan, karena ada mesin kompresor berbentuk kotak dan dilindungi plat seng.

Yang perlu diperhatikan ialah cara menyiramnya. Usahakan untuk mengayunkan tangan agak kuat, artinya beri tekanan. Biasanya kalau menggunakan jasa tukang bersih AC, mereka akan menggunakan mesin penyemprot khusus.


Itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan jangan lupa untuk mengunjungi jasa service ac jogja jika kalian yan berada di daerah jogja dan mempunyai keluhan terhadap ac kalian


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di