CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tak Yakin RI Bebas Corona, AS Minta Terawan Lebih Serius
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e58aab468cc9526012b8de2/tak-yakin-ri-bebas-corona-as-minta-terawan-lebih-serius

Tak Yakin RI Bebas Corona, AS Minta Terawan Lebih Serius

Tak Yakin RI Bebas Corona, AS Minta Terawan Lebih Serius

Jakarta, CNBC Indonesia- Hingga kini, Indonesia masih menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mengklaim tidak memiliki satupun kasus virus corona atau penyakit COVID-19 terkonfirmasi. Padahal negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura sudah terjangkit virus ini.

Namun, pihak asing masih belum sepenuhnya yakin dengan klaim bebas corona oleh pejabat Indonesia. Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS).


Mengutip laporan Sidney Morning Herald, beberapa diplomat dari kedutaan besar AS dikabarkan menemui sejumlah pemangku kepentingan di Indonesia untuk membahas ancaman dari wabah COVID-19 ini. Bukan cuma AS ternyata, tapi juga diketahui diplomat negara lain satu per satu meminta pemerintah Indonesia lebih serius antisipasi soal corona seperti Australia dan Kanada.


Dalam beberapa pertemuan tertutup dengan pejabat kesehatan Indonesia termasuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Para diplomat asing menyampaikan pesan yang konsisten tentang perlunya Indonesia untuk melakukan lebih banyak untuk mempersiapkan diri dan melindungi diri dari virus corona.

Untuk Amerika, dikabarkan mantan dubes AS untuk RI Joseph Donovan bertemu langsung dengan Menteri Terawan sebelum Donovan mengakhiri masa kerjanya pada 14 Februari lalu.

Juru bicara Kedutaaan Besar AS tak membantah soal kekhawatiran Donovan atas ancaman corona di Indonesia dan pertemuannya dengan Terawan untuk menekankan antisipasi virus berbahaya ini.

"Kami secara rutin bertemu dengan pejabat pemerintah Indonesia mengenai berbagai topik yang berkaitan dengan hubungan bilateral kami selama lebih dari 70 tahun. Kami tidak membahas secara publik rincian percakapan diplomatik kami. Karena itu, wabah coronavirus berkembang dengan cepat, dan seperti rekan-rekan Indonesia kami, kami memantaunya dengan cermat," kata seorang juru bicara Kedutaan Besar AS, dikutip dari The Sydney Morning Herald.

Pesan-pesan lain yang disampaikan oleh para diplomat termasuk peringatan bahwa "Kami percaya sangat penting bagi pemerintah Anda untuk deteksi kasus dan gejalanya lebih aktif".

Sedangkan poin penting lainnya adalah "banyak rumah sakit tidak memiliki APD [alat pelindung diri] yang memadai, tidak cukup tempat tidur isolasi dan transportasi spesimen tidak memadai".

Selain itu, para diplomat dari kedutaan termasuk Australia, AS dan Kanada juga telah bertemu satu sama lain untuk membahas penyebaran virus yang tampaknya tidak menyebar di Indonesia.

Secara terbuka, pemerintah Indonesia bersikeras jika sudah mendeteksi dan hasilnya adalah tidak ada satupun kasus virus corona yang masuk. Padahal penyakit ini telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang di seluruh dunia dan hampir 3000 orang telah meninggal.

Sebagai informasi, Indonesia telah menguji 136 orang yang diduga terjangkit virus, padahal Indonesia merupakan negara yang berpenduduk hampir 270 juta orang.

Sebagai perbandingan, Singapura, negara dengan 5,6 juta orang, sudah melakukan lebih dari 1.200 tes, Malaysia (31 juta penduduk) telah melakukan lebih dari 1000 tes dan Australia (25 juta penduduk) telah melakukan lebih dari 4000 tes. Angka-angka ini termasuk beberapa tes pada beberapa orang.

Menurut data Arcgis pada Jumat (28/2/2020) pukul 11:00 WIB, sejauh ini sudah ada 47 negara di seluruh dunia yang terkonfirmasi memiliki virus tersebut, namun Indonesia bukan salah satunya.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...n-lebih-serius
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
kalau kata beberapa komentar di facebook,, cukup dengam wudhu dan sholat dihindarkn dr virus corona emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
EdwinSyn dan Abc..Z memberi reputasi
emang kacau nih menteri di ingetin malah dianggap penghinaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
tentara allah sdh pasti enggan utk menyerang umatnya. camkan itu
profile-picture
profile-picture
Rasuna dan Abc..Z memberi reputasi
Indonesia pasti sudah ada corona. Ada dua kemungkinan.

1. Alat medis dan petugas tidak memadai untuk deteksi
2. Masalah sosial politik yg tidak stabil sehingga harus disembunyikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bisa jadi ada tapi di tutupi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 3 lainnya memberi reputasi
Gue sendiri yg awalnya masa bodo sama corona di cina, mulai kawatir sekarang sejak negara tetangga pada kena, bahkan sampe ke eropa dan korea utara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 3 lainnya memberi reputasi
Buat para goblokers komen 123


{thread_title}
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Diubah oleh tsimtsum.
Gw dri awal emang sangat menyayangkan si wiwi ngangkat nih dokter magang jdi mentri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
..Minyak.BABI.. dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jhonlenon60
Tak Yakin RI Bebas Corona, AS Minta Terawan Lebih Serius
karena indonesia lebih jorok dari negara lainnya
ya kebalemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loyloisitoloy dan 3 lainnya memberi reputasi
di indonesia sendiri sekitar 100 orang sehari mati akibat pneumonia

jikapun ada penderita covid 19 ini mati, pasti langsung diasumsikan sebagai penderita pneumonia, tanpa adanya proses otopsi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


tapi, orang yg gak mampu kebanyakan kerja tiap hari di terik matahari. Yang mampu buat berobat, gak ada yang ke rs buat periksa karena belum ada gejala pneumonia. Apakah indonesia harus memaksakan buat laporan bahwa kita kena? Laporan nya mau seperti apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kenapa enggak lu yg cek dan infoin ke kita? emoticon-Ngakak
Kan lu yg mau membuktikan emoticon-Ngakak
Pihak asing masih belum sepenuhnya yakin dengan klaim bebas corona oleh pejabat Indonesia. Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS).


Mengutip laporan Sidney Morning Herald, beberapa diplomat dari kedutaan besar AS dikabarkan menemui sejumlah pemangku kepentingan di Indonesia untuk membahas ancaman dari wabah COVID-19 ini. Bukan cuma AS ternyata, tapi juga diketahui diplomat negara lain satu per satu meminta pemerintah Indonesia lebih serius antisipasi soal corona seperti Australia dan Kanada.

Pemerintah India telah menetapkan pengawasan ketat terhadap penumpang pesawat asal 10 negara, di mana Indonesia termasuk di dalamnya, di dalam daftar 10 negara tersebut, hanya Indonesia yang masih berstatus negatif virus corona.[ https://m.detik.com/travel/travel-ne...-9-negara-lain ]

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan larangan masuknya jamaah umroh dari negara yang dinilai berisiko virus corona, Indonesia masuk ke dalam daftar kendati menjadi satu-satunya negara yang masih berstatus negatif virus corona.[ https://www.cnbcindonesia.com/news/2...jangkit-corona ]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Indonesia gak kena krn ada kang haram emoticon-Leh Uga

Indonesia dikasih iklim tropis, sinar matahari sepanjang hari, budaya masyarakat yg masih minim pakai AC.. Makanya penyebaran virus lambat, ini dah ada risetnya.
Itu yg bedain dgn kejadian kasus di negara tetangga.

Salah satu pendapat pakar juga ya krn pola makan warga Indonesia yg sehari2 udah biasa dgn jamu, berbagai herbal yg emang punya manfaat segala anti-

Negara lain masih berharap di bulan maret nanti panas supaya penyebaran virus lebih lambat.

Lagian mau nutupin gimana, kalau emang ada wabah corona, dah ribuan orang di rawat di RS dgn gejala yg sama di berbagai daerah. Dan itu udah pasti heboh di sosmed segala macem.

Untuk deteksi & alat diagnosis? Skill tenaga ahli di lab Indonesia gak beda jauh dgn luar negeri, yg bedain ya ketersediaan reagen aja. Krn mesti import dgn proses tetek bengek yg njlimet.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
kyknya emang kemenkes mesti bikin tim turun ke semua RS untuk ngecek pasien2 yg punya diagnosa gangguan pernapasan ky sesak dan demam tinggi. dengan sedikitnya sampel yg ga dijemput bola bakal susah ngarepin keterbukaan warga atas penyakitnya.

biasanya yg jadi penular pertama jelas warga negara yang ada riwayat perjalanan keluar negeri. selebihnya warga lokal yang kontak langsung...apa mgkn literatur dari kemenkes ga ada buat dokter2 spesialis di rumkit2 sehingga dokter jg jadinya alfa utk ngarahin diagnosa ke covid19 ?
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Di tiap RS dimari udh bisa diagnosa corona?y blom lah fasilitas kesehatan aj blom merata gmn mo detect ente ke dokter/bidan yg murahan ngaku demam pilek ya cm dkasi obat demam gk diperiksa macem2 kekny udh masuk tu virus cm gk ketauan ajeemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan 54m5u4d183 memberi reputasi
ajak aja orang kedubes amrik keliling ke semua RSUP, cek ruang isolasinya. di era sosmed begini nggak akan bisa sembunyikan kasus begini. kalau nggak dokternya, perawatnya pasti sudah tulis atau kirim fotonya ke sosmed atau WAG kalau ada.
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan Abc..Z memberi reputasi
Mungkin karena pengujian kita yg sangat sedikit, jadi mereka menganggap kita hanya klaim bebas virus Corona tanpa dasar.
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ya semoga memang bersih emoticon-Om Telolet Om!

klo sampai outbreak jakarta gawat banget. nutup nutupin supaya mencegah riot chaos bisa jadi sih.
Quote:


Sejak kapan gw bilang mau buktikan.

klw gw mah percaya aja nCov udah masuk di sini, yg gak percaya mah buktiin aja sendiri berapa kasus Pneumonia di RS di sekitar dia tinggal, dan berapa jumlah yg meninggal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di