CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
IHSG Terjerembab 4,32%, BEI: Belum Masuk Protokol Krisis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e589cc2a7276855d2617aad/ihsg-terjerembab-432-bei-belum-masuk-protokol-krisis

IHSG Terjerembab 4,32%, BEI: Belum Masuk Protokol Krisis

IHSG Terjerembab 4,32%, BEI: Belum Masuk Protokol Krisis

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan sebesar 4,32% ke level 5.296,21 pada sesi I perdagangan hari ini, Jumat (28/2/2020). Koreksi dalam tersebut disebabkan oleh meluasnya penyebaran virus covid-19 yang menjadi kecemasan global.

Transakasi saham di bursa pagi ini tercatat sebesar Rp 2,15 triliun dari 1,96 miliar saham yang diperdagangkan dengan frekuensi sebanyak 197,128 kali. 343 saham terpantau melemah, hanya 29 saham yang menguat dan 66 saham bergerak stagnan.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan, sentimen utama penekan penurunan IHSG lebih disebabkan faktor Covid-19. Namun, menurut dia, hal ini bukan berarti investor mengalihkan aset sahamnya ke instrumen safe haven.


"Ya concerns corona virus yang mendunia, ke safe haven tidak juga, buktinya DJI [indeks Dow Jones] turun 4,4 persen," kata Laksono kepada CNBC Indonesia, Jumat (28/2/2020).

Sejak kemarin, kata dia, otoritas bursa sudah melakukan pemantauan pasar (market watch) karena pergerakan IHSG yang terkoreksi lebih dari 2% dalam sehari. Namun, dia menegaskan, untuk koreksi kemarin, belum termasuk protokol krisis.

"Belum masuk protokol krisis, tapi berjaga-jaga," kata dia.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menerangkan hal senada, perkembangan penyebaran virus corona menyebabkan penurunan signifikan bursa saham dunia.

"Dow Jones dalam dua hari kemarin juga mencatatkan rekor penurunan tertinggi dalam dua hari berturut-turut," kata Hasan, Kamis (27/2/2020).

"Bursa dengan otoritas akan mencermati perkembangan dari waktu ke waktu. Kita sudah melengkapi diri dengan protokol yang diprlukan jika terjadi penurunan maket hingga menapai batas yang ditoleransi. penurunan saat ini belum mencapai batas yang dimaksud," jelasnya.

CNBC Indonesia mencatat, jika IHSG sudah mengalami koreksi lebih dari 2% maka bursa akan mulai melakukan antisipasi, dan jika sudah terkoreksi 7,5% pada perdagangan intraday maka bursa akan menghentikan perdagangan pada hari tersebut.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/market...rotokol-krisis
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Bakal dikatain sombong ma Kadrun nih, trus disumpahin kolaps beneran
Investornya panikan. Maunya untung terus sampai lupa prinsip dasar high risk high return.
Duh makin ambles aja, kemarin kemis sudah di bawah level psikologis 5.600, tepatnya ke 5.586 pada pantauan terakhir 10.52 WIB. Hari ini Jumat pada sesi I turun ke level 5.296,21.

Ya lagi² penyebab utama dari koreksi adalah khawatirnya para pelaku pasar keuangan dunia yang masih dibayangi meluasnya virus corona Wuhan yang semakin banyak menyebar di bebagai negara.
Diubah oleh 54m5u4d183
Ekonomi ambyar...
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
ini padahal blom ada kasus covid19 lokal dah kek gini.

gimana nanti ada muncul kasus di Bali (kemungkinan paling besar). bakal sepi pulau bali dan ekonominya lemes.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di