CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / All About Design /
Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Dia Fenomena Ilusi Optik di Sekitar Kita
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5871b1018e0d23940a85d0/bukan-sulap-bukan-sihir-ini-dia-fenomena-ilusi-optik-di-sekitar-kita

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Dia Fenomena Ilusi Optik di Sekitar Kita

Spoiler for ssssspppoooiiilllleeeeerrrr:

Fenomena ilusi optik dapat dengan mudah kita temukan sehari-hari. Tanpa kamu sadari, beberapa kejadian yang menipu mata kamu bahkan gambar yang kamu lihat merupakan bagian dari ilusi optik. Apa sajakah fenomena ilusi di sekitar kita? Ini dia. 

1. Ilusi Optik Oasis (Mirage)

Spoiler for bisa kan pake spoiler:

Sumber: lgcplus.com

Siapa yang pernah berkendara saat siang hari di bawah terik matahari yang panas, lalu saat melihat ke jalanan nan jauh di sana seakan muncul oasis yang berkilauan?  

Mungkin kamu pernah, dan tenang saja, banyak orang juga pernah mengalami kejadian serupa nih. Oasis atau oase adalah genangan air yang terlihat pada saat siang hari yang terik. Biasanya terlihat di jalan raya saat kamu sedang berkendara. 

Fenomena ilusi optik ini terjadi saat cahaya matahari dipantulkan oleh permukaan tanah karena udara panas, sehingga terciptalah ilusi optik seperti permukaan air bahkan perkotaan. Padahal sebenarnya, tidak ada genangan air sama sekali, melainkan hanya fatamorgana semata. 

Fatamorgana menjadi fenomena yang sering terjadi di gurun pasir atau pada saat siang yang hari yang sangat panas. Para pengendara tentu pernah mengalami kejadian ini. Apakah kamu salah satunya?

2. Ilusi Optik 3 Dimensi (3D)

Spoiler for bisa kan pake fitur spoiler:

Jenis ilusi yang satu ini paling menarik untuk kita amati karena berbagai visual yang tersaji di dalamnya membuat kita betah berlama-lama melihatnya. Ilusi 3D menggunakan kekuatan pada penyusunan elemen-elemen di dalam sebuah gambar, sehingga membentuk persepsi 3 dimensi pada objek yang ditampilkan. 

Penggunaan fenomena ilusi optik ini lebih luas di berbagai bidang seperti industri perfilman, desain grafis, animasi, hingga ke dunia game. Lihat saja beberapa pelukis yang membuat karya 3D di tempat umum, yang membuat mata para pejalan kaki yang lewat tidak bisa berpaling.

Aplikasi ilusi ini juga luas digunakan pada industri teknologi khususnya pada bidang teknologi visual. Kamu yang hobi bermain[url=https://kreativcom/game-teknologi/game-canggih/] [/url][url=https://kreativvcom/game-teknologi/game-canggih/][i][font=Lightgrotesk, sans-serif]gam[/font][/i][color=#1998ed][size=2][font=Lightgrotesk, sans-serif][color=#ed6662][i][font=Lightgrotesk, sans-serif]e [/font][/i][font=Lightgrotesk, sans-serif]canggih[/font][/color][/font][/size][/color][/url]  mungkin pernah mencoba menjajal game dengan teknologi Virtual Reality (VR), atau Augmented Reality (AR).

Spoiler for pake spoiler bisa kan:

Sumber: saasmetrics.co

Kedua jenis teknologi tersebut menggunakan prinsip dasar ilusi optik pada proses kerjanya. Hasilnya adalah gambar dan visual game super nyata dan detail yang bikin kamu betah berlama-lama bermain.

3. Color Blind Test (Tes Buta Warna)

Spoiler for dispoilerin donk:


Sumber: wikipedia.org

Dapatkah kamu melihat angka yang tertera pada gambar di atas? Angka berapakah yang kamu lihat?

Jika kamu berhasil menebak angka yang tepat, berarti kamu memiliki penglihatan yang baik nih. Gambar di atas merupakan salah contoh dari tes buta warna (color blindness test) yang paling banyak digunakan. Tes buta warna 38 Piring Ishira merupakan salah metode yang paling banyak digunakan di dunia untuk color blindness test.

Dr. Shinobu Ishira asal Jepang merupakan penemu tes tersebut, dengan metode yang dikembangkan olehnya menggunakan kekuatan komposisi warna pada gambar. Hasilnya adalah tes buta warna yang dikenal dengan nama Ishira 38 Plates color blindness test.


es buta warna adalah uji coba yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada kemampuan persepsi warna pada penglihatan seseorang. Ishihara 38 Plates menggunakan metode dengan memanfaatkan kemampuan mata kita untuk menangkap dan membedakan warna yang ada. 

Mata kita secara alami memiliki sel khusus yang disebut cone cell, dengan fungsi untuk membedakan warna yang diterima oleh mata kata. Sel inilah yang bertanggung jawab pada kemampuan seseorang untuk dapat membedakan warna. 

Jika cell cone mengalami kerusakan, pengaruhnya akan terlihat pada kemampuan mata untuk dapat melihat dan membedakan warna. Itulah yang menyebabkan seseorang dapat mengalami buta warna. Yaitu ketidakmampuan mata untuk menangkap warna sebenarnya dari sebuah objek maupun lingkungan sekitar. 

Itulah mengapa tes buta warna penting banget dalam fungsinya untuk mengetahui kondisi penglihatan seseorang. Beberapa pekerjaan tertentu seperti desainer grafis, wajib melalui tes ini, untuk mengetahui kemampuannya dalam memproses berbagai bentuk visual serta beragam warnanya. 

Ilusi optik menjadi salah satu fenomena menarik di sekitar kita yang sering terjadi. Baik dalam penggunaannya untuk keperluan pembelajaran, keperluan profesional maupun sekadar menjadi media hiburan.



Baca Artikel Seru Lainnya 
Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari
Diubah oleh babanbe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di