CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5832d84601cf540f715aa0/sosial-media-dunia-yang-penuh-resiko

Kalau Gak Mau Dihujat, Gakusah Main Sosmed!!!

Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko

Sosial media merupakan dunia yang sudah tidak asing lagi di zaman teknologi serba canggih seperti masa kini, di sosial media banyak hal yang bisa kita lakukan, mulai dari berpendapat, bersosialisasi dengan orang baru, mengomentari pendapat orang lain, dan masih banyak lagi.
Namun akhir-alhir ini sering sekali kita mendengar kata-kata VIRAL, yang dimana kata-kata tersebut sumber utamanya dari sosial media, konteks viral ini menurut saya banyak penyebabnya, bisa jadi viral karena prestasi ataupun kontroversi.

Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko

Suatu pendapat yang viral karena kontroversi biasanya akan menimbulkan dua sisi, sebagian orang menganggap perbuatan dan pendapat yang dilakukan sudah tepat, bisa jadi sebaliknya. Tapi dibanyak konten viral yang pernah saya liat banyak sekali komentar-komentar pedas yang dilontarkan oleh netizen, banyak hal yang melatar belakangi komentar-komentar tersebut, bisa jadi sebagai bentuk penyempaian ketidaksepahaman netizen atas pendapat dan perbuatan si pembuat konten, atu bisa jadi hanya karena ingin menunjukan rasa bencinya pada si pembuat kontenini.

Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko

Oleh karena fenomena ini banyak public figure (pembuat konten) mengalami depresi atas hujatan-hujatan netizen yang dilontarkan kepadanya, bahkan di korea ada beberapa artis yang melakukan bunuh diri karena fenomena ini.

Sebenarnya ada beberapa hal yang tidak disadari public figure ataupun kita sebagai pengguna sosial media biasa. Semua hal yang kita akan lakukan, baik itu pendapat atau perbuatan memiliki resiko, tidak terkecuali dalam hal berpendapat di sosial media.

1. YANG PERTAMA

Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko

Salah satu resiko berpendapat atau membuat konten di sosial media adalah pasti ada saja orang yang tidak sepaham dengan pendapat dan konten yang kita buat, apalagi untuk pendapat dan konten yang bersifat kontroversial. Seperti yang saya jelaskan diatas, bentuk dari ketidaksepahaman seseorang (dalam konteks ini netizen) biasanya di sampaikan melalui komentar pedas dan hujatan.
Sebenarnya ini hanyalah masalah sudut pandang seseorang melihat suatu hal dan juga cara seseorang berpendapat. Masalah sudut pandang disni sebenarnya masalah yang sering kita dapati didunia nyata, tidak semua yang kita anggap baik, belum tentu baik menurut orang lain, ataupun sebaliknya. Dan untuk masalah cara orang menyampailan pendapat ini tergantung pribadi mereka, menurut saya, ada saja orang-orang yang menyampaikan ketidaksepahaman mereka akan suatu hal dengan kata-kata kasar.

2. YANG KEDUA

Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko

Dalam konteks sosial media semua orang didunia bisa melihat pendapat dan konten yang kita upload dan sampikan, dan karena itu, hal selanjutnya yang harus kita sadari adalah, kita tidak bisa mengontrol orang lain sesuai kesepahaman dan keinginan kita, baik bagaimana kesepahaman mereka akan suatu hal, bagimana cara mereka menyampaikan pendapat, kebencian mereka terhadap suatu hal, dan masih banyak lagi. Mengontrol beberapa orang saja kita tidak bisa, apalagi mengontrol ratusan, jutaan, bahkan miliyaran orang yang melihat konten dan pendapat kita di sosial media.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari dua pendapat saya diatas adalah, ketika kita ingin mengupload konten ataupun menyampaikan pendapat disosial media kita harus siap dan sadar akan resikonya, resiko ketika ada yang tidak sepaham, tidak suka dengan apa yang kita sampaikan dan resiko menerima hujatan dari netizen.
Karena kita tidak bisa mengontrol orang lain untuk berkomentar terhadap konten dan pendapat kita. Jika tidak mau dihujat lebih baik tidak usah bermain sosmed, apalagi jika yang kita sampaikan disosmed merupakan suatu yang kontroversial, jelas resikonya lebih besar.
Sebenarnya untuk hal ini kembali kepada diri kita masing-masing, jika sudah siap dan sadar akan resikonya silahkan dilanjutkan, jika tidak siap alangkah lebih baik hati-hati ataupun menghindari hal-hal yang akan menimbulkan resiko tersebut.

Sosial Media, Dunia Yang Penuh Resiko

Cara menyikapi hujatan yang dilontarkan netizen kepada kita menurut saya ditanggapi secukupnya saja, bahkan diabaikan pun tidak masalah. Karena kalau kita terlihat marah dan mengeluh dengan komentar netizen yang disampaikan pada kita, dapat saya simpulkan kita tidak paham akan resiko yang kita hadapi di sosial media, dan itu akan membuat para netizen yang menghujat kita merasa senang dan makin semangat untuk membuat kita marah, karena merasa dianggap dan ditanggapi.
Depresi yang banyak dialami public figure dikarenakan mereka tidak memahami resiko bersosial media ini, mereka tidak paham bahwa pasti ada saja orang yang tidak menyukai baik pendapat ataupun diri mereka, sehingga mereka merasa seluruh perbuatan yang mereka lakukan selalu salah dan merasa orang-orang diseluruh dunia membencinya, dan oleh karena itu mereka memilih mengakhiri hidup mereka. Jangan sampai kita dan orang-orang disekitar kita menjadi korban selanjutnya


Sumber:
Pemikiran sendiri
Sumber gambar:
https://www.maxmanroe.com/vid/teknol...ia-sosial.html
https://m.facebook.com/Viral.Lucu.Unik.2019/
https://www.google.com/amp/s/amp.kom...akibat-depresi
https://www.pelajaran.co.id/2018/05/...ah-cerita.html
https://www.bbc.com/indonesia/vert_f...ert_fut_people
https://terakurat.com/alasan-tidak-b...mi-orang-lain/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akmal162
Halaman 1 dari 5
sosmed lebih ke tempat untuk cari pengakuan dari orang lain emoticon-Salam Kenal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gunturholigan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Gak salah juga sih kalo emang kayak gitu
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
thesabilfamily2 dan 3108085 memberi reputasi
makanya gan sist... yuk bijak dalam ber media sosial... kalau kata salah satu produk.... dunia dalam genggaman... hati2x menggunakannya dan bijak dala menyikapinya....🙏
profile-picture
profile-picture
irmawidjaya dan akmal162 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dulu lidah lebih tajam dari pedamg sekramg jari juga lebih tajam dari pedang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
gara2 di sosmed hina2 presiden, dia dipenjara

makanya medsos ane cuma ada saudara2 ane dan ga aneh2 makanya timeline
kau cuma buas di sosmed emoticon-Cool
sebenarnya sosial media kan alat, itu tergantung gimana penggunanya, yah jadi balik lagi ke kita masing-masing untuk lebih bijak pake alat itu.
profile-picture
irmawidjaya memberi reputasi
bisa lepas dari sosmed bisa buat hidup lebih bahagia karena tidak membandingkan hidup kita dengan orang lain, sekarang main sosmed cuma fb sama twitter doang bukan tanpa alasan karena bagi ane user 2 sosmed tsb jarang pamer kehidupan mewah mereka beda dengan instagram isi orang tajir semua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang penting harus bijak dan pintar kalo main sosial media
Mmmkm
Sosmed ini bisa dibilang senjata bumerang, bisa jadi menguntungkan diri sendiri, bisa juga menyakiti diri sendiri
profile-picture
akmal162 memberi reputasi
Sampai sekarang punya media sosial tidak pernah ane kasih gambar diri. Takut gan
Quote:


Wah, kok sama gan, kalo ada paling foto rame2
agree bngt..
Sosmed itu bak pisau mata dua, nisa tajam kemana mana...
bener banget gan lupakan sosmed atau jangan jadi terkenal , kalau ente mau terkenal ente harus siap sama hatters
profile-picture
akmal162 memberi reputasi
Sosial media tempatnya pamer. Mulai dari pamer harta,pasangan,bahkan kebodohan juga dipamerkan di sosial media. Dihujat itu udah resiko. Silahkan dijalani,sanggup atau nggak itu tergantung dari kita.

emoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
akmal162 memberi reputasi
sosmed buka DC cuy
.emoticon-Cape d...
profile-picture
darmawandadan memberi reputasi
minimal lu harus beradap di sosmed emoticon-Cool
profile-picture
darmawandadan memberi reputasi
kenapa harus menghujat klo bisa hidup bersosmed damai?
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di