CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mampukah Indonesia Bersaing Dengan Negara Maju Lainnya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e57473da7276815723c3304/mampukah-indonesia-bersaing-dengan-negara-maju-lainnya

Mampukah Indonesia Bersaing Dengan Negara Maju Lainnya?

Spoiler for screenshot google:


Mampukah Indonesia Bersaing Dengan Negara Maju Lainnya?
بسم الله الرحمن الرحيم

Mampukah Indonesia Bersaing Dengan Negara Maju Lainnya?



Ketika Amerika mencoret nama Indonesia dari daftar negara berkembang, bagaimanakah dampaknya untuk perekonomian negara ini? Apakah negara Indonesia mampu bersaing dengan negara maju lainnya untuk membuat sebuah pembaharuan dalam segala sektor dan menjadi lebih maju lagi?

Pertanyaan ini kerap datang di kepalaku, ketika banyaknya berita yang mulai membicarakan tentang bagaimana Indonesia selanjutnya, walau tanpa identitas negara berkembang.

Karena kenaikan pangkat ini, secara tidak langsung pastinya akan berdampak, terutama di sektor perekonomian negara bukan?


Quote:


Menurutku, sebelum membicarakan tentang sebuah kemajuan, sebaiknya Indonesia terlebih dahulu memikirkan caranya memperbaiki skill dari generasi penerus berikutnya. Bagiku ini yang lebih utama dari yang lebih utama. Sebab jika negara ditopang oleh kekuatan dari masyarakat yang generasinya sudah mempunyai kesadaran untuk memajukan negerinya, sudah pasti pembangunan bisa menjadi lebih sukses, namun bila sebaliknya, makan kata maju tidak akan terwujud, bahkan mungkin lebih surut dan hancur.

Jadi sangat PR sekali, terutama untuk para petinggi negara, untuk memperjuangkan apa yang sudah diterimanya sebagai sebuah negara Indonesia yang sudah dikategorikan kedalam negara maju.

Dan pastinya, mau tidak mau, masyarakat harus bisa menerima tantangan ini dan menjadikan negara tempat kita berpijak ini, untuk menjadi lebih baik lagi. Betul apa betul gan-sis?



Quote:


Quote:


Spoiler for screenshot google:



Praduga apa sajakah yang nantinya akan diterima oleh negara Indonesia, yang dicoret dari kategori negara berkembang menjadi negara maju. Berikut ini aku sedikit mengulik dan beropini dari beberapa sumber-sumber berita yang sedang beredar luas. Yaitu:

Yang pertama-tama yang akan diterima Indonesia adalah tidak akan lagi mendapatkan fasilitas ODA ( Official Development Assistance)

Yaitu sebuah fasilitas mengenai alternatif pembiayaan eksternal untuk pembangunan sosial dan ekonomi. Jadi ketika sebuah negara sudah dikatakan maju, maka fasilitas pendanaan dari pihak eksternal sudah tidak lagi didapatkan. Para negara maju akan membangun dengan dananya sendiri atau bahkan berkewajiban untuk menolong negara-negara yang sedang berkembang.

Dalam hal ini sebuah pr besar untuk Indonesia yang sedang mengalami banyak musibah alam. Dan sudah pasti akan sangat begitu mempengaruhi ekonomi negara.

Apalagi membangun kerusakan diberbagai titik wilayah Indonesia, semuanya itu pastinya membutuhkan banyak sekali dana, bukan?

Quote:


Indonesia juga berkemungkinan besar tidak lagi memperoleh fasilitas bunga rendah, dalam berhutang. Hal ini bisa membawa dampak begitu besar, untuk segi perekonomian.

Kemudian datang kecemasan di hati para perdagangan-pedagang yang nantinya akan dikenakan tarif lebih tinggi dari biasanya untuk menjalankan bisnis ekspor dan impor nya.

Yang kedua adalah Indonesia akan kehilangan GSP (Generalized System of Preferences)

Yaitu fasilitas bea masuk impor dan ekspor.

Potongan GSP berpengaruh besar kepada jenis sebuah prodak yang akan diekspor-impor dengan tiga buah kategorik yaitu: A, A* dan A. Sampai saat ini Indonesia masih dikategorik A dengan potongan bea masuk untuk 3.500 produk, seperti: tekstil, garmen dan perkayuan.

Namun jika sudah memasuki negara maju kemungkinan besar para pedagang khawatir akan biaya yang akan dikeluarkannya nanti. Mungkin akan disesuaikan dengan keadaan normal untuk negara maju lainnya.

So, ini pr besar bagi para pengusaha juga para pejabat negara untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Karena beratnya persaingan yang akan dihadapi oleh para pem-bisnis, sudah pasti lebih penuh tekanan untuk mencari solusi mendobrak perekonomian di kancah internasional. Hal ini tidaklah mudah bagi Indonesia, jika skill yang juga berkembang. Maka dari itu tugas yang diemban negara akan lebih sulit lagi.

Apalagi negara-negara yang telah maju itu mempunyai banyak sekali produk yang sangat berpotensi, lebih menarik dan pastinya lebih digemari. Untuk itulah penekanan prodak lebih menggiring perusahaan untuk menghasilkan barang yang lebih baik lagi. Yang berkemungkinan besar masuknya produk negara Indonesia bisa diterima ataupun tidak dapat diterima oleh dunia.

So apakah nantinya negara Indonesia bisa melakukannya?

We will see later!


Quote:


Nah loh!? Pr lagi untuk para pejabat, agar kedepannya bisa lebih bijak lagi untuk memperjuangkan nasib negaranya pada jalur negera maju ini.


Quote:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
finalboss dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh delia.adel
Halaman 1 dari 6
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh delia.adel
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan embunsuci memberi reputasi
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
ane rasa beleum mampu karan di sini masih pada suka mengtapirkan sesuatu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kok pikiran kita samaaan ya? Aku merasa Indonesia bakalan lebih terpuruk lagi deh. Apalagi persaingan bisnis dengan negara maju lainnya. Belum jalan aja udeh punya tujuh masalah..haduh bagaimana ya nantinya. Pasti harga-harga bisa lebih mahal nih..duh gustiiiii
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Mampukah Indonesia Bersaing Dengan Negara Maju Lainnya?
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan delia.adel memberi reputasi
Siap gak siap keknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
gak siap...warga kita gak kompak sih emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
gak siap. buang sampah aja masih ke sungai gimana bisa maju.
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan delia.adel memberi reputasi
Quote:


kalo gw mikirnya gak mau kejauhan. gw balik ke diri gw sendiri dulu. apa yg sudah gw lakukan buat negara dan masyarakat sekitar gw.

keberadaan gw apakah membawa manfaat utk orang sekitar atau gw cuma hidup utk kepentingan diri gw sendiri ?

apa gw sudah tertib buang sampah , disiplin waktu , menepati tiap perjanjian bisnis yg gw buat , bayar pajak , pbb , stnk , tepat waktu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Can354dra dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Quote:


Hum tepat nih
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:
iya juga sih. Bener dah

Quote:


Bagaimana bisa maju wong banyak pecahannya dan gak bisa menjadikan satu idealisme
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Hahha iya nih tepat bgt dah
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:
apalagi si gue dah. Makan aja masih nutur. Mau belaga jadi super. Eh mana bisa ya

Wah iya juga sih. Semuanya berawal dari diri sendiri lalu berjalan deh sesuai yang seharusnya.

Ternyata kau itu punya kesadaran yang terjaga dengan baik ya!
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Maju apanya
Listrik padam rakyat cuma bisa pasrah

BBM, LPG, PLN, PDAM merugi
Bebankan saja pada rakyat

Propaganda kyk gini
Mmgnya mayoritas rakyat
Mau percaya trus terima begitu sj



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan delia.adel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kategorinya apa ya? kok indonesia bisa masuk negara maju. ngelindur nih paman trump. emoticon-Hammer2
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Maka dari itu deh. Makanya yang bakalan susah pastinya rakyat dah..

Entahlah nantinya bagaimana. Intinya gak bakalan baik. Menurut aku
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
tenang, ada saya... 20 tahun lgi saya bakal jadi presiden indonesiaaa!
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan delia.adel memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di