CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Malah Rugi Dicap Jadi Negara Maju, Ini Penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e53618310d295405b2b41b5/ri-malah-rugi-dicap-jadi-negara-maju-ini-penjelasannya

RI Malah Rugi Dicap Jadi Negara Maju, Ini Penjelasannya

RI Malah Rugi Dicap Jadi Negara Maju, Ini Penjelasannya

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) mencoret Indonesia dari daftar negara berkembang. Indonesia kini masuk dalam daftar negara maju. Perubahan itu disampaikan oleh Kantor Perwakilan Perdagangan AS (USTR) melalui pernyataan, Senin (10/2/2020).

Namun, bukan berarti pengakuan ini positif. Sebaliknya, ini bisa menghapus fasilitas yang didapat Indonesia sebagai negara berkembang dalam perdagangan internasional.

Ekonom The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira, bahkan menyebut dampak yang dirasa Indonesia bukan didominasi hal positif.


"Dampaknya lebih banyak negatif. Dampaknya ke Indonesia yang berimplikasi besar dari dihapusnya status negara berkembang adalah dikeluarkannya Indonesia sebagai negara penerima fasilitas GSP (Generalized System of Preferences), yang selama ini banyak dinikmati pelaku usaha lewat fasilitas bea masuk yang rendah untuk ekspor tujuan AS," sebut Bhima kepada CNBC Indonesia , Senin (24/2/2020).

Apalagi, banyak produk Indonesia yang mendapat fasilitas ini. Jika nantinya tidak mendapat maka produk Indonesia yang bisa dirasa dirugikan. Bhima menyebut ada ribuan produk yang berpotensi terkena dampak. "Sebagai catatan ada total 3.572 produk Indonesia yang dapat GSP," ungkapnya.

Ada beberapa negara lain yang juga terkena dampak kebijakan AS ini. Beberapa negara yang dihapus dari daftar di antaranya adalah China, Brasil, India, hingga Afrika Selatan.

Selain fasilitas GSP, dampak lain dihapuskannya negara-negara ini dari daftar adalah, membuat AS lebih mudah dalam melakukan penyelidikan mengenai apakah negara-negara ini melakukan praktik perdagangan yang tidak adil.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-penjelasannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
wah scammer level negara dong nantinya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
anon009 dan Abc..Z memberi reputasi
ga negara ga warga, NEED SUBSIDI emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 10 lainnya memberi reputasi
Kalo udah jadi negara maju brarti ga boleh lagi gaji buruh murah dong..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novembermann dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Lah Negara maju, bisa dilihat pernyataan pribadi dari anggota KPAI seperti itu!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
Lah amerika aja pingin di cap negara berkembang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan rotten7070 memberi reputasi
Positif donk
Artinya kalo Amrik bikin pabrik di marih
Upah buruh jgn terlalu murah
Masa ngasih receh ke negara maju
profile-picture
izzy713 memberi reputasi
Suka suka amerika lah... Amerika kan penguasa dunia


emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 3 lainnya memberi reputasi
semoga perekonomian indonesia makin maju
Sbenarnya sasaran kebijakan nih ya china cm ya indo n india kebagian getahnya.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 6 lainnya memberi reputasi
Sama kayak orang yg marah kalo dicap sbg warga miskin, tapi masih tetep pake LPG 3kg & bensin premium. Maunya dibilang orang kaya biar gengsi, tp apa² masih ngarep subsidi. Oh lucunya Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 14 lainnya memberi reputasi
Knp Indo kena juga dah, masalah sama Cina, negara kita dibawa-bawa
Yg untung terus cuma di RI lo bre
sama kayak, rugi jadi orang kaya.. gk dpt subsidi, raskin, dll
yasudah lu jd orang miskin aja selamanya ya



heran gw, punya otak kok somplak bgt..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
sebanrany g ada masalah , kalau china, india , vietnam termasuk negara maju , toh persaingan indonesia dengan mereka ,
pertanyaannya , bisa bersaing harga g dengan mereka ?
Lihat 1 balasan
RI dicoret kembali dari daftar negara maju...kembali jadi negara berkembang...!!!

gara2 kasus.SUPER SPERM KPAI yang mendunia...!!!
.
.
.
Pejabatnya masih dongok2...^^^
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Masa ekonomi udah merudal malah dicoret dari list negara berkembang? Hate speech? Makar? Terindikasi radikal ini artikel?

Btw trs skrg negara ini jadi negara apaan? Masuk ke list negara blangsak gitu? emoticon-Ngakak

Yg penting ini negara masih negara punya buapakuuu, nanti 2024 ketua kpr maju, dicoret jadi negara berdaulat kali emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 2 lainnya memberi reputasi
berat tanggunganya gan
ketika duluu kita gabung G20 mau g mau suatu saat kita akan dianggap negara maju

dan skrg baru kejadian emoticon-Big Grin
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
Akal-akalan saja emoticon-Leh Uga

Quote:


Afrika Selatan jadi negara maju? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh harakiri1
yang dilakukan amrik kan reklasifikasi berdasarkan selera mereka supaya dapat pajak impor besar. secara faktual kan nggak benar. jadi indonesia masih negara berkembang cuma dapat perlakuan sebagai 'negara maju' saat melakukan ekspor ke amrik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbabyirl dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di